Ini Aturan Main Olahraga Rugby yang Wajib Diketahui

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   20 Januari 2023

“Rugby merupakan variasi dari olahraga sepak bola yang berasal dari Inggris. Olahraga ini sering dikira sama dengan American football dan dalam aturan mainnya, pemain harus menyentuhkan bola ke tanah agar bisa mendapatkan poin.”

Ini Aturan Main Olahraga Rugby yang Wajib DiketahuiIni Aturan Main Olahraga Rugby yang Wajib Diketahui

Halodoc, Jakarta – Olahraga rugby memang tidak terlalu populer di Indonesia. Namun, olahraga yang satu ini tetap menarik untuk diketahui.

Mirip dengan sepak bola, rugby juga merupakan olahraga yang dimainkan antara dua tim yang mencoba untuk mencetak skor dengan cara memasukkan bola ke gawang tim lawan. Namun bedanya, dalam rugby, pemain boleh membawa bola, mengoper dan menyentuhkannya ke area gawang dengan menggunakan tangan.

Yuk, simak aturan main rugby lebih jauh di sini!

Asal Mula Olahraga Rugby

Rugby adalah olahraga yang berasal dari Inggris yang ditemukan pada awal abad ke-19. Olahraga ini muncul ketika seorang pemuda asal Inggris bernama William Webb Ellis yang melanggar aturan sepak bola dengan mengambil bola dengan tangannya dan membawanya lari hingga menuju garis gawang di tahun 1823. 

Setelah mengalami sedikit modifikasi dari Universitas Cambridge, rugby pun resmi menjadi salah satu cabang olahraga permainan. Pada tahun 1839, tim rugbi pertama dibentuk di universitas tersebut beserta dengan peraturan permainannya.

Persatuan sepak bola rugbi kemudian dibuat pada 1871 di sebuah pub di London. Berbagai peraturan resmi olahraga tersebut pun dibuat 10 tahun kemudian.

Pada 1895, dibentuk The Rugby League yang menandakan bahwa olahraga ini telah mulai berkembang ke seluruh dunia.

Atribut Permainan yang Diperlukan

Rugbi merupakan olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik. Olahraga beregu ini memiliki jumlah pemain masing-masing 15 orang setiap timnya dengan beberapa tambahan orang sebagai cadangan.

Mereka yang memakai kaos bernomor punggung 1-8 akan berperan menjadi penyerang dan menempati posisi depan, sementara nomor punggung 9-15 akan menempati posisi belakang dan berperan sebagai pemain bertahan.

Atribut yang dikenakan sebenarnya mirip dengan pemain sepak bola, yaitu kaos, celana pendek, kaos kaki dan sepasang sepatu bola. Namun, pemain rugby juga perlu mengenakan pelindung mulut. Hal itu karena olahraga ini sarat dengan benturan dan rahang atau mulut adalah bagian yang paling rentan mengalami cedera. 

Bola rugbi mirip dengan bola sepak bola Amerika yang berbentuk sedikit lonjong, tapi sedikit lebih besar. Bola tersebut mengerucut di kedua ujungnya dengan warna dasar putih dan ukuran diameter kira-kira 60 sentimeter serta panjang 27 sentimeter.

Panjang lapangannya adalah 100 meter dengan lebar 70 meter. Terdapat garis yang disebut try yang menjadi penanda terjadinya gol, dan end zone yang berada sejauh sembilan meter setelah garis gawang.

Tiang gawangnya berupa dua buah palang vertikal dengan panjang area 22 meter. Gol terjadi di tiang gawang, jadi apabila salah satu pemain melebihinya, bola pun dianggap keluar.

Aturan Bermain Rugby

Rugbi seringkali tertukar dengan American football karena cara bermainnya yang memang hampir mirip. Namun, dalam olahraga rugbi, bola harus benar-benar menyentuh tanah (grounded) untuk mencetak skor.

Sedangkan dalam American football, bola hanya perlu melewati garis gawang dan tidak perlu disentuhkan ke tanah.

Jadi, tujuan dari olahraga permainan ini adalah untuk menyentuhkan bola di belakang garis try lawan yang merupakan area dalam gawang. Pemain boleh membawa bola dengan menggunakan tangan atau menendangnya dengan kaki. 

Namun, saat bola dibawa di tangan, bola hanya bisa dilempar atau diserahkan ke belakang. 

Dalam rugby, pemain bisa mencetak skor dengan empat cara, yaitu try, konversi, drop goal, dan tendangan penalti. Ketika seorang pemain menyentuh bola ke tanah di dalam area gawang tim lawan, ini disebut try dan lima poin akan diberikan kepada tim pemain tersebut.

Setelah melakukan try, tim yang mencetak gol juga bisa mencoba melakukan konversi untuk mencetak lebih banyak poin dengan menendang bola melewati crossbar dan melewati tiang gawang.

Sementara drop goal dicetak ketika seorang pemain memantulkan bola ke tanah, lalu menendangnya melewati mistar gawang dan melewati tiang. Setelah jenis penalti tertentu, sebuah tim bisa diberikan tendangan penalti, yang juga dicetak dengan menendang bola melewati crossbar dan melewati tiang.

Tekel atau menghadang lawan diperbolehkan. Namun, saat menghadang pun pemain lawan harus menjatuhkan tubuh bersama dengan sang pembawa bola, bukan membanting.

Pemain yang melakukan pelanggaran akan diberikan kartu kuning dan diharuskan meninggalkan lapangan hingga 10 menit. Selain itu, tidak ada aturan time-out dalam permainan ini.

Permainan rugby hanya berlangsung selama 80 menit yang dibagi menjadi dua babak. Masing-masing babak berlangsung selama 40 menit dengan 10 menit halftime di antaranya.

Itulah penjelasan mengenai olahraga permainan rugby. Bila kamu ingin mencoba melakukan olahraga tersebut, kamu perlu memiliki tubuh yang prima. 

Selain dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berlatih secara rutin, konsumsi suplemen vitamin juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh. Nah, kamu bisa cek obat dan vitamin yang kamu butuhkan melalui aplikasi Halodoc saja.

Jadi, tidak perlu repot-repot keluar rumah. Tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam.

Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Rookie Road. Diakses pada 2023. What is Rugby?
Sports N’ Hobbies. Diakses pada 2023. What is Rugby?
Britannica. Diakses pada 2023. Learn how to play rugby.
The Rugby Paper. Diakses pada 2023. The difference between Rugby and the American Football

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan