Ini 9 Manfaat Olahraga Pound Fit Bagi Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   01 Desember 2023

“Pound fit adalah latihan kardio aerobik yang dapat melatih kesehatan tubuh. Beberapa manfaatnya untuk mengecilkan perut, melatih memori, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan koordinasi tubuh.”

Ini 9 Manfaat Olahraga Pound Fit Bagi Kesehatan TubuhIni 9 Manfaat Olahraga Pound Fit Bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Pound fit merupakan olahraga kardio yang terinspirasi oleh permainan alat musik drum yang dapat membuat tubuh berkeringat. Karena olahraga ini terinspirasi dari alat musik drum, maka olahraganya pun menggunakan stik yang mirip dengan stik drum. 

Olahraga pound fit saat ini sedang tren dilakukan di berbagai kelas-kelas olahraga. Kombinasi gerakan dan sentuhan musik, membuat olahraga stik ini menjadi favorit terutama buat wanita. 

Mau tahu apa saja manfaat dan tips melakukannya? Berikut ulasan selengkapnya!

Mengenal Manfaat Olahraga Pound Fit 

Gerakan pound fit merupakan perpaduan antara cardio, taiko, dan tarian. Ini menjadi modifikasi tren olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari olahraga ini. Apa saja?

1. Bagus untuk mengecilkan perut

Olahraga pound fit dirancang untuk melatih seluruh otot tubuh, khususnya otot inti (otot bagian tengah) dan otot perut. Gerakan pada olahraga ini menargetkan otot inti, bahkan lebih fokus dibandingkan gerakan lainnya. Gerakannya juga lebih banyak berputar dan membungkuk yang melibatkan bagian perut. 

2. Melatih semua bagian tubuh yang lain

Olahraga ini merupakan latihan yang dinamis dan intens yang melibatkan hampir seluruh bagian tubuh. Soalnya dalam pound fit ada gerakan melompat yang melibatkan otot-otot kaki seperti paha dan betis. 

Olahraga ini juga melatih otot inti, termasuk otot perut dan punggung bagian bawah. Pound fit juga Menggabungkan gerakan lengan yang aktif, termasuk pukulan drumstick, tendangan, yang menguatkan otot lengan. 

3. Melatih memori

Olahraga pound fit adalah jenis latihan yang menggabungkan unsur-unsur gerakan tubuh, ritme, dan musik. Meskipun tidak secara khusus dirancang untuk melatih memori seperti latihan otak yang khusus, ada beberapa cara di mana olahraga ini dapat memberikan manfaat bagi kognisi, termasuk memori. 

Seperti koordinasi gerak, yang melibatkan mengikuti irama musik dengan gerakan tertentu. Ini dapat melatih kemampuan otak untuk mengatur waktu dan mempertahankan ritme, yang juga berhubungan dengan beberapa aspek memori. 

Selain lewat olahraga, makanan juga dapat mempertajam memori. Baca penjelasannya di artikel: “5 Makanan Bernutrisi untuk Meningkatkan Memori.”

4. Meningkatkan sistem imun dan konsentrasi

Semua jenis olahraga sebenarnya dapat membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih sehat. Namun, dengan latihan olahraga yang melibatkan setiap bagian tubuh secara bersamaan, dan fokus pada gerakan memainkan stik drum,  membuat konsentrasi menjadi lebih baik.

5. Menurunkan berat badan lebih mudah

Pound fit merupakan olahraga dengan intensitas yang cepat. Kamu akan dibuat fokus untuk menjaga momentum pada musik dan gerakan. Ini dapat membuat kalori dan lemak semakin berkurang pada setiap latihan. Berat badan pun dapat turun sesuai yang kamu harapkan. Cek di sini Dosis Olahraga yang Dianjurkan agar Tetap Sehat.

6. Meningkatkan mood

Pada dasarnya olahraga yang diiringi musik seperti pound fit dan aerobik sangat menyenangkan. Olahraga jenis ini dapat melawan stres dan depresi, mengurangi kemungkinan diabetes, kolesterol tinggi, dan tekanan darah tinggi. 

Olahraga ini khususnya sangat bagus untuk menjernihkan pikiran dan juga meningkatkan fungsi dan kemampuan kognitif. 

Mau tahu fakta-fakta menarik seputar mood atau suasana hati? Baca di artikel ini: “Ini 9 Fakta Menarik Seputar Mood yang Penting untuk Diketahui”.

7. Membangkitkan semangat

Yang membuat olahraga pound fit ini unik dan menyenangkan adalah gerakan dan musik yang sangat memotivasi. Sama seperti drummer di atas panggung yang membuat pertunjukan band jadi lebih bersemangat. 

Olahraga ini semakin menyenangkan dan lebih seru saat dilakukan secara kelompok. Olahraga yang dilakukan bersama-sama seperti kelas olahraga dapat menciptakan dan menularkan suasana bersemangat. 

Berolahraga secara berkelompok dapat memberikan pengalaman yang lebih seru, karena adanya interaksi antar anggota yang memungkinkan kamu akan saling tertawa. Sehingga kamu pun akan semakin termotivasi untuk terus berolahraga. 

8. Meningkatkan keseimbangan dan koordinasi

Pound Fit melibatkan gerakan-gerakan yang memerlukan keseimbangan dan koordinasi yang baik antara lengan dan kaki. Ini dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik dan keseimbangan tubuh.

9. Meningkatkan kebugaran kardiovaskular

Olahraga ini tergolong latihan kardiovaskular yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru. Gerakan dinamis, seperti melompat dan berlari di tempat, membantu meningkatkan denyut jantung dan memperkuat sistem peredaran darah, sehingga meningkatkan stamina dan kapasitas kardiovaskular. 

Mau tahu rekomendasi olahraga untuk kebugaran kardiovaskular lainnya? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Olahraga High-Intensity Interval Training (HIIT) untuk Kesehatan”.

Tips Melakukan Pound Fit untuk Pemula 

Tidak susah kok untuk melakukan latihan ini, bahkan untuk pemula  atau anak-anak sekalipun. Biasanya tiap satu sesi membutuhkan 45 menit sampai satu jam latihan. Ada beberapa tips yang bisa kamu coba, jika ini sesuatu yang baru untukmu.

  • Memilih studio, pilihlah studio yang bagus dengan instruktur bersertifikat. Jangan khawatir, instruktur akan menjelaskan pound secara detail, terutama mengenai peraturan dan gerakan dasar. Dan tentunya persiapkan seluruh tubuh untuk pegal-pegal setelah latihan.
  • Pilih kelas pemula, cari kelas pound fit yang dirancang khusus untuk pemula. Kelas semacam ini biasanya lebih lambat dan memberikan instruksi yang lebih rinci untuk gerakan dasar.
  • Kenali gerakan dasar, tidak ada salahnya untuk mengecek gerakan di Youtube untuk tahu gerakan-gerakan dasar. Ini akan memudahkan kamu untuk mengikuti gerakan ketika latihan di studio.
  • Fokus pada postur yang benar, postur yang benar adalah kunci untuk menghindari cedera, dan mendapatkan hasil yang baik serta menghindari cedera.
  • Jangan terlalu memaksakan, berhentilah berolahraga bila merasa tubuh sudah terlalu lelah.

Selain dengan olahraga, pastikan kamu juga mengonsumsi makanan bergizi seimbang yang disertai dengan vitamin yang diperlukan tubuh. Temukan produknya hanya di Toko Kesehatan Halodoc.✔️

Referensi:
Women’s Health. Diakses pada 2023. 5 Reasons Why You Should Try The POUND Workout.
Health Fitness Revolution. Diakses pada 2023. Top 10 Health Benefits of the Pound Workout.
Stuytown. Diakses pada 2023. Unleash Your Inner Rockstar With This New Workout.
Now Jakarta. Diakses pada 2023. Pound Fit: A New Workout Trend.
Nona Woman. Diakses pada 2023. Tips and Benefits of Pound Fit for Health.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan