Ini 5 Pilihan Obat untuk Mengatasi Dermatitis pada Kulit

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Februari 2024

“Gejala dermatitis meliputi kulit kering, gatal, dan ruam memerah. Kamu dapat mengatasi gejala tersebut dengan obat-obatan seperti Dexigen Cream, Homoclomin, Diprosone-Ov Cream, Ceradan Hydra Cream, dan Topcort Cream yang bisa dibeli di Halodoc.”

Ini 5 Pilihan Obat untuk Mengatasi Dermatitis pada KulitIni 5 Pilihan Obat untuk Mengatasi Dermatitis pada Kulit

DAFTAR ISI

Pilihan Obat untuk Mengatasi Dermatitis pada Kulit 


Halodoc, Jakarta – Dermatitis merupakan istilah yang merujuk pada peradangan kulit. Gejala dari dermatitis meliputi kulit kering, gatal, dan ruam memerah. Penyakit kulit ini dapat menyerang bagian kulit manapun pada tubuh.

Dermatitis atopik yang tidak ditangani dengan tepat berisiko menimbulkan berbagai komplikasi pada pengidapnya, baik secara fisik maupun mental. 

Nah, kamu dapat mengatasi gejala yang muncul pada kulit dengan treatment dan penggunaan obat dermatitis.

Yuk simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui obat dermatitis apa saja yang dapat kamu gunakan.

Pilihan Obat untuk Mengatasi Dermatitis pada Kulit

Berikut adalah beberapa obat ampuh yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi dermatitis pada kulit:

1. Dexigen 0.25% Cream 5 g

Obat pertama yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi dermatitis adalah Dexigen 0,25% Cream 5g. Dexigen adalah obat topikal dengan kandungan desoximethasone yang berfungsi mengatasi gejala gatal dan alergi pada kulit akibat dermatitis.

Kamu dapat menggunakan obat dermatitis ini secara tipis pada kulit yang radang sebanyak 2 sampai 3 kali sehari. Sebagai catatan, obat Dexigen hanya dapat kamu pakai sebagai pengobatan luar. Hindari area mata ketika mengoleskan produk.

Karena termasuk golongan obat keras, pembelian lebih dari 1 tube Dexigen di apotek perlu disertai dengan obat dokter.

Rentang harga: Rp24.200 per tube.

Dapatkan Dexigen 0,25% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Homoclomin 10 mg 10 Tablet

Selain obat oles, obat minum seperti Homoclomin 10 mg 10 Tablet juga dapat membantu meredakan dermatitis. Homoclomin merupakan obat dengan komposisi homochlorcyclizine yang bersifat antihistamin. Histamin merupakan senyawa penyebab alergi.

Kamu dapat meminum obat dermatitis ini sebelum dan sesudah makan. Dosis yang dianjurkan bagi orang dewasa adalah sebanyak 1-2 tablet 3 kali sehari.

Karena termasuk golongan obat keras, pembelian lebih dari 2 strip Homoclomin wajib disertai resep dokter. Konsumsi obat ini juga berpotensi menimbulkan beberapa efek samping yang perlu diwaspadai, seperti sakit kepala, mual, lesu, hingga diare.

Rentang harga: Rp46.700 per strip.

Dapatkan Homoclomin 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Diprosone-Ov 0.05% Cream 5 g

Kamu juga bisa menggunakan Diprosone-Ov 0.05% Cream 5 g untuk membantu mengatasi dermatitis pada kulit. Dengan kandungan betamethasone dipropionate, obat ini dapat mencegah dan mengendalikan peradangan pada kulit.

Kamu dapat mengoleskan Diprosone-Ov Cream pada area kulit yang mengalami dermatitis. Pengolesan dapat dilakukan sebanyak 1 sampai 2 kali dalam satu hari.

Obat dermatitis ini merupakan obat keras, sehingga pembelian lebih dari 1 tube di apotek memerlukan resep dokter. Efek samping berupa rasa terbakar, gatal, dan kulit kering juga dapat terjadi ketika memakai obat ini.

Rentang harga: Rp80.300 per tube.

Dapatkan Diprosone-Ov 0.05% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Ceradan Hydra Cream 30 g

Ceradan Hydra Cream 30 g merupakan krim topikal untuk terapi perawatan pada dermatitis atopik. Selain untuk mengatasi dermatitis, krim ini juga bermanfaat sebagai moisturizer yang melembapkan kulit kering.

Kandungan ceramide dan natrium hyaluronate pada krim ini dapat membantu memperkuat skin barrier atau lapisan pelindung kulit. Kamu dapat menggunakan Ceradan Hydra Cream dengan cara mengoleskannya pada semua area kulit secara teratur dan merata.

Ceradan Hydra Cream adalah produk yang bisa kamu beli dengan mudah di apotek tanpa memerlukan resep dokter.

Rentang harga: Rp119.900 – Rp161.500 per tube.

Dapatkan Ceradan Hydra Cream 30 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Topcort Cream 10 g

Alternatif obat dermatitis lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Topcort Cream 10 g.  Sama seperti Deixgen, Topcort Cream memanfaatkan senyawa desoximethasone untuk mengatasi gejala eksim dan radang pada kulit.

Untuk memakai obat ini, kamu dapat mengoleskan krim secukupnya sebanyak 2 kali sehari pada bagian kulit yang sakit. Pastikan bahwa area kulit yang mengalami dermatitis sudah dibersihkan sebelum pengunaan obat.

Pembelian Topcort Cream maksimum tanpa resep dokter adalah sebanyak 1 tube. Kamu harus menggunakan resep dokter apabila ingin membeli obat ini lebih dari batas maksimum. 

Rentang harga: Rp32.900 per tube.

Dapatkan Topcort Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Obat-obat yang disebutkan di atas dapat membantumu mengatasi gejala dermatitis. Untuk mendapatkan obat-obatan tersebut, bisa melalui Toko Kesehatan Halodoc agar lebih cepat dan praktis. Yuk beli lewat Toko Kesehatan Halodoc.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses 2024. Dermatitis.
MedPark Hospital. Diakses 2024. Dermatitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan