Ini 7 Penyebab Penyalahgunaan Narkoba dan Cara Ampuh Mencegahnya

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Oktober 2023

“Ada berbagai pemicu penyalahgunaan narkoba, mulai dari tekanan sosial hingga rasa kehilangan yang sangat besar. Karena itu, ketahui cara mencegahnya untuk menghindari efek negatif akibat narkoba.”

Ini 7 Penyebab Penyalahgunaan Narkoba dan Cara Ampuh MencegahnyaIni 7 Penyebab Penyalahgunaan Narkoba dan Cara Ampuh Mencegahnya

Halodoc, Jakarta – Narkoba merupakan istilah untuk menggambarkan narkotika dan obat-obatan lainnya yang penggunaannya dilarang oleh pemerintah. Penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan seseorang mengalami kecanduan hingga mengalami berbagai efek samping yang membahayakan kesehatan.

Ada banyak penyebab dan faktor yang dapat memicu seseorang melakukan penyalahgunaan narkoba. Penting menyadari risiko yang terjadi akibat penyalahgunaan obat-obatan ini dengan melakukan pencegahan yang tepat.

Penyebab Penyalahgunaan Narkoba

Penggunaan narkoba menjadi suatu masalah besar yang bisa mengancam kondisi kesehatan. Narkoba dapat menyebabkan efek negatif pada kesehatan. Mulai dari gangguan kesehatan pada fisik, mental, hingga gangguan hubungan sosial.

Cari tahu lebih jauh mengenai dampak negatif narkoba bagi kesehatan tubuh di artikel ini: “Pengertian Narkoba dan Dampaknya Bagi Kesehatan”.

Untuk itu, sangat penting mengetahui berbagai hal yang dapat membuat seseorang menjadi pecandu narkoba. Lalu, apa saja penyebab penyalahgunaan narkoba? 

1. Perasaan berduka

penyebab penyalahgunaan narkoba bisa dipicu oleh perasaan duka yang mendalam. Untuk sebagian orang perasaan ini tidak bisa ditangani dengan mudah.

Perasaan berduka yang sangat panjang bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan fisik dan mental. Perasaan ini menjadi salah satu penyebab narkoba karena menjadi salah satu cara menemukan rasa kelegaan.

Sebaiknya temui terapis atau konselor agar perasaan berduka yang kamu rasakan bisa dikeluarkan dan diatasi dengan cara yang tepat.

2. Lingkungan keluarga

Penyebab penyalahgunaan narkoba juga bisa disebabkan akibat lingkungan keluarga. Menurut jurnal The Impact of Substance Use Disorders on Families and Children: From Theory to Practice yang dipublikasikan oleh Social Work in Public Health, pandangan orang tua terhadap kondisi anak yang kecanduan narkoba juga merupakan hal penting. 

Sikap dan keyakinan keluarga dapat memengaruhi seseorang ketika ia mencoba untuk berhenti dari penggunaan narkoba. Saat orang tua memiliki pemikiran bahwa penggunaan narkoba merupakan kegagalan moral, maka anak akan lebih mudah untuk keluar dari kebiasaan buruk ini.

Ketika keluarga memiliki pendidikan dan informasi yang baik mengenai kecanduan narkoba, maka keluarga dapat memainkan peran untuk membantu mengatasi masalah ini.

3. Tekanan lingkungan sosial

Pastikan untuk memilih lingkungan pertemanan yang memiliki banyak nilai positif. Sebaiknya hindari lingkungan sosial yang sangat dekat dengan penyalahgunaan narkoba.

Kondisi ini bisa membuat kamu mengikuti kebiasaan lingkungan. Semakin kamu terbiasa dengan penyalahgunaan narkoba di sekitar kamu, maka akan semakin besar risiko kamu menjadi pecandu narkoba.

4. Menjadikan narkoba sebagai pengobatan mandiri

Jika kamu mengalami gangguan atau keluhan kesehatan mental yang berkepanjangan, sebaiknya segera tanyakan dokter untuk memastikan pengobatan yang tepat.

Hindari melakukan diagnosa dan pengobatan sendiri. Kebanyakan orang menggunakan narkoba sebagai pengobatan gangguan mental, karena dianggap sebagai alternatif yang tepat.

Melansir laman National Institute on Drug Abuse dengan judul Why is there comorbidity between substance use disorders and mental illnesses?, seseorang yang mengidap gangguan kesehatan mental berisiko melakukan penyalahgunaan narkoba. 

Seseorang yang mengidap gangguan kesehatan mental dari golongan ringan, sedang, dan berat menggunakan narkoba sebagai salah satu jalan pengobatan mandiri untuk mengatasi gangguan yang dialami.

Namun perlu diketahui, menggunakan obat terlarang sebagai pengobatan mandiri berisiko meningkatkan gejala yang memburuk. Bahkan, memperburuk kesehatan untuk penggunaan jangka panjang.

5. Kurang percaya diri

Apa faktor penyebab penyalahgunaan narkoba pada remaja? Menurut studi dalam jurnal Addiction and Health dengan judul The Role of Self-esteem in Tendency towards Drugs, Theft and Prostitution, kurangnya rasa percaya diri bisa menjadi salah satu penyebab kecanduan narkoba. 

Semakin tinggi rasa percaya diri seseorang, maka semakin risiko penyalahgunaan narkoba pun akan semakin rendah. Biasanya, seseorang yang memiliki percaya diri rendah akan menggunakan narkoba, sehingga mereka akan merasa lebih percaya diri dan merasa diterima dengan baik oleh lingkungan.

6. Kurangnya pendidikan dan informasi mengenai narkoba

Penyalahgunaan narkoba bisa terjadi karena seseorang kurang mendapatkan ilmu pendidikan dan informasi mengenai bahaya narkoba. Untuk itu, jangan ragu untuk menerima dan menyebarkan informasi mengenai dampak dan bahaya narkoba kepada seluruh lapisan masyarakat.

7. Memenuhi rasa penasaran

Banyak pemberitaan mengenai narkoba bisa memicu rasa penasaran seseorang terhadap efek penggunaan obat terlarang ini. Selain itu, banyak juga yang menggunakan narkoba untuk meningkatkan hormon dopamin yang bisa membuat perasaan bahagia.

Namun, pecandu narkoba tidak menyadari berbagai efek negatif yang bisa terjadi. Bahkan, penyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan mereka berurusan dengan pihak berwajib.

Sebaiknya segera atasi penyalahgunaan narkoba dengan melakukan pengobatan dan perawatan yang tepat. Cari tahu terapi yang tepat melalui artikel ini “Catat, Ini 6 Jenis Terapi untuk Mengatasi Kecanduan Narkoba”.

Dampak Narkoba bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Ada berbagai dampak narkoba yang perlu kamu waspadai bagi kesehatan mental dan fisik. Berikut dampaknya:

1. Perburukan gangguan mental

Jika kamu mengidap gangguan kesehatan mental, sebaiknya hindari penyalahgunaan narkoba. Kondisi ini dapat menyebabkan perburukan gangguan mental. Bahkan, penggunaan narkoba bisa menyebabkan kecanduan yang sangat parah.

2. Meningkatkan infeksi menular

Ada berbagai cara penggunaan narkoba, salah satunya dengan menggunakan suntikan. Faktanya, penggunaan suntikan dapat meningkatkan penyakit HIV hingga hepatitis.

3. Memicu gangguan ingatan

Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk membuat ingatan yang baru. Bahkan, pecandu juga akan mengalami penurunan atau kehilangan beberapa ingatan masa lalu.

4. Perubahan kepribadian

Orang yang melakukan penyalahgunaan narkoba dapat mengalami perubahan kepribadian. Adanya gangguan pada otak dapat menyebabkan gangguan dan perubahan dalam tindakan sehari-hari.

5. Gangguan fisik

Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan sejumlah penyakit pada tubuh. Mulai dari gangguan jantung, paru-paru, hingga ginjal. Bahkan, jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa memicu kematian.

Cari tahu juga dampak narkoba melalui artikel ini “Catat, Ini 9 Efek Berbahaya Narkoba yang Perlu Diketahui”.

Cara Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan berbagai efek negatif. Bahkan, hubungan sosial dan keluarga bisa terganggu akibat kebiasaan ini.

Kabar baiknya, ada beberapa upaya yang bisa kamu lakukan agar anak atau orang-orang terdekat terhindar dari penyalahgunaan obat atau zat-zat terlarang. Nah, berikut pencegahannya:

1. Pastikan lingkungan yang positif

Jika kamu ingin terhindar dari kebiasaan buruk ini, sebaiknya pastikan kamu berada dalam lingkungan yang baik dan sehat. Sebaiknya hindari lingkungan yang penuh dengan trauma, tekanan, hingga pengaruh buruk.

Perbanyaklah untuk berada dalam lingkungan yang bisa membentuk diri kamu menjadi lebih baik. Mulai dari keluarga, sekolah, hingga lingkungan keagamaan.

Menurut studi dari Jurnal Dinamika Sosial Budaya dengan judul Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Usia Remaja Untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba, peran orang tua sangat penting guna mencegah anak dari penggunaan narkoba.

Caranya dengan menerapkan pola asuh dan pendidikan secara tepat. Mulai dari pendidikan moral hingga spiritual sehingga anak bisa membentengi diri dari pengaruh lingkungan negatif. Tidak ada salahnya juga memperbanyak kegiatan positif di lingkungan.

2. Cari informasi seputar dampak penyalahgunaan narkoba

Kamu juga bisa mencari informasi seputar dampak penyalahgunaan narkoba. Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan dampak pada keluarga, kerabat, sekolah, hingga lingkungan sosial.

Selain itu, ketahui juga dampak negatif narkoba bagi kesehatan hingga hukum di negara yang berlaku.

3. Meningkatkan kualitas diri

Untuk mencegah penyalahgunaan narkoba, tidak ada salahnya untuk meningkatkan kualitas diri. Carilah cara untuk mengenal diri sendiri lebih dalam dan mengetahui apa yang sebenarnya kamu butuhkan.

Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan narkoba untuk membuat diri sendiri merasa lebih baik.

4. Melakukan berbagai kegiatan menyenangkan

Cobalah untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari hobi atau memulai kegiatan baru yang menyenangkan.Dengan begitu, kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk kegiatan yang berkualitas. Bukan hanya meningkatkan nilai diri, kamu juga bisa menghasilkan sesuatu yang baru.

5. Upaya lainnya

Ada berbagai upaya lain yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Banyak mencari informasi mengenai dampak dan efek negatif dari narkoba.
  • Sadar diri terhadap ancaman hukuman dari penggunaan narkoba.
  • Temui terapis atau konselor ketika kesulitan menemukan jalan keluar dari masalah yang dihadapi.
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan mental secara teratur.
  • Perbanyak olahraga dan mengonsumsi makanan sehat agar kesehatan fisik dan mental tetap terjaga dengan baik.
  • Meningkatkan kesadaran diri terhadap hal-hal yang menyimpang.
  • Menghindari pergaulan yang dapat menyebabkan dampak negatif.
  • Gunakan obat-obatan medis sesuai dengan saran dokter.

Itulah beberapa langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan guna menghindari penyalahgunaan narkoba. Dengan begitu, hidupmu akan jauh lebih sehat dan berkualitas.

Jangan ragu untuk bicara dengan psikolog klinis di Halodoc✔️ dalam mengatasi keresahan mentalmu untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat.

Referensi:
National Institute on Drug Abuse. Diakses pada 2023. Drugs, Brains, and Behavior: The Science of Addiction.
Social Work in Public Health. Diakses pada 2023. The Impact of Substance Use Disorders on Families and Children: From Theory to Practice.
Healthline. Diakses pada 2023. How Drug Misuse Affects Your Brain, Body, and How You Can Find Help.
New Life. Diakses pada 2023. The Top 7 Reasons Why People Start Doing Drugs.
Casa Palmera. Diakses pada 2023. What Causes Drug Addiction?
National Institute on Drug Abuse. Diakses pada 2023. Why is there comorbidity between substance use disorders and mental illnesses? 
Addiction and Health. Diakses pada 2023. The Role of Self-esteem in Tendency towards Drugs, Theft and Prostitution 
Jurnal Dinamika Sosial Budaya. Diakses pada 2023. Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Di Usia Remaja Untuk Mencegah Penyalahgunaan Narkoba.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Drug Addiction.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan