Ini 7 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 November 2023

“Jamur kuping memiliki bentuk yang lebar dan pipih dengan warna yang bervariasi. Jamu ini mengandung tinggi antioksidan sehingga mampu meningkatkan kesehatan usus, hingga menurunkan kolesterol.”

Ini 7 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan yang Jarang DiketahuiIni 7 Manfaat Jamur Kuping untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

DAFTAR ISI

1. Kandungan Nutrisi Jamur Kuping

2. Berbagai Manfaat Jamur Kuping


Halodoc, Jakarta – Jamur hitam memiliki nama latin Auricularia polytricha. Tumbuhan yang umum dikenal dengan sebutan ‘jamur kuping’ ini tumbuh subur secara liar dan bisa kamu olah menjadi makanan.

Sebagian besar jamur kuping ditemukan di Tiongkok dan tumbuh subur di area beriklim tropis, salah satunya Indonesia. Jenis jamur ini tumbuh di batang pohon dan bayang kayu di alam liar, tetapi juga bisa dibudidayakan.

Mau tahu apa saja kandungan nutrisi dan manfaat jamur kuping untuk kesehatan tubuh? 

Kandungan Nutrisi Jamur Kuping

Jamur kuping memiliki kandungan rendah kalori dan lemak, tetapi tinggi protein dan serat. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), 1 cangkir porsi jamur hitam kering mengandung:

  • 80 kalori.
  • 0.2 gram lemak.
  • 0 mg kolesterol.
  • 20.4 gram karbohidrat.
  • 19.6 gram serat.
  • 2.6 gram protein.

Jamur kuping juga menawarkan vitamin dan mineral, terutama vitamin B dan zat besi. Satu cangkir jamur jamur kering mengandung:

  • 18% dari daily value (DV) atau kebutuhan harian riboflavin.
  • 11% dari DV untuk vitamin B3.
  • 3% dari DV untuk vitamin B5.
  • 3% dari DV untuk folat.
  • 2% dari DV untuk vitamin B6.
  • 9% dari DV untuk zat besi.
  • 6% dari DV untuk magnesium.
  • 4% dari DV untuk kalium.
  • 4% dari DV untuk fosfor.
  • 3% dari DV untuk kalsium.
  • 3% dari DV untuk seng.

Berbagai Manfaat Jamur Kuping

Jamur kuping terkenal karena potensinya dalam meningkatkan kekebalan tubuh dan sifat antimikrobanya. Beberapa khasiat yang bisa kamu rasakan setelah mengonsumsinya, antara lain:

1. Mengandung tinggi antioksidan

Jamur kuping mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu menghilangkan stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif inilah yang terkait dengan peradangan dan berbagai jenis penyakit.

Hal tersebut terdapat dalam penelitian berjudul Antioxidants in wild mushrooms yang terbit pada Current Medicinal Chemistry. Banyaknya radikal bebas dalam tubuh berpotensi merusak lipid, sel protein, dan DNA.

Rusaknya komponen tersebut berdampak pada penurunan fungsi normal tubuh. Hal inilah yang pada akhirnya memicu munculnya berbagai penyakit berbahaya, seperti sakit jantung dan kanker.

Studi juga menjelaskan, jamur mengandung banyak senyawa antioksidan, seperti senyawa fenolik, tokoferol, asam askorbat, dan karotenoid. Senyawa tersebutlah yang bekerja untuk mengusir radikal bebas dari dalam tubuh.

2. Membantu menurunkan kolesterol 

Polifenol dalam jamur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini lah yang pada gilirannya dapat mencegah potensi penyakit kronis, salah satunya sakit jantung.

Hal tersebut juga terbukti dalam studi berjudul The effect of edible black tree fungus (Auricuaria auricula) on experimental atherosclerosis in rabbits yang terbit pada Chinese Medical Journal.

Melalui penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa penggunaan jamur kuping yang tumbuh di permukaan kayu, efektif menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat secara signifikan.

Ada jenis jamur lain yang juga mengandung antioksidan tinggi. Jenisnya adalah jamur shitake. Ini manfaatnya bagi kesehatan: Kenali 11 Manfaat Jamur Shitake bagi Kesehatan Tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan tubuh

Jamur kuping mengandung prebiotik, terutama dalam bentuk beta glukan. Prebiotik sendiri merupakan sejenis serat sebagai makanan mikrobioma  atau bakteri baik di dalam usus (probiotik)

Kandungan probiotik dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan menjaga pergerakan normal usus. Selain itu, kandungan tersebut juga mampu meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen penyebab penyakit.

4. Meningkatkan kesehatan otak

Dalam membantu mendukung kesehatan otak, jamur kuping bekerja dengan menghambat aktivitas beta sekretase. Ini adalah enzim yang berperan melepaskan protein beta amiloid.

Protein beta amiloid ini beracun bagi otak dan terkait dengan penyakit degeneratif, seperti Alzheimer. Meski khasiatnya menjanjikan, masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat ini.

Ada jenis jamur lain yang juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Ketahui penjelasannya dalam artikel ini: Ini 7 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui.

5. Melindungi organ hati

Jamur hitam dapat melindungi organ hati dari bahaya zat tertentu. Senyawa dalam jamur bekerja mencegah kerusakan hati akibat overdosis asetaminofen. Asetaminofen sendiri merupakan kandungan dalam obat yang berperan untuk meredakan nyeri, sama seperti paracetamol.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Jamur hitam memiliki kandungan zat besi yang mampu meredakan gejala anemia. Zat besi sendiri termasuk ke dalam jenis mineral penting untuk menunjang sistem peredaran darah. 

Tubuh membutuhkan zat besi untuk membuat hemoglobin, yang merupakan salah satu komponen utama sel darah merah. Sel darah ini bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh. 

Dengan mengonsumsi jamur kuping yang kaya akan zat besi, tubuh bisa mendapatkan cukup mineral penting ini. Dengan begitu, sirkulasi darah dalam tubuh akan menjadi lebih lancar.

Mau tahu manfaat jamur shimeji untuk tubuh? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Jamur Shimeji untuk Kesehatan Tubuh dan Cara Mengolahnya

7. Alternatif pengganti daging

Jamur memiliki tekstur yang kenyal, seperti daging dan rasa yang gurih.  Jenis kudapan ini bisa kamu gunakan sebagai topping atau tambahan untuk hidangan mie, sup dan semur, kebab sayuran, dan burger nabati.

Meski jamur kuping tidak mengandung protein sebanyak daging, tetapi serat di dalamnya bisa meningkatkan rasa kenyang. Agar lebih menyehatkan,  tambahkan sumber protein seperti kacang-kacangan dan tahu.

Tak hanya jamur kuping, terdapat beberapa jenis jamur yang juga bermanfaat baik bagi kesehatan. Ketahui di sini selengkapnya: Kenali 11 Jenis Jamur dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh.

Itulah penjelasan terkait dengan manfaat jamur kuping untuk kesehatan. Kamu bisa tanyakan langsung dengan dokter spesialis gizi klinis terkait dengan takaran yang sesuai.

Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Black Fungus, and Does It Have Benefits?
Live Strong. Diakses pada 2023. Black Fungus: What Is It and What Are Its Benefits?
Organic Facts. Diakses pada 2023. 6 Proven Benefits Of Black Fungus.
Current Medicinal Chemistry. Diakses pada 2023. Antioxidants in wild mushrooms.
Chinese Medical Journal. Diakses pada 2023. The effect of edible black tree fungus (Auricuaria auricula) on experimental atherosclerosis in rabbits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan