Ini 5 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bruntusan pada Wajah

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Maret 2024

“Pemilik kulit bruntusan perlu berhati-hati dalam memilih skincare. Pilihlah produk untuk kulit sensitif Cetaphil Cleanser, Hada Labo Tamagohada Lotion, hingga Whitelab Acne Cream yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bruntusan pada WajahIni 5 Rekomendasi Skincare untuk Menghilangkan Bruntusan pada Wajah

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Kulit wajah yang bruntusan biasanya ditandai dengan warna kulit memerah, muncul bintik-bintik, dan terasa kasar saat diraba. Jika sering mengalaminya, ada skincare untuk wajah bruntusan yang bisa kamu coba.

Pasalnya, kondisi kulit tersebut membuat kamu sangat sensitif terhadap banyak kandungan yang umum dalam produk kecantikan. Sebaiknya pilihlah produk perawatan kulit untuk kulit sensitif, dengan kandungan yang bisa menenangkan kulit bruntusan.

Rekomendasi Skincare untuk Kulit Bruntusan

Berikut rekomendasi produk  perawatan kulit atau skincare untuk wajah bruntusan yang bisa kamu coba:

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser 125 ml

Cetaphil Gentle Skin Cleanser merupakan pembersih wajah yang tepat bagi pemilik kulit kering, normal, kombinasi, hingga berjerawat. Pembersih wajah ini dapat membantu kamu membersihkan kotoran dari pori-pori wajah sehingga mencegah timbulnya bruntusan atau jerawat.

Cetaphil Gentle Skin Cleanser sangat tepat menjadi skincare untuk wajah bruntusan. Berbagai kandungan terdapat dalam face wash ini, seperti propylene glycol yang berfungsi menjaga kelembapan kulit.

Rentang harga: Rp81.900-Rp140.700 per botol.

Dapatkan Cetaphil Gentle Skin Cleanser 125 ml di Toko Kesehatan Halodoc. GRATIS ongkir dan 100% produknya asli!

Gratis ongkir (s.d.) Rp. 22rb, dengan minimum transaksi Rp. 80rb, berlaku untuk semua produk di Toko Kesehatan Halodoc. Periodenya berlaku: 25 Feb – 9 Apr 2024. 

2. Hada Labo Tamagohada Lotion Mild Peeling 100 ml

Hada Labo Tamagohada Lotion Mild Peeling adalah exfoliating toner yang mampu mengurangi bruntusan pada wajah. Kandungan Gluconolactone (PHA) dan Tranexamic Acid (TXA) di dalamnya, yang mampu mengangkat sel kulit mati dan melembutkan kulit.

Rentang harga: Rp48.000-Rp64.000 per botol.

Dapatkan Hada Labo Tamagohada Lotion Mild Peeling 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Obatnya dikirim dari apotek tepercaya.

3. Whitelab Acne Cream 10 g

Skincare berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk wajah bruntusan adalah Whitelab Acne Cream 10 g.

Krim wajah ini berfungsi membantu mengatasi jerawat pada kulit dan mengurangi produksi minyak berlebih. Selain itu, skincare ini juga dapat membantu merawat kehalusan dan kelembutan kulit dengan kandungan calamine, sulfur, dan tea tree.

Kamu dapat mengoleskan produk ini langsung ke wajah secara merata.

Rentang harga: Rp68.200 per tube.

Dapatkan Whitelab Acne Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan kamu akan sampai dalam satu jam!

4. Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum 20 ml

Produk lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi bruntusan adalah Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum.

Skincare Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum merupakan produk yang memiliki kandungan bakuchiol, sunflower seed oil, minyak tanamu, dan ekstrak apel. Dengan komposisi tersebut, serum ini secara efektif berfungsi merawat jerawat, menstimulasi kolagen, dan memperbaiki tekstur kulit. 

Kamu dapat menggunakan produk ini setiap malam dan siang hari. Cukup tuangkan 5 – 10 tetes serum ke telapak tangan dan barukan perlahan pada area wajah serta leher. Setelah penggunaan, tunggu selama 1 – 3 menit hingga serum terserap sepenuhnya.

Rentang harga: Rp75.000 – Rp103.300 per botol. 

Dapatkan Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum 20 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Praktis, tak perlu keluar rumah, dan obatnya dikirim dari apotek tepercaya.

5. Erha Acneact ACSBP Acne Cleanser Scrub Beta Plus 60 g

Produk ini merupakan skincare untuk wajah bruntusan. Kandungan duo asam salisilat dan sulfur mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Pembersih wajah ini juga memiliki scrub yang lembut sehingga mampu membersihkan wajah hingga ke pori-pori. Dengan begitu, bruntusan pada wajah dapat membaik.

Rentang harga: Rp96.000-Rp114.100 per tube.

Dapatkan Erha Acneact ACSBP Acne Cleanser Scrub Beta Plus 60 g di Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli!

Kandungan Skincare yang Aman untuk Atasi Bruntusan

Penting bagi kamu untuk memilih skincare dengan kandungan yang ramah untuk kondisi kulitmu tersebut, apalagi bila sedang mengalami bruntusan. Nah, berikut beberapa kandungan skincare yang aman untuk kulit bruntusan.

1. Asam azelaic

Senyawa yang bisa ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan jelai ini sudah dikenal sebagai bahan penyelamat bagi jenis kulit yang sering mengalami peradangan dan sensitif.

Asam azelaic memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi, sehingga bermanfaat untuk menenangkan peradangan dan kulit memerah, seperti bruntusan. Selain itu, kandungan skincare ini juga bertindak sebagai pengelupas ringan untuk membuka sumbatan dan menghaluskan pori-pori.

Hal itu sangat membantu dalam mengatasi benjolan, jerawat dan pori-pori yang membesar.

2. Niacinamide

Niacinamide adalah bentuk topikal dari vitamin B3. Vitamin yang larut dalam air ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membuatnya menjadi kandungan skincare yang baik untuk kulit bruntusan.

Kandungan tersebut bisa memperbaiki tekstur kulit dan juga membantu memperkuat fungsi penghalang dan pelindung kulit.

Niacinamide bekerja dengan cara meningkatkan lipid alami yang ditemukan di permukaan kulit, sekaligus mengurangi kehilangan air.

3. Lidah buaya

Skincare yang mengandung lidah buaya juga bisa memberikan efek menenangkan dan menyejukkan sementara bagi kulit bruntusan. Manfaat tersebut berkat sifat antiinflamasi yang dimilikinya.

4. Antioksidan

Kandungan skincare lainnya yang juga sangat membantu untuk masalah kulit ini adalah antioksidan. Tidak hanya bisa melawan kerusakan akibat radikal bebas, kandungan ini juga bisa membantu mengatasi berbagai gejala.

Untuk kulit bruntusan, vitamin C yang kaya antioksidan bisa membantu memperkuat kapiler (yang berarti mengurangi kemerahan), dan juga memperbaiki flushing yang terkait dengan kondisi tersebut.

5. Centella asiatica

Disebut juga sebagai pegagan, Centella asiatica adalah tanaman berdaun yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Ini juga merupakan sumber bahan aktif yang kaya termasuk saponin, flavonoid, asam fenolik dan antioksidan.

Itulah berbagai kandungan skincare yang aman sekaligus bermanfaat untuk kulit bruntusan. Kamu bisa cari tahu urutan penggunaan skincare melalui artikel ini “Begini Tahapan Basic Skincare dan Rekomendasi Produknya”.

Kamu dapat membeli skincare dan produk perawatan kulit lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Yuk cek sekarang juga agar berbelanja kebutuhan kesehatanmu menjadi semakin mudah!

Referensi:
Riversol. Diakses pada 2023. The Top 6 Ingredients to Calm Redness in Rosacea-Prone Skin.
Healthline. Diakses pada 2023. 7 FAQs About Caring for Rosacea-Prone Skin.
NBC News. Diakses pada 2023. 15 best products for rosacea and redness in 2022, according to dermatologists

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan