Catat, Ini 7 Jenis Terapi untuk Mengatasi Kecanduan Narkoba

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 September 2023

“Pengobatan untuk mengatasi kecanduan narkoba umumnya adalah terapi. Cara mengatasi narkoba melalui terapi ini misalnya terapi perilaku kognitif, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), obat-obatan, dan lain-lain.”

Catat, Ini 7 Jenis Terapi untuk Mengatasi Kecanduan NarkobaCatat, Ini 7 Jenis Terapi untuk Mengatasi Kecanduan Narkoba

Halodoc, Jakarta – Sembuh dari kecanduan narkoba memang tidaklah mudah. Faktanya, tidak sedikit pecandu yang kembali menggunakan obat terlarang ini, bahkan setelah menjalani beberapa pengobatan. Mungkin karena cara mengatasi narkoba yang mereka pilih belum efektif.

Akan tetapi, dengan tekad yang kuat dan dukungan dari orang-orang terdekat, kondisi tersebut bisa teratasi. Nah, salah satu cara pengobatan untuk mengatasi kecanduan narkoba adalah terapi.

Ada beberapa jenis terapi dan tiap pengidap mungkin akan mendapatkan perawatan berbeda berdasarkan tingkat keparahannya. 

Jenis Terapi sebagai Cara Mengatasi Narkoba

Langkah pertama untuk mengatasi narkoba dan bisa lepas dari ketergantungan obat, yaitu menemui ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Pengidap bisa berdiskusi dengan dokter untuk menentukan perawatan yang paling sesuai.

Ini biasanya akan disesuaikan berdasarkan zat yang digunakan, tingkat perawatan dan kondisi kesehatan mental pasien.

Sebaiknya atasi kecanduan narkoba sesegera mungkin sebelum mengalami overdosis yang bisa membahayakan nyawa.Cari tahu juga mengenai Pengertian Narkoba dan Dampaknya bagi Kesehatan.

Nah, berikut ini jenis terapi untuk mengatasi kecanduan narkoba:

1. Cognitive behavioral therapy (CBT)

Terapi Perilaku Kognitif (CBT) adalah perawatan untuk mengatasi narkoba.

Terapi ini bertujuan untuk mengatasi berbagai jenis kecanduan, seperti kecanduan makanan, kecanduan alkohol, dan kecanduan narkoba. 

CBT tidak hanya dapat membantu mengenali pola perilaku tidak sehat, tetapi juga membantu pecandu belajar mengidentifikasi pemicu. Dengan menerapkan terapi ini, mereka bisa mengembangkan solusi untuk mengatasinya. 

Melansir dari Psychiatric Clinics of North America dengan judul jurnal Cognitive Behavioral Therapy for Substance Use Disorders, melakukan terapi ini bagi pengguna narkoba menunjukkan hasil yang cukup efektif. Agar semakin efektif, terapi ini bisa dikombinasikan dengan jenis terapi lainnya.

Terapi ini terbilang efektif karena membantu pengguna narkoba mengubah pola pikir negatif menjadi suatu hal yang positif. Selain itu, CBT juga mampu mengatasi gangguan kesehatan mental, yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba atau psikotropika lainnya. 

2. Rational emotive behavior therapy (REBT)

Jenis terapi ini bisa membantu pecandu mengenali pikiran negatif dan memberi cara untuk memerangi perasaan negatif tersebut.

Tujuan REBT adalah membantu pecandu menyadari bahwa kekuatan berpikir rasional terletak dalam diri sendiri dan tidak dipengaruhi oleh situasi eksternal atau stressor.

3. Terapi dengan obat-obatan tertentu

Obat memainkan peran penting dalam pemulihan bila mengombinasikannya dengan terapi lainnya.

Obat-obatan tertentu dapat kamu gunakan sebagai cara mengatasi narkoba dengan mengurangi keinginan kecanduan, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi perilaku adiktif.

Misalnya, para ahli baru-baru ini menyetujui bahwa lofexidine dapat membantu mengurangi kecanduan dan gejala penarikan pada pasien yang menerima pengobatan untuk kecanduan opioid. 

4. Terapi individu, kelompok & keluarga

Pengidap dapat mengambil bagian dalam terapi yang dipandu oleh penyedia layanan dalam format 1 lawan 1, dengan kelompok (support group), teman sebaya, atau dengan partisipasi dari keluarga. Terapi ini juga bisa melibatkan siapa saja yang signifikan dalam kehidupan pecandu.

5. Terapi 12 langkah (12-step facilitation)

Terapi ini cukup populer di Amerika Serikat dan dapat kamu gunakan untuk mengobati penyalahgunaan alkohol dan narkoba.

Ini adalah bentuk terapi kelompok yang mencakup pengakuan bahwa kecanduan memiliki beberapa konsekuensi negatif yang berupa sosial, emosional, spiritual, dan fisik.

Jenis terapi ini mulai dengan penerimaan, kemudian beralih ke penyerahan diri, lalu pertemuan kelompok yang konsisten. Program seperti Alcoholics Anonymous merupakan contoh terapi dua belas langkah yang populer dengan mengadakan pertemuan kelompok untuk diskusi dan saling mendukung.

6. Contingency management therapy (CM)

CM dapat kamu gunakan untuk mengobati berbagai macam kecanduan termasuk alkohol, narkotika, dan tembakau.

Terapi ini memperkuat perilaku positif pecandu untuk menciptakan ketenangan agar pecandu dapat mengontrol gejala kecanduannya. Jenis terapi ini telah berhasil untuk mencegah kekambuhan.

7. Penggunaan obat-obatan tertentu

Pengobatan bisa menjadi salah satu rencana perawatan. Penggunaan obat akan membantu dalam memodifikasi kimia otak dalam mengatasi kecanduan.

Penggunaan obat membantu dalam meredakan gejala ketagihan dan kecanduan. Perawatan dalam bentuk obat tersedia untuk kecanduan beberapa kondisi, seperti:

  • Kecanduan opioid. FDA setuju penggunaan obat ini untuk pengobatan kecanduan opioid, yaitu metadon, buprenorfin, dan naltrexone.
  • Penyalahgunaan alkohol. Tiga obat yang disetujui oleh FDA, seperti naltrexone, acamprosate, disulfiram.
  • Kecanduan tembakau. Penggunaan permen karet dapat membantu kecanduan tembakau. Selain itu, dokter dapat meresepkan bupropion atau varenicline.

Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba Lainnya

Selain menjalani terapi, ada juga beberapa cara mengatasi kecanduan narkoba lain yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Pemeriksaan

Seseorang yang mengalami kecanduan narkoba perlu melakukan pemeriksaan untuk mengatasi masalah ini.

Pemeriksaan berfungsi untuk mengetahui sejauh mana kecanduan terjadi. Dengan begitu, pengobatan akan sesuai dengan kondisi kesehatan.

Selain itu, adanya efek samping atau gangguan lain pada kesehatan akibat narkoba juga bisa segera teratasi dengan baik. Dengan begitu, kualitas hidup seseorang dapat meningkat.

2. Detoksifikasi

Pecandu akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana kecanduan terjadi.

Jika kondisi ini menyebabkan depresi atau stres, maka efek tersebut harus bisa teratasi terlebih dahulu, untuk selanjutnya masuk ke proses rehabilitasi.

Program detoksifikasi menjadi langkah pertama sebagai cara mengatasi narkoba. Terapi ini berfungsi untuk membersihkan tubuh dari obat-obatan dan mengatasi gejala penarikan. Dengan begitu, pecandunya lebih siap untuk menjalani perawatan selanjutnya atau terapi.

Detoksifikasi bisa terbilang terapi yang paling berat untuk pecandu narkoba. Hal ini karena pengguna harus berhenti secara total menggunakan obat-obatan tersebut.

Selama proses ini, pecandu juga akan merasakan kondisi yang tidak nyaman. Kondisi tersebut terjadi karena tidak ada asupan penenang pada pengguna. 

Lama proses detoksifikasi ini akan sesuai dengan masing-masing pengguna. Namun, selama proses berlangsung pengguna wajib banyak mengonsumsi air putih dan berbagai makanan bernutrisi.

Menjalani detoksifikasi penting dalam pemulihan, dan beberapa minggu pertama inilah yang bisa menjadi masa paling kritis. Sebab, di masa-masa tersebut risiko terjadinya kambuh paling tinggi. Namun, perlu kamu ketahui, jangan hanya mengandalkan detoksifikasi saja untuk mengatasi kecanduan.

Cara mengatasi kecanduan narkoba ini bisa kamu lakukan di rumah sakit sebelum proses rehabilitasi rawat inap atau rawat jalan. 

3. Stabilisasi

Setelah proses detoksifikasi, maka dokter akan melanjutkan ke tahap selanjutnya sebagai cara mengatasi narkoba, yaitu stabilisasi. Proses ini akan membantu pecandu untuk memulihkan kondisi kesehatan fisik dan mental, dalam jangka panjang dengan bantuan obat-obatan dari dokter.

4. Pengelolaan aktivitas

Terapi ini akan berlangsung setelah pengguna sudah sembuh dan berhasil keluar dari rehabilitasi. Ketika sembuh, maka pecandu akan kembali pada lingkungan dan memulai hidup normal.

Bukan hanya pecandu, terapi ini turut melibatkan peran keluarga dan kerabat dekat untuk memantau aktivitas dan kegiatan dari pecandu. Keluarga wajib memastikan pecandu tidak lagi menggunakan barang-barang terlarang dan memiliki lingkungan baru yang lebih sehat. 

Ada berbagai macam jenis narkoba, salah satunya ganja. Sebaiknya cari tahu efeknya melalui artikel: Ini 6 Efek Berbahaya Ganja pada Kesehatan Tubuh.

5. Atasi dengan Layanan BNN

Keluarga juga bisa meminta bantuan kepada pihak pemerintah, dalam hal ini yaitu Badan Narkotika Nasional. BNN akan memulihkan pecandu secara fisik maupun mental untuk tidak kembali mendapatkan pengaruh negatif dalam menggunakan narkoba jenis apa pun.

Dengan begitu, pecandu dapat hidup kembali secara normal. Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan dengan meminta bantuan kepada BNN:

  • Rehabilitasi medis yang meliputi pemeriksaan fisik hingga mental.
  • Rehabilitasi sosial seperti melakukan seminar hingga konseling individu.
  • Kegiatan kerohanian agar semakin yakin untuk mendekatkan diri pada agama dan sembuh dari candu.
  • Meningkatkan kemampuan untuk membekali diri masuk ke lingkungan yang baru.

Apakah Orang yang Kecanduan Narkoba Bisa Sembuh?

Melansir dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, kecanduan narkoba bisa terbebas asalkan menjalani rehabilitasi dengan tekun dan konsisten. Selain itu, faktor lingkungan juga sangat memengaruhi terhadap kesembuhan dari pecandu narkoba. 

Untuk itu, sangat penting lingkungan yang mendukung dan keinginan dari dalam diri sendiri untuk terbebas dari jeratan lingkaran narkoba.

Ingat, penggunaan narkoba bisa menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh, seperti saraf. Cari tahu beberapa efek narkoba melalui artikel ini: Perlu Tahu, Ini Efek Kokain yang Berbahaya untuk Tubuh.

Referensi:
American Addiction Center. Diakses pada 2023. Substance Abuse Treatment Types & Therapy Programs Near Me.
Drug Abuse. Diakses pada 2023. Therapy for Drug and Alcohol Addiction Treatment.
WebMD. Diakses pada 2023. Treatments For Addiction That Are Proven Successful.
Verywell Health. Diakses pada 2023. How to Overcome Drug Addiction.
Badan Narkotika Nasional Kota Bandung. Diakses pada 2023. 4 Langkah Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba.
FKUI. Diakses pada 2023. Pasien Rehabilitasi Narkoba Bisa Sembuh Total?
Psychiatric Clinics of North America. Diakses pada 2023. Cognitive Behavioral Therapy for Substance Use Disorders.
BNN Republik Indonesia. Diakses pada 2023. 4 Langkah Cara Mengatasi Kecanduan Narkoba.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Substance Use Disorder (SUD).
American Addictive Center. Diakses pada 2023. Cognitive-Behavioral Therapy (CBT) for Addiction and Substance Abuse.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan