• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Daun Tempuyung yang Sayang Dilewatkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 7 Manfaat Daun Tempuyung yang Sayang Dilewatkan

Ini 7 Manfaat Daun Tempuyung yang Sayang Dilewatkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 November 2022

“Daun tempuyung kaya akan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Manfaat tanaman herbal ini mulai dari mengatasi batu ginjal hingga menyembuhkan kulit terbakar.”

Ini 7 Manfaat Daun Tempuyung yang Sayang DilewatkanIni 7 Manfaat Daun Tempuyung yang Sayang Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Daun tempuyung atau yang juga dikenal dengan nama latinnya, Sonchus arvensis L. merupakan tanaman yang sering ditemui di lingkungan yang bercuaca sejuk, atau daerah dengan musim kemarau yang pendek. Sebagai tumbuhan liar, tanaman tersebut sering ditemui tumbuh di pekarangan, pinggir jalan ataupun tembok yang tidak terawat.

Meskipun namanya mungkin jarang terdengar, daun tempuyung termasuk tanaman obat yang berkhasiat untuk membantu mengatasi berbagai macam penyakit. Seluruh bagiannya bisa digunakan sebagai obat, baik dalam bentuk segar maupun yang sudah dikeringkan. Yuk, simak apa saja manfaat daun tempuyung sebagai tanaman obat di sini.

Manfaat Daun Tempuyung

Berkat kandungan nutrisi dan senyawa tanaman yang dimilikinya, daun tempuyung bisa memberikan manfaat kesehatan berikut:

1. Mengatasi batu ginjal

Daun tempuyung mengandung banyak kalium, sehingga bisa membantu memecahkan batu ginjal. Kalium bekerja dengan cara menguraikan kalsium karbonat dan bercampur dengan zat lain yang ditemukan di dalam batu ginjal. Hal itu menyebabkan batu mudah rusak dan bisa larut melalui air seni. 

2. Menurunkan kadar asam urat

Daun tempuyung menurunkan kadar asam urat dengan cara yang sama seperti melarutkan batu ginjal. Tanaman herbal ini mampu melarutkan kristal urat juga. Pengidap asam urat bisa merasakan rasa nyeri pada persendiannya karena kristal urat mengendap di dalam pembuluh darahnya. 

Nah, manfaat daun tempuyung adalah untuk mendorong asam urat keluar melalui urine. Mengonsumsi Sonchus Arvensis secara rutin juga bisa mencegah pembentukan enzim yang bisa meningkatkan kadar asam urat.

3. Mencegah kanker

Daun tempuyung kaya akan antioksidan. Berkat kandungan flavonoidnya, manfaat daun tempuyung dipercaya bisa mencegah kanker atau tumor dengan cara menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

4. Mengatasi penyakit peradangan

Manfaat daun tempuyung lainnya adalah bisa mengatasi peradangan seperti wasir. Cara menggunakan tempuyung untuk mengatasi peradangan dengan mengonsumsi air rebusannya. Sedangkan untuk wasir, cukup tempelkan saja daun tempuyung yang sudah ditumbuk ke dubur.

5. Obat alami untuk hipertensi

Mengonsumsi daun tempuyung secara rutin juga bisa menurunkan tekanan darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan umum yang bisa terjadi karena stres, faktor genetik, konsumsi garam yang berlebihan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Nah, sebuah penelitian yang dilakukan pada 30 orang laki-laki dewasa berumur 18-23 tahun menemukan, bahwa tekanan darah mereka menurun secara signifikan, setelah mengonsumsi suplemen daun tempuyung sebanyak dua kapsul setiap hari selama seminggu. 

Sebelum minum tanaman herbal tersebut, tekanan darah mereka rata-rata sebesar 118,06/77,47 mmHg, lalu menurun menjadi rata-rata sebesar 107,24/72,58 mmHg setelah minum daun tempuyung.

6. Mengatasi gangguan pendengaran sebagian

Gangguan pendengaran bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal, seperti infeksi, trauma atau sebagainya. Nah, masalah kesehatan ini bisa diatasi dengan meneteskan beberapa tetes air rebusan daun tempuyung. Namun, hati-hati, jangan meneteskannya langsung saat air masih panas. Lakukanlah secara perlahan saat air rebusan sudah agak dingin.

7. Menyembuhkan kulit memar atau terbakar

Luka bakar akibat puntung rokok atau tersiram air panas, maupun memar akibat pukulan atau terjatuh bisa diobati dengan daun tempuyung. Caranya cukup tempelkan daun ke bagian kulit yang terbakar. Kamu juga bisa menumbuk daun sampai halus, lalu peras untuk mengambil airnya, kemudian gunakan airnya sebagai kompres untuk membalut bagian kulit yang terluka.

Itulah manfaat daun tempuyung untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Namun ingat, sebelum mencoba menggunakan pengobatan herbal apa pun, pastikan kamu membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter, ya.

Bila sakit, sebaiknya tetap periksakan diri ke dokter. Kamu bisa berobat ke dokter dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Dr Health Benefits. Diakses pada 2022. 7 Unexpected Health Benefits of Sonchus Arvensis.
Wikipedia. Diakses pada 2022. Tempuyung.
Universitas Kristen Maranatha. Diakses pada 2022. Efek Daun Tempuyung (Sonchus arvensis L.) terhadap Penurunan Tekanan Darah Pria Dewasa