Ini 5 Penyebab Gigi Busuk yang Perlu Dihindari

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   23 Desember 2022

“Gigi busuk atau gigi berlubang menjadi gangguan yang terjadi akibat tidak menjaga kebersihan dengan baik. Penyebab lainnya, yakni mulut kering dan kebiasaan minum susu menggunakan dot.”

Ini 5 Penyebab Gigi Busuk yang Perlu DihindariIni 5 Penyebab Gigi Busuk yang Perlu Dihindari

Halodoc, Jakarta – Gigi busuk atau gigi berlubang menjadi salah satu masalah kesehatan gigi yang umum terjadi. Salah satu pemicunya yakni kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik.

Pembusukan terjadi akibat penumpukan plak. Ini adalah lapisan lengket dan tidak berwarna yang melapisi permukaan gigi. Di dalamnya mengandung bakteri. Ketika bakteri bercampur dengan gula dalam makanan, akan tercipta asam.

Asam tersebut yang menggerogoti gigi. Jika tidak merawatnya dengan baik, gigi perlahan jadi membusuk dan berlubang parah. Akibatnya, gigi menjadi goyang dan tanggal, sehingga mulut terlihat ompong.

Penyebab Gigi Busuk yang Harus Dihindari

1. Tidak Menjaga Kebersihan Gigi

Menyikat gigi dan flossing benang secara teratur efektif menghilangkan plak di sela gigi. Cara ini dapat menjaga gigi tetap sehat dan kuat. Lakukan langkah ini minimal 2 kali sehari. Jangan lupa juga memeriksakan kesehatan gigi sebanyak 2 kali dalam setahun.

2. Pola Makan yang Buruk

Sering mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula dapat memicu kerusakan gigi. Sebab, kedua kandungan memicu penumpukan bakteri di mulut yang menghasilkan asam. Jika tidak membersihkannya secara rutin, secara perlahan gigi akan rusak dan membusuk.

Selain makanan tinggi karbohidrat dan gula, makanan asam serta minuman bersoda juga memicu gigi busuk. Asam dapat mengikis enamel atau email gigi dan membuatnya semakin menipis, hingga akhirnya busuk.

3. Mulut Kering

Mulut kering atau xerostomia adalah kondisi yang dipicu oleh penurunan produksi air liur dari kelenjar saliva. Padahal, air liur berperan dalam melawan asam dan bakteri yang menempel di gigi. Tugasnya adalah membantu menetralkan asam dari makanan dan minuman yang berpotensi memicu kerusakan gigi.

4. Celah Gigi

Gigi membusuk juga dapat dipicu oleh celah gigi yang dalam. Masalah ini dikenal dengan sebutan groves. Dampaknya, seseorang akan kesulitan menyikat gigi secara merata. Jika plak mengendap di groves, ini dapat menggerogoti permukaan gigi dan membuat gigi perlahan jadi membusuk.

5. Kekurangan Fluoride

Fluoride adalah mineral alami yang bertugas membantu mencegah gigi berlubang pada anak-anak dan orang dewasa. Kandungan di dalamnya berperan dalam meningkatkan kekuatan lapisan enamel gigi. Dengan begitu, gigi menjadi lebih kuat terhadap serangan asam yang menjadi pemicu kerusakan.

Gejala Gigi Busuk yang Perlu Diperhatikan 

Gigi busuk merupakan kerusakan permanen yang terjadi di permukaan gigi. Kondisi ini tidak menimbulkan gejala di awal kemunculannya. Tandanya baru akan muncul ketika gangguan sudah berangsur semakin parah.

Adapun gejala yang perlu diperhatikan, yakni:

  • Sakit gigi.
  • Sensitif terhadap panas atau dingin.
  • Terdapat bintik-bintik coklat, hitam atau putih pada gigi.
  • Bau mulut.
  • Rasa tidak enak di mulut.
  • Pembengkakan di gusi.

Gigi busuk bisa dialami oleh anak-anak maupun oleh orang dewasa. Keduanya mengalami gejala yang sama. Pada anak-anak, tandanya ditambah dengan gusi bengkak, lekas marah dan demam.

Disarankan untuk segera membuat janji pemeriksaan kesehatan jika anak tampak mudah marah dan kerap memegang area pipi. Hal tersebut terjadi akibat rasa tidak nyaman yang muncul di bagian gigi dan mulutnya.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga.

Layanan Home Lab Halodoc
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about rotten teeth.
Healthline. Diakses pada 2022. Rotten Teeth.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan