Inilah Langkah-langkah Makeup yang Tepat

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Juni 2022

“Merias wajah dengan langkah-langkah tepat penting untuk menghasilkan tampilan makeup yang cantik. Langkah-langkah makeup dimulai dengan mencuci wajah, mengaplikasikan dasar makeup, hingga akhirnya merias bagian mata.”

Inilah Langkah-langkah Makeup yang TepatInilah Langkah-langkah Makeup yang Tepat

Halodoc, Jakarta – Mempelajari cara makeup terkadang tidak sesederhana kelihatannya. Menonton tutorial makeup yang rumit di Youtube seringkali bikin tambah bingung. Namun, merias wajah dengan langkah-langkah yang tepat penting agar menghasilkan tampilan makeup yang cantik

Agar tampilan makeup cantik maksimal, diperlukan penunjang makeup yang tepat. Tak kalah penting, kamu harus terampil dalam memilih warna yang tepat agar sesuai dengan kulit wajah kamu. Sebelum sampai ke titik tersebut, kamu perlu mengetahui langkah-langkah makeup yang tepat sebelum mengaplikasikannya pada wajah. 

Ikuti Langkah-langkah Makeup Ini

Menurut banyak ahli, berikut adalah langkah-langkah makeup yang paling tepat:

  1. Cuci Wajah

Pastikan wajah bebas dari polutan dan tidak berminyak. Jangan lupa, wajah adalah kanvas kosong untuk produk makeup yang akan diaplikasikan. Pastikan kulit wajah tidak kering karena mencuci terlalu lama. Jangan lupa bersihkan komedo dan gosok wajah dengan baik untuk memastikan tidak ada lapisan kulit mati yang tersisa.

  1. Lembapkan Kulit Wajah

Langkah penting untuk riasan yang baik adalah pelembap. Hidrasi memungkinkan riasan untuk menempel dengan baik di wajah. Saat mengaplikasikan pelembap, pijat kulit secukupnya agar darah mengalir di wajah.

Pastikan untuk memilih pelembap yang mengandung tabir surya untuk melindungi kulit. Jika kamu memiliki tipe kulit kering, pilih pelembap krim yang ringan. Namun jika kulit kamu rentan terhadap jerawat, pilih pelembap dengan asam salisilat di dalamnya. 

  1. Primer

Primer adalah dasar riasan penting yang sering diabaikan. Padahal tugas utama primer adalah mengisi pori-pori kulit yang terbuka dan menghaluskannya sebagai persiapan untuk foundation atau concealer.

Untuk mengaplikasikan primer, oleskan sedikit ke pipi, zona-T (dahi dan hidung), dan dagu. Campurkan primer ke kulit menggunakan ujung jari atau kuas foundation

  1. Concealer

Tutupi area gelap atau kekurangan lainnya pada wajah menggunakan concealer. Alat makeup yang satu ini bisa menutup noda bekas jerawat serta lingkaran hitam di bawah mata. Tapi ingat, concealer tidak digunakan ke seluruh wajah, melainkan pada bagian-bagian tertentu saja. 

  1. Foundation

Foundation berfungsi meratakan warna kulit dan memberi kilau yang indah. Pastikan kamu mengambilnya dalam jumlah yang tepat untuk melapisi wajah. Oleskan ke seluruh wajah, termasuk leher. Pastikan juga untuk menggunakan warna yang tepat. Kamu juga bisa mencampur dua warna jika produk tidak menyediakan warna yang sesuai dengan kulitmu. 

  1. Bedak

Langkah selanjutnya yaitu bedak. Gunakan kuas makeup atau spons untuk mengaplikasikan bedak pada wajah. Tepuk-tepuk lembut agar bedak menempel pada wajah dan merata alih-alih diusap. Untuk warna bedak yang cocok, sebaiknya pilih yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit.

  1. Alis

Alis akan membingkai wajah dengan sempurna jika kamu pintar memperpadukan untuk wajahmu. Jadi, coba cari bentuk alis yang sesuai dengan bentuk wajah, lalu gambar alis dengan memilih warna pensil alis yang kamu suka. Kamu bisa memilih yang berwarna hitam atau warna coklat sesuai dengan gaya makeup yang kamu pilih.

  1. Riasan Mata

Riasan mata terdiri dari tiga tahapan yakni eyeshadow, eyeliner, dan maskara. Pertama, pulaskan eyeshadow di kelopak mata, kemudian buat garis mata menggunakan eyeliner. Terakhir, buat bulu mata terlihat lentik dengan menggunakan maskara. Kamu bisa menjepit bulu mata terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan maskara.

  1. Blush On

Beri efek pipi merona dengan menggunakan blush on yang diaplikasikan di tulang pipi. Selain memberikan efek “fresh” pada wajah, blush on juga bisa memberikan efek pipi tirus jika diaplikasikan dengan benar.

  1. Lipstik

Mana gaya yang kamu suka, nude atau bold? Pemilihan lipstik akan membuat penampilan kamu sempurna. Kamu bisa memilih jenis warna yang bold atau nude sesuai dengan gaya makeup yang kamu pilih. 

Jika ingin terlihat natural, kamu bisa memilih warna lipstik yang nude. Kalau kamu ingin terlihat lebih ceria dan percaya diri, kamu bisa memilih warna-warna bold. Agar bentuk bibir terlihat sempurna, kamu bisa menggunakan lip balm sebelum mengaplikasikan lipstik. Setelah itu, buat garis bibir dengan lip liner agar lipstik lebih tahan lama dan bibir tetap lembab.

Itulah langkah-langkah makeup yang bisa kamu tiru. Sebelum mengaplikasikan makeup, perhatikan tanggal pada kemasan. Jangan sampai kamu mengaplikasikan produk makeup yang sudah kedaluwarsa.

Perlu dipahami, tidak semua orang cocok menggunakan jenis makeup tertentu. Jika muncul reaksi alergi, sebaiknya hentikan pemakaian dan segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc untuk meminta saran lebih lanjut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Indian Express. Diakses pada 2022. A step-by-step guide to achieving the perfect makeup base
Self. Diakses pada 2022. Here’s a Step-by-Step Guide to How I Apply My Makeup Every Day

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan