Ini 9 Cara Efektif Menghilangkan Bruntusan di Pipi

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   03 Oktober 2023

“Ada banyak cara efektif untuk menghilangkan bruntusan di pipi yang mengganggu penampilan. Contohnya seperti kompres es batu, menggunakan jojoba oil, atau bahan-bahan alami lainnya.”

Ini 9 Cara Efektif Menghilangkan Bruntusan di PipiIni 9 Cara Efektif Menghilangkan Bruntusan di Pipi

Halodoc, Jakarta – Bruntusan pada pipi bisa menjadi sumber ketidaknyamanan dan mengurangi rasa percaya diri. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara efektif untuk menghilangkan bruntusan di pipi yang bisa kamu coba.

Mulai dari kompres es batu, mencoba berbagai masker berbahan alami, dan minyak esensial tertentu. Yuk, simak lebih lanjut pembahasannya!

Cara Menghilangkan Bruntusan di Pipi

Kulit bruntusan biasanya ditandai oleh benjolan-benjolan kecil pada kulit yang memberikan tekstur kasar dan tidak rata. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bruntusan di pipi dengan cepat? 

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi alami, sehingga mampu mengurangi dan mencegah munculnya bruntusan di pipi. Selain itu, lidah buaya mengandung molekul gula, asam amino, dan seng yang bisa membantu melembapkan kulit.

Menurut sebuah studi di Frontiers Medicine (2021) dengan judul Efficacy of a New Non-drug Acne Therapy: Aloe Vera Gel Combined With Ultrasound and Soft Mask for the Treatment of Mild to Severe Facial Acne,  penggunaan gel lidah buaya yang dikombinasikan perawatan ultrasound dan pengaplikasian masker lembut, mampu mengurangi kulit kering, benjolan, dan lesi pada wajah.

2. Kompres Es Batu

cara menghilangkan bruntusan di pipi

Apakah bruntusan di pipi bisa hilang dengan sendirinya? Kamu perlu melakukan perawatan yang tepat. Salah satunya menggunakan kompres dingin dengan es batu.

Es batu bisa menjadi cara efektif dalam mengatasi bruntusan di pipi. Efek dingin dari es batu dapat membantu meredakan peradangan sementara pada kulit. 

Cara penggunaannya pun mudah, cukup bungkus es batu dengan kain dan tempelkan pada area bruntusan selama satu menit. Lakukan ini 1-2 kali sehari setelah membersihkan wajah.

Kamu juga bisa cari tahu cara lain mengatasi bruntusan di pipi melalui artikel ini Ini 9 Cara Atasi Bruntusan di Wajah yang Bisa Dilakukan di Rumah.

3. Jojoba oil

Minyak jojoba menjadi salah satu minyak alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bruntusan di pipi. Hal ini terdapat dalam Complementary Medicine Research dengan judul Clay Jojoba Oil Facial Mask for Lesioned Skin and Mild Acne – Results of a Prospective, Observational Pilot Study.

Penelitian tersebut melibatkan 133 orang yang direkomendasikan untuk menggunakan masker clay dengan kandungan jojoba oil. Selama beberapa minggu menggunakan masker jojoba oil tersebut, 54 persen orang mengalami kondisi jerawat yang membaik.

Hal ini berkat kandungan senyawa yang mampu mengurangi peradangan pada kulit. Sehingga meredakan kemerahan pada bruntusan di pipi, jerawat, maupun komedo putih.

4. Tea Tree Oil

cara menghilangkan bruntusan di pipi

Minyak pohon teh atau tea tree oil terkenal sebagai pengobatan alami untuk masalah kulit, termasuk bruntusan. Minyak ini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mengurangi peradangan dan merawat kulit berjerawat. 

Namun, pastikan kamu tidak alergi terhadap minyak esensial ini sebelum menggunakannya. Lakukan tes alergi dengan mengoleskan sedikit minyak ini di area belakang telinga.

5. Masker madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi, sehingga bisa jadi cara menghilangkan bruntusan di pipi. Kamu bisa membuat masker madu dengan mencampurkan madu dengan kayu manis. Oleskan campuran ini pada kulit wajah, diamkan selama 8-10 menit, lalu bilas hingga bersih.

6. Teh hijau

Minum teh hijau tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga kulit kamu. Kandungan flavonoid dan tanin dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. 

Kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak teh hijau. Ini bisa bantu hilangkan bruntusan di pipi yang mengganggu penampilan.

7. Adapalene

cara menghilangkan bruntusan di pipi

Adapalene adalah retinoid yang membantu membersihkan pori-pori kulit dan mencegah bruntusan. Gunakan gel adapalene dengan konsentrasi 0,1%, sebagai cara menghilangkan bruntusan di pipi. Namun, pastikan tidak menggunakannya pada kulit yang sedang luka atau iritasi.

8. Masker Oatmeal Koloid

Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang baik untuk kulit. kamu bisa membuat masker oatmeal koloid dengan menggiling oatmeal menjadi bubuk, lalu campurkan dengan air hangat. Oleskan masker ini pada area bruntusan dan biarkan beberapa menit sebelum kamu bilas.

Untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak, kamu juga bisa mencampur oatmeal dan madu untuk digunakan sebagai masker.

9. Minyak Esensial

Minyak esensial seperti kayu manis, mawar, lavender, dan cengkeh memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi. Penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung minyak esensial ini bisa membantu mengatasi bruntusan.

Berapa lama bruntusan di pipi akan hilang? Menghilangkan bruntusan di pipi memang memerlukan waktu dan kesabaran. Namun, dengan konsistensi dan perawatan yang tepat, kamu dapat mengembalikan kecerahan dan kehalusan kulit wajah kamu dengan lebih cepat.

Cari tahu cara alami lainnya dalam mengatasi bruntusan di pipi melalui artikel “Ini 11 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Bahan Alami”.

Apa Penyebab Bruntusan di Pipi?

Ada berbagai penyebab bruntusan di pipi yang perlu kamu waspadai, seperti:

  • Produksi minyak berlebih. Kondisi ini dapat memicu penumpukan sel kulit mati dan kotoran, yang menyebabkan munculnya bruntusan di pipi hingga wajah.
  • Kurang menjaga kebersihan wajah. Pastikan kamu menjaga kebersihan wajah untuk mencegah debu dan kotoran menumpuk pada pipi.
  • Infeksi bakteri. Adanya infeksi bakteri juga dapat memicu munculnya bruntusan di pipi. Untuk itu, sebaiknya lakukan perawatan dan pembersihan wajah secara rutin.
  • Penumpukan komedo. Bruntusan di pipi bisa terjadi akibat penumpukan kotoran pada pori-pori wajah yang menjadi komedo. 
  • Keratosis pilaris. Kondisi ini merupakan penumpukan keratin pada folikel rambut yang memicu munculnya bruntusan di pipi hingga wajah.

Kamu juga bisa cari tahu rekomendasi produk untuk mengatasi bruntusan di pipi melalui artikel ini “Ini 5 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bruntusan pada Wajah”.

Jika kamu atau keluargamu masih merasa kesulitan, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit di Halodoc untuk saran yang lebih spesifik. Terutama jika masalah bruntusan ini tak kunjung membaik.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. A Dermatologist’s Advice on How to Get Rid of a Pimple — Stat!.
Dermnet NZ. Diakses pada 2023. Comedonal acne. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Nonprescription Acne Treatment: Which Products Work Best?
Frontiers Medicine dengan judul Efficacy of a New Non-drug Acne Therapy: Aloe Vera Gel Combined With Ultrasound and Soft Mask for the Treatment of Mild to Severe Facial Acne.
Complementary Medicine Research. Diakses pada 2023. Clay Jojoba Oil Facial Mask for Lesioned Skin and Mild Acne – Results of a Prospective, Observational Pilot Study.
Healthline. Diakses pada 2023. What’s Causing the Tiny Bumps on My Forehead and How Do I Get Rid of Them?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan