Ini Alasan Seseorang Ragu Mencari Bantuan Psikolog

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Februari 2021
Ini Alasan Seseorang Ragu Mencari Bantuan PsikologIni Alasan Seseorang Ragu Mencari Bantuan Psikolog

Halodoc, Jakarta - Sangat disayangkan, masalah kesehatan mental tak mendapat cukup perhatian untuk segera dilakukan penanganan. Sebagian besar masyarakat cenderung mengabaikan dan menganggap masalah mental adalah persoalan sepele jika dibandingkan dengan kesehatan fisik. 

Padahal, dampak yang ditimbulkan dari masalah kesehatan mental yang tidak terobati justru jauh lebih membahayakan nyawa. Kamu bisa lihat dari banyaknya kasus bunuh diri dan kecanduan alkohol serta obat terlarang. Lalu, apa sebenarnya alasan yang membuat seseorang enggan mencari bantuan psikolog untuk mengatasi masalah kejiwaan yang sedang dihadapi? 

  • Masih Menganggap Masalah Psikis Tabu untuk Dibicarakan

Alasan pertama dan paling umum mengapa orang tidak mencari bantuan untuk masalah kesehatan mental adalah mereka merasa malu karena tidak sehat secara mental. Sering kali, hal ini terjadi mungkin disebabkan karena banyak stigma dan diskriminasi terkait dengan gangguan tersebut.

Baca juga: Alami Masalah Kesehatan Jiwa, Kenali Ciri-Ciri Ini

  • Kurangnya Pengetahuan

Masalah kesehatan mental mungkin bisa terjadi karena dampak fisik, tetapi juga tidak. Jadi, untuk mengetahui apakah kamu mengidap salah satunya, kamu perlu menyadari bahwa hal tersebut memang nyata terjadi. Sayangnya, dalam banyak kasus, seseorang tidak memiliki cukup pengetahuan tentang masalah gangguan mental. 

  • Tidak Mendapat Dukungan 

Sering kali, keluarga tidak mau menerima atau mengakui masalah kesehatan mental yang dialami salah satu anggota keluarga. Mereka lebih suka hidup dalam penyangkalan daripada menerima dan mencari pengobatan. Ini juga akibat dari tabu yang membuat keluarga sulit berobat.

  • Sulit Percaya pada Orang Lain

Membahas tentang kondisi mental adalah masalah yang sangat pribadi dan bisa sangat menakutkan bagi banyak orang. Sering kali, tidak sedikit pengidap yang mungkin kurang percaya pada orang lain untuk bisa berbagi sehingga mereka pun membiarkan masalah diatasi oleh diri sendiri.

Baca juga: Kesehatan Mental Bisa Memengaruhi Kesehatan Fisik

  • Tidak Memiliki Banyak Waktu dan Tenaga untuk Menjalani Terapi

Tidak hanya kesulitan percaya pada orang lain, kebanyakan pengidap gangguan mental tidak menceritakan masalah mereka karena tidak memiliki banyak waktu dan tenaga. Padahal, sebenarnya, terapi bisa menjadi sumber energi positif baru, bukan sebaliknya. 

  • Kendala Finansial

Terapi kejiwaan memang bisa menguras biaya. Namun, kamu bisa mendapatkan solusi terbaik dengan biaya yang lebih terjangkau dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Tidak hanya dokter umum atau spesialis kesehatan fisik, kamu juga bisa bertanya jawab dengan psikolog di aplikasi Halodoc

  • Kurangnya Tenaga Profesional

Sering terjadi, masalah kesehatan mental yang tidak tertangani hingga berdampak pada kondisi yang lebih serius berpusat pada lingkungan, dengan tenaga profesional yang memang kurang memadai. Berbeda dengan lingkungan kota besar yang memang telah terfasilitasi dengan baik sehingga dibutuhkan perhatian dan tenaga berpengalaman agar tersebar merata. 

Baca juga: Ini Ciri-Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

  • Takut akan Dampaknya

Kebanyakan pengidap gangguan mental juga merasa terlalu takut akan dampak yang mungkin mereka dapatkan jika memutuskan untuk meminta bantuan psikolog. Tidak hanya di lingkup keluarga, tetapi juga di lingkup pekerjaan. Bukan tidak mungkin mereka akan kehilangan pekerjaan jika kabar tersebut diketahui.

  • Tidak Merasa Butuh Pertolongan saat Ini

Inilah yang paling berbahaya, merasa bahwa diri sendiri tidak membutuhkan pertolongan, padahal masalah mental yang kamu alami sudah seharusnya mendapatkan bantuan. Terlebih jika kamu merasa bahwa terapi tidak membantu menyembuhkan atau meringankan masalah yang kamu alami. 

Jangan pernah menunda untuk mencari bantuan dan beranggapan bahwa terapi hanya membuang waktu, tenaga, dan biaya. Terapi justru bisa membantu kamu sembuh dan menjalani hidup dengan lebih baik lagi. Tentu saja, jika kamu serius dan disiplin menjalaninya. 



Referensi: 
Psychology Today. Diakses pada 2021. 15 Reasons Why People With Depression Don’t Get Treatment.
Psych Central. Diakses pada 2021. What Prevents People From Seeking Mental Health Treatment?
Times of India. Diakses pada 2021. World Mental Health Day: 7 Reasons People Don’t Seek Treatment For Mental Disorders.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan