Ini 5 Pilihan Obat Flu Tulang yang Ampuh dan Mudah Ditemukan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Februari 2024

“Flu tulang dapat menyebabkan kesulitan untuk bergerak dan ketidaknyamanan saat beraktivitas. Kamu dapat menggunakan obat flu tulang yang tersedia di Toko Kesehatan Halodoc seperti Novexib, Ketoprofen, Voltaren Emulgel, Salonpas Cream, atau Bufect Suspensi.”

Ini 5 Pilihan Obat Flu Tulang yang Ampuh dan Mudah DitemukanIni 5 Pilihan Obat Flu Tulang yang Ampuh dan Mudah Ditemukan

Pilihan Obat untuk Meredakan Flu Tulang


Halodoc, Jakarta – Istilah flu tulang sering digunakan untuk menggambarkan rasa sakit atau nyeri parah pada sendi dan tulang. Secara medis, sebenarnya tidak terdapat istilah penyakit flu tulang. Namun, flu tulang ini tidak dapat dianggap sepele karena dapat menjadi gejala adanya penyakit lain seperti influenza, demam berdarah, dan virus lainnya.

Ketika tubuh terinfeksi oleh virus, sistem kekebalan tubuh akan melakukan perlawanan. Perlawanan terhadap virus dan penyakit ini dapat menyebabkan timbulnya nyeri otot (myalgia) ataupun nyeri sendi (arthralgia). Flu tulang dapat menyebabkan kesulitan untuk bergerak dan ketidaknyamanan saat beraktivitas.

Untungnya, kamu dapat dengan mudah menemukan beberapa obat flu tulang di apotek untuk membantu meringankan gejalanya.

Pilihan Obat untuk Meredakan Flu Tulang

Berikut rekomendasi obat flu tulang yang bisa kamu gunakan:

1. Novexib 200 mg 10 Kapsul

Novexib 200 mg 10 Kapsul merupakan salah satu obat flu tulang yang bisa kamu gunakan. Obat ini mengandung Celecoxib yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit dan nyeri akut. Novexib dapat digunakan untuk meringankan gejala flu tulang, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, & ankilosing spondilitis pada orang dewasa.

Obat flu tulang ini termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga penggunaannya memerlukan petunjuk dari dokter. 

Rentang harga: Rp119.500 per strip.

Dapatkan Novexib 200 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Ketoprofen 100 mg 10 Tablet

Ketoprofen 100 mg 10 Tablet adalah termasuk obat golongan antiinflamasi non steroid. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit pada sendi dan tulang ketika mengalami flu tulang. Ketoprofen bekerja dengan cara menghambat enzim yang bernama prostaglandin sehingga nyeri yang dirasakan bisa membaik dan pembengkakan terhambat. 

Perlu diperhatikan bahwa Ketoprofen merupakan obat keras yang membutuhkan resep dari dokter. Obat ini juga dapat menimbulkan efek samping alergi seperti gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, hingga halusinasi.

Rentang harga: Rp9.300 – Rp19.300 per strip.

Dapatkan Ketoprofen 100 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Dalam beberapa kasus flu tulang bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Baca selengkapnya di artikel ini: “Hati-Hati, Flu Tulang Bisa Menyebabkan Komplikasi Ini”.

3. Voltaren Emulgel 10 g

Selain obat minum, kamu dapat menggunakan obat topikal Voltaren Emulgel 10 g untuk membantu meredakan rasa nyeri flu tulang. Voltaren Emulgel mengandung zat aktif diclofenac yang berfungsi mengurangi peradangan akibat trauma tendon, ligamen, otot dan sendi.

Untuk menggunakan obat flu tulang ini, kamu hanya perlu mengoleskan secukupnya pada daerah kulit yang nyeri. Setelah pemberian, jangan lupa untuk mencuci tangan secara bersih, kecuali jika bagian tangan adalah daerah yang sedang mengalami rasa nyeri. Voltaren Emulgel termasuk obat bebas terbatas sehingga kamu dapat membelinya tanpa resep dokter di apotek.

Rentang harga: Rp56.900 – Rp63.500 per tube.

Dapatkan Voltaren Emulgel 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Salonpas Cream 15 g

Obat flu tulang lainnya yang dapat kamu gunakan adalah Salonpas Cream 15 g. Salonpas Cream merupakan krim oles yang berfungsi dalam meredakan rasa nyeri otot dan sendi. 

Untuk menggunakan Salonpas Cream, kamu dapat langsung membersihkan bagian yang terasa nyeri dan menggunakannya ke area tersebut. Kamu dapat mengoleskannya pada bagian yang nyeri sebanyak 3 – 4 kali sehari.

Perlu diingat bahwa obat ini hanya digunakan untuk pemakaian luar. Kamu dapat membeli obat ini dengan mudah tanpa resep dokter karena obat ini termasuk obat bebas.

Rentang harga: Rp15.200 – Rp19.700 per tube.

Dapatkan Salonpas Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Bufect Suspensi 100mg/5ml 60ml

Rekomendasi terakhir obat flu ampuh yaitu Bufect Suspensi 100mg/5ml 60ml. Obat ini berfungsi untuk meredakan demam, sakit kepala, sakit gigi, sakit pada telinga, nyeri haid, dan nyeri ringan lainnya. Bufect memiliki kandungan ibuprofen yang bekerja dengan cara menghambat kerja enzim siklooksigenase (COX) sehingga rasa nyeri berkurang.

Obat ini dapat diminum setelah makan dengan dosis sebagai berikut:

  • Dewasa : 5 ml.
  • Anak-anak 1-2 tahun : (2,5 ml) 3-4 kali sehari.
  • Anak-anak 3-7 tahun : (5 ml) 3-4 kali sehari.
  • Anak-anak 8-12 tahun : (10 ml) 3-4 kali sehari.

Rentang harga: Rp21.900 per botol.

Dapatkan Bufect Suspensi 100mg/5ml 60ml di Toko Kesehatan Halodoc.

Nah, itu dia sejumlah rekomendasi obat yang dapat membantumu untuk meredakan gejala flu tulang. Kamu bisa dengan mudah menemukan obat-obatan tersebut di Toko Kesehatan Halodoc yang praktis dan cepat. 

Perlu diingat bahwa obat flu tulang di atas hanya membantu meringankan gejala dan tidak bersifat menyembuhkan.

Referensi:
Loma Linda University Health. Diakses 2024. Why do muscles, joints ache during the flu?
UCLA Health. Diakses 2024. Why your whole body aches when you’re sick (and what you can do about it)

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan