• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Tips Ampuh Mengatasi Perut Gatal saat Hamil
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 5 Tips Ampuh Mengatasi Perut Gatal saat Hamil

Ini 5 Tips Ampuh Mengatasi Perut Gatal saat Hamil

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Desember 2022

“Ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut gatal saat hamil. Salah satunya adalah dengan menggunakan pelembap pada seluruh kulit perut yang kering.”

Ini 5 Tips Ampuh Mengatasi Perut Gatal saat HamilIni 5 Tips Ampuh Mengatasi Perut Gatal saat Hamil

Halodoc, Jakarta – Selama kehamilan tubuh ibu memang akan mengalami beberapa perubahan. Salah satunya seperti perut yang semakin membesar seiring pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, ketika perut semakin membesar, ada banyak hal lain yang juga dapat dirasakan. Salah satunya adalah rasa gatal dan kesemutan di perut bumil yang umum dialami selama kehamilan trimester ketiga. 

Sebenarnya kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena normal terjadi. Kendati demikian, perut gatal selama kehamilan tentunya dapat menimbulkan ketidaknyamanan, sehingga berpotensi menghambat aktivitas ibu. Selain itu, perut gatal tersebut tidak dianjurkan untuk digaruk. Lantas, kira-kira apa tips ampuh untuk mengatasi perut gatal saat hamil? 

Tips Ampuh Mengatasi Perut Gatal saat Hamil 

Perut gatal yang terjadi selama kehamilan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari hilangnya kelembapan pada kulit, sehingga kulit terasa kering, hingga perubahan hormon pada ibu hamil. 

Sebab, peningkatan hormon estrogen selama hamil, juga dapat menimbulkan rasa gatal pada kulit. Kendati demikian, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, yaitu: 

1. Menggunakan pelembap dan kompres dingin

Tips pertama yang direkomendasikan untuk mengatasi perut gatal saat hamil adalah menggunakan pelembap. Nah, ketika perut mulai gatal, oleskan pelembap ke seluruh kulit perut yang kering untuk membantu meredakannya. Waktu yang tepat untuk mengoleskan pelembap ini adalah setelah mandi. Selain itu, ibu juga dapat menggunakan kompres dingin untuk meredakan gatal di perut selama kehamilan. 

2. Menggunakan obat tertentu

Ada beberapa produk kortikosteroid topikal yang dijual bebas di apotek seperti hidrokortison yang dapat meredakan rasa gatal. Selain itu, ibu juga mungkin dapat mengonsumsi antihistamin oral untuk meredakan gatal secara sementara. Namun, penting bagi ibu untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter terkait penggunaannya. Khususnya jika sebelumnya ibu tidak dianjurkan atau diresepkan menggunakan produk tersebut. Sebab, hal ini bertujuan untuk memastikan apakah penggunaannya benar-benar aman ke kulit ibu selama kehamilan atau tidak. 

3. Mandi menggunakan oatmeal 

Para ahli kerap menyarankan untuk menggunakan oatmeal koloid, yaitu oatmeal yang biasa digunakan dalam losion maupun untuk mandi untuk mengatasi gatal. Hal ini diyakini dapat membantu meredakan rasa gatal akibat kehamilan. Nah, jika ibu ingin mencobanya, ibu dapat memasukan oatmeal koloid ke dalam air mengalir pada wadah. Kemudian, biarkan oatmeal koloid terendam selama 10 hingga 15 menit, lalu ibu dapat mandi menggunakan air tersebut. 

4. Menggunakan pakaian yang longgar

Tips selanjutnya yang juga dapat ibu lakukan adalah dengan mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman. Sebab, mengenakan pakaian yang terlalu ketat pada perut tak hanya membuat gesekan lebih besar pada kulit yang kering. Hal ini tentunya akan menyebabkan perut terasa semakin gatal. Karena itu, pilihlah pakaian yang longgar dan nyaman, agar gesekan pada kulit yang kering semakin berkurang, sehingga gatal dapat mereda. 

5. Hindari mandi dengan air hangat 

Mandi dengan air hangat memang terbukti dapat membuat seseorang lebih rileks dan meningkatkan suasana hati, terutama saat hamil. Namun, penting bagi ibu untuk membatasi penggunaan air hangat untuk mandi selama kehamilan. Sebab, mandi dengan air hangat terlalu sering, diketahui dapat membuat kulit kehilangan minyak alaminya. Kondisi ini tentunya dapat membuat kulit semakin kering, sehingga terasa semakin gatal. 

Itulah beberapa tips ampuh untuk mengatasi perut gatal selama hamil. Jika beberapa cara tersebut tak kunjung membuat perut gatal membaik, sebaiknya segeralah periksakan kondisi kesehatan ibu. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, ibu bisa membuat janji medis untuk memeriksakan kondisi kulit ibu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Itchy Belly During Pregnancy? Here’s What It Could Be. 
Very Well Family. Diakses pada 2022. Tips for Dealing With an Itchy Belly During Pregnancy.