• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 8 Tips Mencegah Berat Badan Naik setelah Liburan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 8 Tips Mencegah Berat Badan Naik setelah Liburan

Ini 8 Tips Mencegah Berat Badan Naik setelah Liburan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Juni 2022

“Ada banyak tips mencegah berat badan naik setelah liburan. Salah satunya adalah dengan mengontrol porsi makanan yang dikonsumsi.”

Ini 8 Tips Mencegah Berat Badan Naik setelah LiburanIni 8 Tips Mencegah Berat Badan Naik setelah Liburan

Halodoc, Jakarta – Kenaikan berat badan setelah liburan adalah masalah umum bagi banyak orang dewasa. Namun, ada beberapa tips mencegah berat badan naik yang bisa kamu coba selama liburan.

Mulai dari mengontrol porsi agar tidak kalap, hingga tetap rutin berolahraga. Kedengarannya simpel, tapi bisa jadi hal menantang karena banyak orang lebih suka bersantai-santai saat liburan. Mau tahu lebih lanjut? Yuk simak!

Tips Mencegah Berat Badan Naik setelah Liburan

Kenaikan berat badan setelah liburan sebenarnya bisa dihindari kok. Berikut ini beberapa tipsnya:

1. Kontrol Porsi

Liburan seringkali dipenuhi dengan aneka makanan enak yang jarang dimakan di hari sibuk. Cobalah untuk sebisa mungkin tidak kalap dengan mengontrol porsi makan.

Jika ada banyak pilihan makanan, ambillah sedikit dari masing-masing jenisnya. Nikmatilah hanya beberapa gigitan, terutama makanan yang tinggi kalori.

2. Makan Banyak Protein Tanpa Lemak

Meningkatkan asupan protein dengan daging tanpa lemak, unggas tanpa kulit, susu rendah lemak, makanan laut, dan kacang-kacangan akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Saat makan, pilihlah pilihan protein tanpa lemak tersebut dan lengkapi dengan biji-bijian berserat tinggi, buah-buahan, dan sayuran, yang juga membantu mengisi tubuh dengan kalori yang relatif sedikit.

3. Makan Sup atau Salad Terlebih Dahulu

Sebelum menyantap hidangan utama, tips lain untuk mencegah berat badan naik adalah dengan makan sup atau salad terlebih dahulu. Ini dapat membuat kamu cukup kenyang dan lebih terkontrol saat makan hidangan utama.

4. Jangan Lewatkan Sarapan Sehat

Melewatkan sarapan hanya akan membuat kamu merasa sangat lapar dan berisiko kalap saat makan siang. Jadi, usahakan untuk selalu sarapan dengan menu yang sehat, ya.

5. Taruh Semua yang Ingin Dimakan di Piring

Sulit untuk melacak berapa banyak makanan yang kamu makan saat kamu menggigit tanpa menggunakan piring. Cobalah untuk menaruh semua makanan dan camilan yang ingin dimakan di satu piring.

Ini akan membuat kamu mengetahui seberapa banyak kamu sudah makan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam melakukan kontrol porsi.

6. Nikmati Setiap Gigitan

Meski kedengarannya sepele, menikmati setiap gigitan bisa jadi tips mencegah berat badan naik, lo. Cobalah untuk duduk, rileks, dan nikmati setiap gigitan makanan kamu.

Luangkan waktu dan nikmati rasa, tekstur, dan aroma setiap makanan. Makan perlahan akan membantu kamu menikmati makanan dan memberi otak waktu untuk menerima sinyal bahwa perut sudah kenyang.

7. Jangan Makan yang Tidak Terlalu Disukai

Ini adalah aturan penting. Sebab biasanya saat ada banyak makanan tersaji, kamu akan dengan latah mencoba ini itu, padahal tidak terlalu suka. Alih-alih menghabiskan kalori pada makanan yang tidak kamu sukai, cobalah untuk hanya makan makanan yang kamu inginkan.

8. Aktif Bergerak

Tips penting lainnya untuk mencegah berat badan naik setelah liburan adalah tetap aktif bergerak atau berolahraga. Sempatkan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga rutin setiap harinya, meski sedang liburan.

Jika tidak bisa pergi ke gym, ingatlah bahwa ada sesuatu yang lebih baik daripada tidak sama sekali. Lakukan apa pun yang kamu bisa untuk membakar kalori. Misalnya dengan berjalan kaki saat mengunjungi tempat wisata.

Itulah beberapa tips yang bisa dicoba untuk mencegah berat badan naik setelah liburan. Jika diniatkan, pastinya kamu bisa tetap sehat dan bugar walau makan enak melulu selama liburan, kok.

Kalau kamu mengalami keluhan kesehatan saat liburan, kamu bisa download Halodoc untuk membuat janji medis dan menjalani pemeriksaan.

Referensi:
Nourish by WebMD. Diakses pada 2022. Don’t Gain Weight During the Holidays.
Healthline. Diakses pada 2022. 20 Tips to Avoid Weight Gain During the Holidays.