Mengenal Undertone Kulit dan Cara Simpel untuk Mengetahuinya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 November 2023

“Mengenali jenis undertone kulit dapat membuat penampilan menjadi lebih baik. Misalnya, kamu bisa memilih riasan wajah hingga warna pakaian sehari-hari yang sesuai dengan undertone kulitmu.”

Mengenal Undertone Kulit dan Cara Simpel untuk MengetahuinyaMengenal Undertone Kulit dan Cara Simpel untuk Mengetahuinya

Halodoc, Jakarta – Mengetahui jenis undertone atau rona warna kulit ternyata membantu kamu dalam mengoptimalkan penampilan. Bukan hanya tepat dalam memilih warna alas bedak atau foundation, mengenal undertone kulit juga bisa membuat kamu tepat dalam memilih warna baju yang sesuai.

Agar tidak salah pilih, sebaiknya pastikan kamu tahu cara simpel mengenali undertone kulit. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Apa itu Undertone?

Undertone adalah rona atau warna halus yang ada di bawah permukaan kulit. Warna undertone biasanya berbeda dengan warna kulit. Ada tiga warna dasar dari undertone yang perlu kamu ketahui, yaitu: 

  • Undertone warm. Biasanya, pemilik undertone warm atau hangat memiliki warna kulit sedikit pucat.
  • Undertone cool. Pemilik undertone cool atau dingin, biasanya memiliki bagian bawah kulit sedikit kebiruan atau kemerahan.
  • Undertone neutral. Pemilik undertone neutral akan lebih cocok untuk menggunakan alas bedak yang tidak terlalu kuning atau kemerahan

Mau tahu juga langkah melakukan riasan wajah yang tepat? Baca melalui artikel ini “Inilah Langkah-langkah Makeup yang Tepat”.

Apa Bedanya Skin Tone dan Undertone?

Faktanya skin tone dan undertone adalah dua hal yang berbeda. Skin tone adalah warna kulit yang mengacu dari gelap sampai sangat cerah. Sementara itu, undertone adalah rona kulit yang mengacu pada bayangan yang ada di dalam skin tone. 

Warna kulit mungkin akan berubah-ubah karena faktor lingkungan dan kebiasaan, tetapi undertone tidak akan pernah berubah warna. Agar lebih jelas, ini perbedaan keduanya:

Skin tone (warna kulit)

Skin tone mengacu pada warna utama kulit seseorang. Misalnya, kulit berwarna terang, kuning langsat, atau gelap. Singkatnya, ini adalah warna yang tampak di permukaan kulit.

Undertone (rona kulit)

Undertone merujuk pada warna yang muncul di bawah permukaan kulit dan memengaruhi bagaimana cara warna kulit terlihat. Undertone dapat bersifat hangat seperti kuning, kuning zaitun, atau merah keemasan.

Bukan itu saja, undertone juga bisa bersifat netral atau dingin dengan menyerupai warna biru atau merah muda. Dengan mengetahui undertone, cara ini dapat membantu dalam memilih make up, pakaian, dan perhiasan yang sesuai dengan warna kulit.

Cara Simpel Mengenali Undertone Kulit

Nah, agar kamu dapat mengenali jenis undertone kulit kamu, cari tahu melalui cara simpel berikut ini:

1. Cek warna pembuluh darah

Untuk mengenali rona warna, kamu bisa melakukan pengecekan terhadap warna pembuluh darah yang terlihat pada kulit. Jika pembuluh darah terlihat kehijauan, artinya kamu memiliki rona warna warm atau hangat.

Jika warna pembuluh darah kamu terlihat kebiruan, maka kamu memiliki undertone cool atau dingin. Namun, jika pembuluh darah kamu tidak tampak atau tidak terlihat jelas, artinya kamu memiliki rona warna neutral.

2. Cobalah pakaian berwarna netral

Menggunakan pakaian yang berwarna netral juga bisa membantu kamu mengenali jenis undertone. Warna putih akan lebih cocok digunakan oleh pemilik rona warna cool. Sedangkan rona warna warm akan cocok menggunakan pakaian berwarna krem.

Selain itu, pemilik rona warna warm juga cocok menggunakan pakaian berwarna coklat. Sementara itu, rona warna cool cocok untuk menggunakan pakaian berwarna hitam.

Jika kamu pemilik jenis undertone neutral, maka kamu akan cocok untuk menggunakan pakaian berwarna apa saja.

Cari tahu juga berbagai langkah riasan yang natural melalui artikel ini “Step by Step Makeup yang Tepat untuk Riasan Natural”.

3. Perhatikan kulit saat berada di bawah sinar matahari

Jika kulit kamu mudah mengalami perubahan warna kecoklatan tanpa sensasi terbakar saat berada dibawah sinar matahari, kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki jenis rona warna warm atau neutral.

Namun, jika kulit sulit untuk menjadi kecoklatan, bisa jadi kamu memiliki jenis undertone cool.

4. Coba kenakan pakaian dengan warna tertentu

Tidak ada salahnya mencoba beberapa pakaian dengan warna tertentu. Cobalah pastikan warna mana yang paling cocok untuk memastikan jenis rona warna.

Jika kamu memiliki jenis rona warna cool atau dingin, maka baju berwarna biru akan sangat cocok digunakan. Pemilik undertone warm atau hangat akan sangat cocok jika menggunakan pakaian berwarna kuning.

Sedangkan pemilik rona warna neutral akan cocok untuk menggunakan jenis pakaian dan warna apa saja. 

Sudah tahu perbedaan antara skin tone dan undertone kulit? Baca di artikel ini: “Jangan Keliru, Ini Perbedaan Skin Tone dengan Undertone Kulit“.

5. Cobalah gunakan perhiasan

Menggunakan perhiasan juga bisa membantu kamu mengenali jenis rona warna yang kamu miliki.

Jika kamu menyukai menggunakan perhiasan warna emas, kemungkinan kamu memiliki jenis undertone yang warm atau hangat. 

Sedangkan jika kamu menyukai perhiasan berwarna silver, perak, atau rose gold, kemungkinan kamu memiliki undertone cool atau dingin.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengenali jenis rona warna yang kamu miliki. Jangan lupa untuk selalu merawat kesehatan kulit agar kondisi kesehatan tetap optimal.

Agar riasan wajah optimal, ketahui berbagai fakta kesalahan riasan wajah melalui artikel ini “7 Kesalahan yang sering Dilakukan saat Mengaplikasikan Makeup”.

Kamu juga bisa temukan produk skincare dan kecantikan wajah yang berkualitas dan aman untuk kulit di Toko Kesehatan Halodoc melalui banner di bawah ini.

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. How to Identify Your Skin’s Undertones and What This Means for You.
Skinkraft. Diakses pada 2023. How To Know Your Skin Tone and Skin Undertone?
Self. Diakses pada 2023. Learning About Skin Undertones Can Help You Step Up Your Makeup Game.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan