Ini 9 Manfaat Hebat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Oktober 2023

“Lidah buaya mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kecantikan wajah. Salah satu manfaat lidah buaya bagi wajah adalah memperlambat penuaan dini.”

Ini 9 Manfaat Hebat Lidah Buaya untuk Kulit WajahIni 9 Manfaat Hebat Lidah Buaya untuk Kulit Wajah

Halodoc, Jakarta – Lidah buaya atau aloe vera adalah bahan alami yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Beberapa di antaranya vitamin A, C, dan E yang merupakan antioksidan kuat.

Di dalamnya terdiri dari 99 persen air dan sisanya merupakan asam amino, glukomanan, lipid, dan sterol. Semua nutrisi tersebut bermanfaat baik bagi tubuh, terutama kecantikan kulit wajah.

Mau tahu apa saja manfaat lidah buaya untuk kulit wajah? Berikut ulasannya!

Kandungan Nutrisi di Dalam Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman herbal yang banyak menyimpan air pada daunnya. Penggunaan yang tepat membuat tanaman herbal ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Manfaat lidah buaya tidak terlepas dari berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah kandungan antioksidan yang terdapat dalam gel lidah buaya.

Tanaman ini juga mengandung senyawa bioaktif yang bermanfaat, seperti vitamin, mineral, dan asam amino. Bukan hanya itu, lidah buaya juga mengandung polifenol yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang bisa memicu infeksi pada manusia. 

Manfaat Lidah Buaya bagi Wajah

Sebaik-baiknya sebuah produk, lebih disarankan untuk menggunakan gel aloe vera yang alami. Caranya juga sederhana, cukup mengupas kulit lidah buaya dan mengambil dagingnya untuk dioleskan ke kulit wajah.

Beberapa manfaat lidah buaya bagi wajah, antara lain:

1. Melembapkan kulit

Manfaat ini terjadi berkat kandungan mineral, enzim, antioksidan, dan vitamin A, C, serta E dalam lidah buaya. Gel dari tanaman itu bisa dipakai sebagai pelembap alami untuk kulit wajah dan bekerja dengan menyerap minyak berlebih.

Studi berjudul Phytochemical constituents of aloe vera and their multifunctional properties: A comprehensive review, yang dipublikasikan International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research mencatat, lidah buaya mengandung 98 persen air.

Dengan kandungan air sebanyak itu, lidah buaya dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melembabkan diri sendiri dan menghilangkan sel kulit mati.

Tidak ada salahnya cari tahu berbagai cara untuk membuat kulit kering menjadi lebih sehat melalui artikel ini “9 Cara Merawat Kulit Kering agar Tampil Sehat dan Percaya Diri”.

2. Mencerahkan wajah

Manfaat lidah buaya bagi wajah selanjutnya adalah mencerahkan wajah. Tampilan wajah yang kusam bisa dipicu oleh beberapa faktor, yakni genetika, stres, atau paparan sinar matahari berlebihan.

Dalam mencerahkan wajah, kandungan berbagai vitamin dan mineral di dalam lidah buaya bekerja dengan menyeimbangkan pH kulit dan menurunkan pigmentasinya. Tanaman ini juga menjadi pengelupas alami untuk mengangkat sel kulit mati.

Cari tahu berbagai langkah untuk membuat wajah lebih cerah melalui artikel “Ini 9 Cara Merawat Kulit agar Tampak Sehat dan Cerah”.

3. Mengurangi peradangan jerawat

Lidah buaya bersifat antiinflamasi, antibakteri, antivirus, dan antiseptik. Selain itu, kandungan asam salisilat di dalam tanaman efektif membunuh bakteri penyebab peradangan jerawat. Tak hanya peradangan, lidah buaya juga dapat membantu mencegah munculnya bekas jerawat.

Agar lebih optimal, kamu juga bisa menggabungkan lidah buaya dengan bahan alami lainnya.  

Studi International Journal of Aromatherapy, dengan judul The effect of aloe vera gel on the anti-acne properties of the essential oil of Ocimum gratissimum Linn leaf – a preliminary clinical investigation, melakukan penelitian terhadap 84 pengidap acne vulgaris yang dibagi secara acak menjadi tujuh kelompok yang berbeda.

Seluruh kelompok diberikan pengobatan yang berbeda terhadap kondisi jerawatnya, yaitu lotion minyak yang mengandung lidah buaya dan plasebo gel. Sampel yang diuji digunakan pada pagi dan sore hari setelah pengidap acne vulgaris mencuci muka selama empat minggu.

Hasilnya, kelompok yang menggunakan sampel produk dengan kandungan lidah buaya mengalami penurunan lesi jerawat lebih baik. Selain itu, produk yang digunakan dengan kandungan gel lidah buaya murni mampu mengatasi peradangan lesi lebih cepat.

Cari tahu cara lain untuk menghilangkan jerawat secara alami melalui artikel “Ini 9 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam 1 Hari”.

4. Menghilangkan bintik hitam pada wajah

Bintik hitam di wajah adalah gangguan yang dipicu oleh produksi melanin kulit berlebihan. Untuk mengurangi gangguan, kamu bisa mengoleskan lidah buaya secara teratur sebanyak dua kali dalam sehari.

5. Memperlambat proses penuaan dini

Manfaat lidah buaya bagi wajah ini terjadi berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Nutrisi bekerja dengan membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. 

Selain itu, terdapat kandungan vitamin C, vitamin E, dan beta karoten. Ketiga nutrisi tersebut bekerja dengan membantu mengencangkan kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi, sehingga terlihat awet muda.

Studi dalam jurnal Dietary aloe vera supplementation improves facial wrinkles and elasticity and it increases the type I procollagen gene expression in human skin in vivo yang dipublikasikan dalam Annals of Dermatology menyebutkan, mengonsumsi suplemen gel lidah buaya selama 90 hari mampu meningkatkan produksi kolagen dan elastisitas kulit.

Bahan alami tersebut bekerja dengan mempertahankan kelembapan dan meningkatkan integritas kulit. Manfaat ini sangat cocok untuk dipakai oleh pemilik jenis kulit kering.

6. Menyembuhkan luka bakar

Jika mengalami luka bakar akibat prosedur medis seperti laser, kamu bisa menyembuhkannya menggunakan gel lidah buaya. Getahnya bekerja sebagai salep alami yang efektif menenangkan kulit.

Manfaat lidah buaya bagi wajah ini terjadi berkat kandungan tinggi antioksidan, kalsium, dan sifat pelembap alami. Semuanya efektif membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari berbagai kerusakan.

Kandungan tersebut bekerja dengan memperkuat jaringan kulit dan menunjang proses pembelahan sel-sel penghasil keratin. Dengan begitu, sel kulit baru lebih cepat tumbuh untuk menggantikan jaringan yang luka. 

Menurut studi berjudul The effect of aloe vera clinical trials on prevention and healing of skin wound: A systematic review pada Iranian Journal of Medical Sciences, lidah buaya dapat mengurangi waktu penyembuhan luka bakar.

Durasinya berkisar 9 hari dibandingkan dengan pengobatan konvensional. Selain mempercepat proses penyembuhan, penggunaannya juga juga dapat membantu mencegah kemerahan, gatal, dan infeksi. 

7. Mengurangi mata panda

Semua kandungan baik di dalam lidah buaya berperan dalam mengurangi lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda. Cara kerjanya dengan membantu mencegah pigmentasi berlebihan pada area tersebut.

8. Mengatasi sunburn

Sunburn terjadi akibat paparan sinar matahari berlebihan. Gejalanya muncul dengan penggelapan kulit dan ruam merah, serta sensasi rasa panas. Untuk menghilangkan gejalanya, lidah buaya bekerja dengan menenangkan kulit. Caranya dengan memberikan sensasi dingin setelah pemakaian.

9. Membantu membersihkan makeup

Makeup adalah alat penunjang kecantikan yang umum penggunaannya oleh wanita. Setelahnya, mereka perlu membersihkannya secara menyeluruh guna mencegah masalah kulit, seperti infeksi dan keriput.

Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya bagi wajah itu, kamu bisa menggunakannya sebagai penghapus makeup. Caranya, aplikasikan gel secara merata ke seluruh wajah, kemudian ratakan sambil pijat secara perlahan. Kemudian, bersihkan dengan kapas atau air bersih.

Nah, itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit wajah. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Apa Efek Samping Lidah Buaya di Wajah?

Meskipun penggunaan lidah buaya cenderung aman, efek samping bisa saja terjadi pada sebagian pengguna. Berikut adalah beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi:

1. Reaksi alergi

Gejala reaksi alergi yang bisa saja terjadi, seperti kemerahan, ruam, gatal-gatal, pembengkakan, atau perasaan terbakar pada kulit. Jika mengalaminya, segera hentikan penggunaan dan diskusikan dengan dokter di Halodoc.

2. Iritasi kulit

Efek samping ini dapat terjadi ketika kamu terlalu sering mengaplikasikan lidah buaya pada wajah. Gejalanya berupa kemerahan, gatal, atau kulit kering. Jika ini terjadi, segera hentikan penggunaannya.

3. Sensitivitas sinar matahari

Lidah buaya bisa meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari. Gejalanya berupa kulit kemerahan dan terasa perih. Jadi, gunakan sunscreen atau sunblock jika ingin beraktivitas di luar ruangan. 

4. Efek negatif pada beberapa kondisi kulit

Penggunaan lidah buaya dapat memperburuk kondisi kulit tertentu. Misalnya, dermatitis seboroik atau rosacea. Jika memiliki kondisi kulit sensitif, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.

5. Efek gastrointestinal

Dampak bagi gastrointestinal atau pencernaan bisa terjadi jika lidah buaya dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau jus. Gejalanya dapat berupa diare, kram perut, dan mulas-mulas.

Tanyakan ke dokter kulit jika memiliki keluhan pada kesehatan kulit. Jika membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Baylor College of Medicine. Diakses pada 2023. Using Aloe Vera has multiple benefits.
Healthline. Diakses pada 2023. 10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face.
Iranian Journal of Medical Sciences. Diakses pada 2023. The Effect of Aloe Vera Clinical Trials on Prevention and Healing of Skin Wound: A Systematic Review.
Annals of Dermatology. Diakses pada 2023. Dietary Aloe Vera Supplementation Improves Facial Wrinkles and Elasticity and It Increases the Type I Procollagen Gene Expression in Human Skin in vivo.
International Journal of Pharmaceutical Sciences and Research. Diakses pada 2023. Phytochemical constituents of aloe vera and their multifunctional properties: A comprehensive review.
International Journal of Aromatherapy. Diakses pada 2023. The effect of aloe vera gel on the anti-acne properties of the essential oil of Ocimum gratissimum Linn leaf – a preliminary clinical investigation.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan