Ini Alasan Pentingnya Mengonsumsi Buah-Buahan Setiap Hari

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 November 2021
Ini Alasan Pentingnya Mengonsumsi Buah-Buahan Setiap HariIni Alasan Pentingnya Mengonsumsi Buah-Buahan Setiap Hari

“Buah-buahan adalah sumber nutrisi terbaik untuk mendapatkan vitamin, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya. Apalagi di Indonesia juga terdapat banyak jenis buah yang bisa dipilih dan memiliki rasa yang nikmat. Jadi mulai sekarang tidak ada lagi ada alasan untuk tidak makan buah setiap hari.”

Halodoc, Jakarta – Faktanya, ada banyak keuntungan yang didapatkan bagi orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Salah satunya adalah hadirnya keanekaragaman jenis tumbuhan yang menghasilkan beraneka ragam buah-buahan sehat yang bisa dikonsumsi setiap hari. 

Sebut saja seperti nanas, manggis, salak, hingga beberapa buah lain yang mungkin lebih jarang ditemukan di luar Indonesia. Buah-buahan ini pun terbukti memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat mencukupi gizi harian, buah juga dapat mencegah penyakit. Para ahli pun menyarankan agar kamu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setidaknya 400 gram/hari agar tetap sehat. 

Nah, ada beberapa alasan penting yang membuat kamu perlu mengonsumsi buah-buahan setiap hari: 

Buah adalah Sumber Vitamin dan Mineral

Sumber Vitamin dan Mineral

Buah-buahan adalah sumber asupan vitamin dan mineral yang sangat baik. Beberapa nutrisi penting dari buah-buahan ini, di antaranya adalah folat, vitamin A, B, B1, B6, C, dan kalium. Kandungan vitamin dan mineral pada buah-buahan memang berbeda-beda, tetapi semuanya sama-sama memberikan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Terlebih lagi, sebagian vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah juga mengandung antioksidan. Zat ini sangat penting untuk melawan radikal bebas dan menjaga sistem daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Buah-Buahan Sebagai Sumber Serat

Buahan Sebagai Sumber Serat

Buah-buahan adalah salah satu sumber serat makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Manfaat makan buah yang kaya serat ini akan menjaga kesehatan usus, mencegah sembelit, dan masalah pencernaan lainnya. 

Kebiasaan makan asupan tinggi serat dalam buah-buahan juga dapat mengurangi risiko kanker usus. Selain menjaga kesehatan pencernaan, makan-makanan berserat juga membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.              

Mengurangi Resiko Berbagai Penyakit

Mengurangi Resiko Berbagai Penyakit

Alasan perlu makan buah-buahan setiap hari lainnya yang tidak boleh disepelekan adalah kemampuan mereka dalam menurunkan risiko penyakit kronis. Misalnya, gangguan jantung, kanker, hingga diabetes yang merupakan penyebab paling utama dari kematian.

Sejumlah penelitian membuktikan, makan buah setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 7 persen. Rutin makan buah-buahan juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres. Keduanya berperan dalam menurunkan risiko penyakit jantung.

Sedangkan penelitian lain menunjukkan, makan buah seperti anggur, apel, dan blueberry terbukti mampu menurunkan risiko penyakit diabetes. Sementara makan buah jeruk, dapat memberikan manfaat mengurangi risiko penyakit batu ginjal.          

Buah-Buahan Adalah Pilihan Diet Sehat

Buah-Buahan Adalah Pilihan Diet Sehat

Buah baik dikonsumsi secara rutin karena mereka masuk dalam asupan rendah lemak dan kalori. Namun, pastikan kamu mengonsumsinya dalam bentuk buah utuh atau jus yang tidak diberi gula atau bahan tambahan lainnya. Selain itu, pastikan kamu mengonsumsi buah dalam kondisi segar dan bukan olahan. Ini dimaksudkan untuk memperoleh manfaat yang optimal.

Pada dasarnya buah memiliki banyak kandungan serat dan air, sehingga mengonsumsi buah dapat membuat rasa kenyang lebih awet, daripada asupan lainnya. Buah apel dan jeruk juga merupakan jenis buah yang kaya serat sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama. 

Namun, jika kamu masih punya pertanyaan mengenai makanan yang sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan, kamu bisa tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter di Halodoc akan selalu siaga memberikan saran kesehatan yang kamu butuhkan. Jadi, tunggu apa lagi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Better Health Channel. Diakses pada 2021. Fruits and Vegetables. 
Harvard University. Diakses pada 2021. Vegetables and Fruits.
National Health Service UK. Diakses pada 2021. Why 5 A Day?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan