Ini 5 Pantangan Makanan dan Minuman saat Mengalami Batuk Berdahak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Maret 2024

“Selain menggunakan obat batuk berdahak, kamu juga bisa mempercepat penyembuhannya dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman tertentu. Contohnya susu hingga gorengan”.

Ini 5 Pantangan Makanan dan Minuman saat Mengalami Batuk BerdahakIni 5 Pantangan Makanan dan Minuman saat Mengalami Batuk Berdahak

Halodoc, Jakarta – Batuk berdahak adalah batuk yang ditandai dengan adanya lendir yang kental. Kondisi ini biasanya juga disertai dengan flu, karena umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri pada saluran pernapasan. 

Saat mengalami kondisi ini, kamu harus mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat. Ini tidak hanya mendukung proses penyembuhan tubuh secara alami, tetapi juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Namun, ada beberapa pantangan makanan dan minuman yang harus dihindari saat batuk berdahak. Baca ulasan ini!

Pantangan Makanan dan Minuman saat Batuk Berdahak

Inilah makanan dan minuman yang tidak boleh kamu konsumsi saat mengalami batuk berdahak, antara lain: 

1. Susu dan olahan produknya

Meskipun susu adalah minuman yang menyehatkan, tetapi minuman ini termasuk minuman yang harus kamu hindari saat mengalami batuk. 

Susu beserta produk olahannya ini bisa memicu produksi lendir dan dahak berlebihan pada saluran pernapasan. Terlalu banyak lendir di saluran pernapasan bisa membuat napas terasa lebih sesak. 

2. Minuman berkafein, bersoda, dan bersifat asam

Kandungan kafein dan soda pada minuman bisa menyebabkan dehidrasi dan tentu tidak direkomendasikan untuk kamu yang sedang batuk berdahak.

Selain itu, minuman yang bersifat asam juga harus dihindari karena bisa menyebabkan rasa gatal dan iritasi yang akan memperparah batuk.

Saat batuk, kamu justru memerlukan cairan lebih banyak untuk membantu mengencerkan lendir. Maka dari itu, sebisa mungkin tubuh harus tetap terhidrasi dengan sangat baik. 

3. Gorengan

Gorengan adalah makanan favorit semua orang. Namun, saat kamu sedang mengalami batuk berdahak, gorengan harus dihindari karena bisa memperparah gejala batuk.

Makanan ini bisa merangsang tubuh agar memproduksi lebih banyak lendir yang pada akhirnya memicu rasa gatal di tenggorokan. Daripada makanan yang digoreng, kamu bisa mengonsumsi makanan yang dikukus, direbus, atau ditumis. 

Selain menghindari pantangannya, kamu juga bisa mengonsumsi obat batuk berdahak. “Ini Rekomendasi 7 Obat Batuk Berdahak yang Ampuh dan Aman”.

4. Makanan yang manis

Makanan yang mengandung rasa manis berlebihan diketahui menjadi salah satu pemicu peradangan pada sistem pernapasan. Kandungan gula yang tinggi ini juga berkontribusi melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Saat imun tubuh lemah, risiko terjadinya infeksi akan lebih tinggi, terutama pada saluran pernapasan. Oleh karena itu, kamu harus membatasi konsumsi makanan yang manis selama batuk berdahak. 

5. Buah jeruk

Buah jeruk memang mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk imunitas tubuh. Namun, kandungan asam sitrat yang tinggi pada buah ini justru bisa membuat tenggorokan gatal yang akhirnya memicu batuk. 

Selain itu, sifat asam dalam buah jeruk juga meningkatkan produksi dahak berlebihan di saluran pernapasan. 

Itulah beberapa pantangan makanan dan minuman saat mengalami batuk berdahak. Jika batuk tidak kunjung membaik, kamu bisa konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc yang selalu siap sedia 24 jam melayani masalah kesehatan kamu. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Coughing Up Phlegm.
PharmEasy. Diakses pada 2024. Fruits to Avoid During Cough and Cold: A Comprehensive Guide for Improved Recovery. 
Singapore Paincare TCM Wellness. Diakses pada 2024. Foods to Avoid When Coughing. 
Verywell health. Diakses pada 2024. Why You Might Be Coughing Up Phlegm.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan