Ini Alasan Anjing Suka Dielus di Bagian Perutnya

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   25 Desember 2020
Ini Alasan Anjing Suka Dielus di Bagian Perutnya Ini Alasan Anjing Suka Dielus di Bagian Perutnya

Halodoc, Jakarta – Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukan perhatian dan kasih sayang pada anjing peliharaan kamu, salah satunya dengan mengelus-elus tubuhnya. Nah, hampir sebagian besar anjing sangat suka dielus bagian perutnya. Saat kamu mengelus bagian perutnya, biasanya anjing otomatis akan berbaring terlentang, menjulurkan lidahnya sambil menggoyang-goyangkan ekornya.

Nah, ekspresi tersebut menandakan bahwa anjing peliharaan kamu sangat suka dan sangat nyaman saat kamu mengelus-elus perutnya. Kamu pasti penasaran kan kenapa anjing sangat suka dielus bagian perutnya? Kalau ingin tahu, yuk simak penjelasan berikut ini. 

Baca juga: Apakah Aman Memberikan Makanan Manusia pada Anjing?

Alasan Anjing Suka Dielus Bagian Perut

Hampir sebagian besar anjing sangat suka dielus bagian perutnya. Beberapa anjing menunjukan sikap-sikap tertentu untuk mendapatkan sentuhan lembut tersebut. Alasan utama mengapa anjing sangat suka dielus perutnya adalah karena mereka merasa nyaman. Saat anjing kesayanganmu berguling telentang dan menawarkan perutnya kepada kamu, itu juga bisa menjadi pertanda bahwa anjing sudah sangat mempercayaimu. 

Di sisi ilmiah, anjing dan mamalia lain memiliki neuron otak tertentu yang merespons rangsangan dari folikel rambut. Jadi, belaian yang kamu berikan dapat merangsang folikel-folikel rambutnya, sehingga saraf-saraf di otaknya pun menjadi aktif. Pada umumnya, anjing sangat suka di elus perutnya saat ia sedang rileks atau saat pagi hari. Di pagi hari, kadar serotonin dalam tubuh anjing sedang pada puncaknya, sehingga tak heran anjing akan sangat suka dielus saat pagi hari. 

Baca juga: 8 Tanda-Tanda Anjing Peliharaan Mengalami Stres

Tips Mengelus Bagian Perut Anjing

Meski sebagian besar anjing suka dielus perutnya, ada beberapa anjing yang justru tidak nyaman saat perutnya dielus-elus. Jangan khawatir, bila anjing kesayangan kamu tidak suka dielus perutnya, bukan berarti ada masalah pada neuron di otaknya. Ini bukan masalah besar yang harus kamu perhatikan. Anjing mungkin hanya sedang tidak mood atau memang tidak nyaman disentuh bagian perutnya. Bila anjing kamu tidak suka dielus perutnya, jangan pernah dipaksa. 

Nah, kalau anjing kamu sangat suka dielus, pastikan bahasa tubuh kamu santai dan penuh kasih sayang. Elus dengan gerakan telapak tangan terbuka, kuku ke dalam, melingkar, atau bahkan menepuk. Lakukan selama tiga hingga lima detik, setelah itu berhenti. Lihat apa yang anjing kamu lakukan selanjutnya. Jika anjing ternyata mencakar, tetap diam atau menunjukkan bahwa dia ingin lebih banyak dibelai, belai kembali. Namun, jika anjing malah bangun dan pergi, artinya ia sudah tidak ingin lagi. 

Kamu mungkin ingin memodifikasi atau mengubah cara belaian sesekali. Dengan cara ini, kamu mungkin akan terkejut melihat hasilnya dan menemukan jenis gosok perut baru yang lebih disukai anjing. Hal terpenting adalah menghormati keinginan anjing dan mengelusnya seperti yang dia inginkan. 

Baca juga: 9 Manfaat Memelihara Anjing untuk Kesehatan Anak

Kalau kamu punya pertanyaan seputar perawatan anjing, kini kamu bisa menghubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc, lho! Download Halodoc di smartphone kamu, sehingga kamu bisa menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja!

Referensi:
Puppy Leaks. Diakses pada 2020. Why Do Dogs Love Belly Rubs?
The Spruce Pets. Diakses pada 2020. Why Do Dogs Like Belly Rubs So Much?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan