Ini Alasan Memberikan Pelajaran Moral pada Anak Sejak Dini

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   24 Juli 2020
Ini Alasan Memberikan Pelajaran Moral pada Anak Sejak Dini Ini Alasan Memberikan Pelajaran Moral pada Anak Sejak Dini

Halodoc, Jakarta - Perlu orangtua sadari bahwa pendidikan anak harus diiringi dengan pelajaran moral. Sangat penting untuk mengajari anak-anak tentang perasaan peduli dan tanggung jawab sosial sejak dini. 

Pendidikan di sekolah mungkin mengajarkan anak tentang ilmu-ilmu eksakta, mulai dari matematika, komputer, sejarah, ataupun biologi. Namun, apakah pelajaran itu dapat memberikan yang anak butuhkan seumur hidup? Pendidikan moral dan kepedulian merupakan nilai-nilai yang harus dipupuk di rumah.

Baca juga: Pentingnya Ajarkan Nilai Moral Suka Menolong pada Anak

Alasan Pentingnya Pendidikan Moral Sejak Dini

Ayah dan ibu tentu masih melihat bahwa masih ada budaya yang mencerminkan kurangnya tanggung jawab sosial. Untuk mengatasi krisis moral ini, dibutuhkan lebih dari harapan, bahwa anak-anak secara alami akan berkembang menjadi orang dewasa yang peduli dan mampu membuat keputusan yang bertanggung jawab. 

Karakteristik moral positif tidak muncul secara spontan. Keterlibatan masyarakat juga sangat penting, mengingat masih banyak anak yang tidak diajarkan tentang etika dan kejujuran di rumah. Sayangnya lagi, masih banyak orangtua masih memberikan contoh negatif pada anak-anak. 

Moralitas dan perkembangan moral terkadang didefinisikan dalam hal norma objektif dan standar perilaku yang telah ditetapkan. Pandangan ini sering dijadikan dasar untuk mendidik karakter, yaitu ketika seperangkat sikap kejujuran, kebaikan, keberanian, serta tekad, diidentifikasi dan diperkenalkan pada anak. 

Dalam banyak kesempatan orangtua mungkin perlu melibatkan anak secara aktif menilai perilaku tertentu terhadap situasi nyata. Dengan begitu, memungkinkan anak untuk membuat penilaian moral yang sesuai. Kedewasaan moral anak berkaitan langsung dengan cara mereka berpikir tentang konsep-konsep keadilan, hak, kesetaraan, dan kesejahteraan manusia. 

Seiring berjalan waktu dan berbagai interaksi sosial, anak akan mengembangkan pemahaman mereka sendiri mengenai konsep-konsep ini. Dengan begitu, “kebaikan” mereka dibangun melalui pemikiran mereka sendiri berdasarkan pengalaman dan dialog dengan orang lain. 

Baca juga: Cara Mengajarkan Nilai Moral Bersikap Jujur pada Anak

Cara Menanamkan Nilai Moral pada Anak

Cara terbaik untuk mengajarkan nilai moral pada anak sejak dini dapat dilakukan dengan:

  • Praktikkan Apa yang Diajarkan

Anak akan belajar dari orang-orang di sekitar mereka. Jadi, untuk mengajarkan anak tentang nilai moral yang baik, ayah dan ibu harus memberikan contoh yang baik pada anak dalam kehidupan sehari-hari.

  • Ceritakan Pengalaman Pribadi

Pengalaman pribadi seperti cerita biasanya diminati anak untuk didengarnya. Ceritakan kisah-kisah dari kehidupan sehari-hari, di mana ada kepatuhan nilai moral dari pengalaman positif hidup. Dengan begitu, anak akan memahaminya dengan baik. 

  • Hadiahi Perilaku Baik

Terapkan sebuah sistem, di mana ayah dan ibu memberi hadiah kepada anak karena mereka menggunakan nilai-nilai moral yang baik dalam hidup. Pujian dan penghargaan adalah penguatan positif yang bekerja sangat baik dalam membentuk karakter anak. 

  • Berkomunikasi Secara Efektif

Berbicara atau berdiskusilah dengan anak setiap hari mengenai bagaimana nilai-nilai moral bekerja dalam kehidupan sehari-hari. Orangtua bisa mendiskusikan artikel di koran, majalah, atau buku cerita dan bertanya pada anak apa yang akan dia lakukan dalam situasi yang sama. 

  • Pantau Penggunaan Televisi dan Internet

Ayah dan ibu dapat memantau apa yang ditonton anak. Pastikan tayangan yang ditontonnya mempromosikan nilai-nilai moral yang baik dan sesuai untuk usianya. 

Baca juga: 7 Manfaat Mendongengkan Anak Sebelum Tidur

Itulah yang perlu ayah dan ibu ketahui mengenai penanaman nilai moral pada anak sejak dini. Jika ayah dan ibu memiliki masalah mengenai pola asuh anak, segera diskusikan pada psikolog anak melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan pencerahan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Early Childhood. Diakses pada 2020. Fostering Goodness & Caring: Promoting Moral Development of Young Children.
Parenting First Story. Diakses pada 2020. 10 Moral Values You Must Teach Your Kids.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan