Ini 9 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam 1 Hari

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Oktober 2023

“Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dalam 1 hari? Kamu bisa mencoba memakai lidah buaya, tea tree oil, teh hijau, dan mengompres dengan es batu.”

Ini 9 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam 1 HariIni 9 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam 1 Hari

Halodoc, Jakarta – Kemunculan jerawat sering kali membuat percaya diri berkurang. Tak heran apabila banyak orang mencari cara menghilangkan jerawat secara alami dalam 1 hari.   

Umumnya penyebab kemunculan jerawat karena sel kulit mati dan bakteri yang terperangkap dalam pori-pori kulit. Selain itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena stres berlebihan, asupan makanan yang tidak sehat, hingga memakai produk riasan yang tidak sesuai dengan kulit. 

Lantas, bagaimana sih cara alami untuk menghilangkan jerawat?

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dalam 1 Hari

Apa yang bisa menghilangkan jerawat dalam 1 hari? Tidak perlu cemas, ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Kalaupun tidak hilang sepenuhnya, setidaknya cara-cara ini bisa mengurangi peradangan dan mempercepat kesembuhan.

Apa saja caranya dan bahan alami apa saja yang bisa kamu gunakan? 

1. Lidah buaya

Lidah buaya untuk perawatan wajah

Khasiat lidah buaya untuk kecantikan dan perawatan kulit tentu sudah tidak perlu kamu ragukan lagi.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Uji Aktivitas Infusa Daun Lidah Buaya (Aloe Veral.) Terhadap Propionibacterium Acnes Penyebab Jerawat dalam Jurnal Farmasi Sandi Karsa, lidah buaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya jerawat, gel dalam tanaman ini efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti psoriasis. Cara memakainya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area yang berjerawat atau semua wajah sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari.

Penanganan lainnya bisa dicoba di artikel Kenali 5 Jenis Masker Wajah untuk Mengatasi Jerawat.

2. Tea tree oil

Menurut studi berjudul Tea tree oil gel for mild to moderate acne; a 12 week uncontrolled, open-label phase II pilot study dalam Australasian Journal of Dermatology, penggunaan tea tree oil mampu memperbaiki jerawat mulai dari kondisi jerawat ringan sampai sedang. 

Campurkan tea tree oil dengan minyak alami lainnya, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Setelah itu, celup kapas pada campuran minyak, lalu oleskan pada area jerawat yang meradang. 

3. Teh hijau

Selain itu, teh hijau juga bisa menjadi bahan alami lain sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dalam 1 hari.

Menurut jurnal ilmiah berjudul Green Tea and Other Tea Polyphenols: Effects on Sebum Production and Acne Vulgaris dalam MDPI Journal, teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang dapat menekan produksi sebum yang berlebih pada wajah. 

Selain itu, teh hijau juga bekerja melawan bakteri yang menjadi penyebab jerawat, dan mengurangi peradangan.

Supaya bisa mendapatkan manfaatnya lebih optimal, cukup seduh teh hijau selama kurang lebih 3-4 menit dan biarkan sampai dingin. Selanjutnya, celup kapas dan oleskan pada area yang berjerawat atau seluruh area muka, biarkan selama 10 menit atau sampai semalaman. 

4. Kompres es batu

Perempuan mengompres wajah dengan es batu

Tidak kalah mudahnya, kamu dapat menggunakan kompres es batu. Cara ini efektif untuk mengurangi kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri yang muncul karena jerawat yang meradang.

Cara menggunakannya, bungkus es batu menggunakan kain, lalu tempelkan pada area kulit yang mengalami jerawat selama 20-30 detik.

Berikan jeda selama 1 menit sebelum kamu ulangi lagi perawatan tersebut. Kamu bisa melakukan cara ini sampai bengkak dan nyeri pada jerawat yang meradang berkurang. 

5. Masker belerang

Meski memiliki aroma yang menyengat, masker belerang atau sulfur juga telah lama populer sebagai cara menghilangkan jerawat.

Bahan satu ini mampu membersihkan pori-pori kulit dari kotoran dan minyak yang berlebih serta meringankan jerawat yang membengkak. 

Cara memakainya, oleskan masker belerang pada area wajah yang mengalami jerawat atau semua bagian wajah. Kamu bisa mendapatkan masker ini sebagai salah satu produk perawatan wajah di pasaran. 

Namun, pastikan kulitmu tidak sensitif terhadap belerang dan bacalah aturan pakainya dengan cermat. 

Jerawat ada banyak jenisnya, salah satunya jerawat bernanah. Ketahui Penyebab dan 9 Cara Mengatasi Jerawat Bernanah.

6. Air perasan lemon

Menghilangkan jerawat bisa dengan menggunakan air perasan lemon. Hal ini berkat kandungan asam sitrat pada lemon yang kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Cara memakainya mudah, cukup siapkan air perasan lemon. Lalu, celupkan kapas dan oles pada area wajah yang berjerawat. Biarkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat.

Jika kulit rentan mengalami iritasi, kamu perlu mengurangi kadar asam pada perasan lemon, caranya dengan menambah air putih.

7. Minyak kelapa

Minyak kelapa untuk mengatasi jerawat

Minyak kelapa mengandung asam laurat, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi sehingga baik untuk mengatasi jerawat. Selain bisa meredakan peradangan, minyak kelapa juga baik untuk kelembapan kulit.

Ingat, hindari kebiasaan memencet jerawat karena dapat memicu infeksi dan bekas jerawat menghitam. Yuk, Kenali 7 Penyebab Jerawat di Hidung.

8. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga, penggunaannya tidak hanya menghilangkan jerawat, melainkan juga membantu meredakan peradangan dan rasa nyeri yang biasa terjadi ketika jerawat meradang.

9. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat yang baik untuk mengenyahkan bakteri penyebab jerawat. Tak hanya itu saja, tomat juga mengandung likopen. Likopen memiliki sifat antioksidan sehingga dapat melawan radikal bebas.

Hal yang perlu ditegaskan, lakukan tes alergi sebelum menggunakan bahan-bahan di atas. Caranya dengan mengoleskan sedikit bahan-bahan di atas pada permukaan kulit.

Kemudian, tunggulah sampai beberapa waktu. Bila kulit mengalami reaksi alergi, maka jangan gunakan bahan tersebut. 

Jika cara alami belum memberikan hasil, kamu bisa berkonsultasi pada dokter spesialis kulit secara online melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. 4 Natural Ways to Get Rid of Pimples as Fast as Possible. 
Verywell Health. Diakses pada 2023. How to Get Rid of Pimples Fast. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Diseases & Conditions. Acne.
Halodoc. Diakses pada 2023. 5 Cara Mengempeskan Jerawat dengan Bahan Alami.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan