Ini Arti Support System dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Januari 2023

“Memiliki support system sangat penting bagi kesehatan mental. Mereka adalah orang-orang terdekat yang bisa kamu andalkan untuk menemani, menghibur dan memberi dukungan positif agar kamu bisa melewati masa-masa sulit dengan baik.”

Ini Arti Support System dan Manfaatnya untuk Kesehatan MentalIni Arti Support System dan Manfaatnya untuk Kesehatan Mental

DAFTAR ISI

  1. Apa Itu Support System?
  2. Manfaat Support System untuk Kesehatan Mental

Halodoc, Jakarta – Setiap orang perlu memiliki satu atau lebih orang terdekat yang mampu memahami dan memberikan dukungan yang positif. Orang-orang yang bisa diandalkan seperti itu dikenal juga dengan istilah support system

Tidak hanya bisa menjadi tempat terpercaya bagi kamu mencurahkan isi hati, support system juga bisa menguatkan bahkan membantu kamu untuk bangkit kembali di saat-saat terburuk kamu.

Yuk, simak manfaat support system untuk kesehatan mental di sini!

Apa Itu Support System?

Support system adalah orang-orang yang bisa memberi kamu dukungan praktis atau emosional. Mereka bisa terdiri dari anggota keluarga, teman, pemuka agama atau rekan kerja.

Pastinya mereka adalah orang-orang yang kamu merasa nyaman untuk berbicara tentang apa yang kamu alami dan bisa memberikan dukungan yang mungkin kamu perlukan.

Penelitian “The correlation of social support with mental health: A meta-analysis” yang terbit dalam jurnal Electron Physician tahun 2017 sudah menunjukkan bahwa memiliki support system bisa berdampak positif pada kesehatan mental secara keseluruhan. 

Sebuah survei pada tahun 2015 menemukan bahwa rata-rata tingkat stres pada orang-orang yang memiliki sistem pendukung adalah 5 dari 10 dibandingkan dengan mereka yang tidak memilikinya, yaitu 6,3 dari 10.

Pada skala 1 sampai 10, yang mana 10 berarti tingkat stres yang tinggi dan 1 adalah tingkat stres yang rendah atau tidak ada.

Manfaat Support System untuk Kesehatan Mental

Berikut manfaat memiliki support system untuk kesehatan mental:

1. Memberikan dukungan sosial

Ketika sedang mengalami masalah, trauma atau duka, isolasi sosial dan kesepian seringkali memperburuk keadaan.

Kedua hal itu bisa meningkatkan risiko kamu mengalami masalah kesehatan fisik dan mental, seperti tekanan darah tinggi, melemahnya sistem kekebalan tubuh, kecemasan, depresi, dan masih banyak lagi.

Nah, adanya orang-orang terdekat ini tidak hanya bisa menemani kamu di masa-masa krisis, melainkan juga membantu menghubungkan kamu kembali ke dunia luar.

Dengan begitu, kamu pun bisa tetap berhubungan dengan orang lain. Hal ini sangat membantu dalam melewati masa-masa sulit dan juga pemulihan mental. 

Tidak hanya membantu melewati masa-masa sulit, kamu juga perlu tahu Pentingnya Support System untuk Pengembangan Diri.

2. Memberi dampak positif

Selain menyediakan diri untuk menemani dan menghibur, terkadang support system juga bisa mendorong kamu untuk melakukan perilaku yang lebih sehat.

Pasangan kamu mungkin akan membelikan makanan yang sehat untuk kamu makan, seorang teman mungkin akan mengajak kamu bepergian ke suatu tempat, atau berolahraga.

Pada saat-saat sulit, mungkin terasa susah untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif di atas, bahkan hanya untuk sekadar merawat diri.

Namun, tetap terlibat dalam hal-hal positif justru seringkali menjadi penyelamat yang membuat kamu tetap bertahan di saat depresi membebani.

3. Menjadi distraksi yang sehat

Bagi sebagian orang, mereka mungkin lebih memilih untuk menyimpan masalah untuk diri sendiri.

Mereka mungkin malu, karena berpikir bahwa bercerita pada orang lain berarti harus mengungkapkan kelemahan diri.

Bercerita pada orang-orang terdekat mengenai apa yang terjadi atau apa yang sedang kamu rasakan memang tidak selalu mendatangkan solusi.

Namun, memiliki support system bisa membantu memberikan distraksi yang sehat. 

Orang-orang terdekat ini bisa menghibur untuk mengalihkan kamu dari kesedihan. Hal ini juga mencegah kamu mencari pelarian yang tidak sehat, seperti menggunakan alkohol dan obat-obatan terlarang untuk menumpulkan indra.

Sedangkan berjalan-jalan bersama teman atau bermeditasi di kelas yoga merupakan distraksi yang sehat.

4. Membantu melewati tantangan sehari-hari

Memiliki beberapa orang yang bisa kamu percayai dan andalkan, bisa membantu kamu mengatasi tantangan sehari-hari, membuat keputusan sulit, atau bahkan selama situasi krisis.

Dengan begitu, risiko mengalami masalah kesehatan mental yang parah pun bisa kamu hindari.

Selain manfaat di atas, simak juga 4 Manfaat Support System buat Kesehatan Mental yang lain di artikel tersebut.

Itulah penjelasan mengenai support system dan manfaatnya. Bila kamu sedang merasa stres dan tidak tahu harus bercerita, kamu bisa menghubungi psikolog tepercaya di Halodoc.

Tidak usah malu, kamu bisa berbicara melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja.

Namun, jika kamu ingin mengetahui masalah kesehatan mental lainnya, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play!

Referensi:
Highland Springs. Diakses pada 2024. The Benefits And Importance Of A Support System.
Mental Health First Aid. Diakses pada 2024. The Importance of Having a Support System.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan