Ini Berbagai Dokter Spesialis yang Paling Banyak Dibutuhkan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Oktober 2023

“Pendidikan dokter terbagi menjadi macam-macam spesialisasi khusus untuk memfokuskan ranah penanganannya. Bidang-bidang spesialis yang paling dibutuhkan saat ini antara lain adalah dokter anak, ortopedi, psikiatri, dan penyakit dalam.”

Ini Berbagai Dokter Spesialis yang Paling Banyak DibutuhkanIni Berbagai Dokter Spesialis yang Paling Banyak Dibutuhkan

Halodoc, Jakarta – Proses pendidikan dokter tidak hanya berujung hingga menjadi dokter umum. Bagi para dokter yang ingin meneruskan pendidikan mereka, terdapat pilihan untuk menjadi dokter spesialis.

Dokter-dokter spesialis ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia mengingat bahwa masih terdapat kekurangan tenaga kesehatan di Indonesia saat ini. Simak berikut ini untuk mengetahui apa saja dokter spesialis yang paling banyak masyarakat butuhkan! 

Bidang Spesialis yang Paling Dibutuhkan Saat Ini

Terdapat banyak sekali bidang kedokteran yang tersedia saat ini. Namun, berikut ini tujuh dokter spesialis yang paling orang-orang butuhkan, antara lain:

1. Dokter anak atau pediatrik

Data Badan Pusat Statistik Indonesia menunjukkan bahwa ada lebih dari 80.000 penduduk berumur 0-17 tahun di Indonesia per tahun 2022. Tidak heran jika dokter spesialis anak menjadi salah satu bidang spesialis yang orang-orang butuhkan. 

Rentang umur anak yang bisa mendapatkan penanganan dari dokter anak adalah hingga umur 17 atau 18 tahun. Tugas dari dokter ini adalah memberikan diagnosis dan pengobatan bagi anak untuk penyakit ringan, akut, dan kronis. 

2. Obstetri dan ginekologi

Dokter yang termasuk spesialis obstetri dan ginekologi, atau lebih akrab orang kenal sebagai ob-gyn, bertugas untuk mengatasi kondisi kesehatan reproduksi wanita.

Ini termasuk perawatan medis atau prosedur seperti persalinan. Mayoritas ob-gyn tergolong generalis, yaitu bisa merawat berbagai jenis kondisi medis yang berada di bawah bidangnya dan juga bisa melakukan operasi medis.

3. Kardiologi

Masalah sistem kardiovaskular jatuh di bawah payung penanganan dokter spesialis kardiologi. Dokter-dokter ini terlatih untuk mendiagnosis dan merawat masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, aritmia, dan masalah jantung lainnya.  

Selain itu, mereka juga berhak melakukan tes seperti elektrokardiogram untuk mencapai diagnosis dan melakukan prosedur medis yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

4. Psikiatri

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia terhadap kesehatan mental, kebutuhan atas spesialis psikiatri atau psikiater semakin meningkat.  Psikiater berhak untuk memberikan diagnosis penyakit berdasarkan gejala mental dan fisik yang pasien alami. Namun, berbeda dengan psikolog, psikiater juga bisa meresepkan obat dan tes lab terkait masalah mental pasien. 

5. Neurologi

Sesuai dengan nama “neuro” yang berarti otak, dokter spesialis bidang neurologi fokus dalam masalah seputar otak dan sistem saraf.

Ini berarti orang-orang yang mengidap penyakit stroke, epilepsi, Alzheimer, Parkinson, dan penyakit otak atau saraf lainnya membutuhkan dokter spesialis neurologi untuk mendiagnosis dan memberikan penanganan yang sesuai.

Spesialis ini sering bekerja bersama dokter bedah otak untuk prosedur medis tertentu.

6. Penyakit dalam

Dokter penyakit dalam menangani jenis-jenis penyakit dalam rentang yang cukup luas.

Pasiennya umumnya adalah orang dewasa dengan kondisi medis yang kompleks, penyakit kronik yang sedang berlangsung, atau pasien yang mengalami kombinasi beberapa penyakit di waktu yang sama.

Spesialis ini dibutuhkan karena tergolong bidang yang primer meskipun mereka tidak melakukan prosedur operasi apapun. 

7. Ortopedi

Dokter spesialis ortopedi melakukan diagnosis, perawatan, serta prosedur medis terhadap pasien dengan masalah tulang, sendi, ligamen, dan otot.

Nah, meskipun ortopedi sudah termasuk spesialis, dokter bidang ini juga bisa lebih memfokuskan spesialisasi mereka ke bagian tubuh tertentu seperti pinggang dan lutut, kaki, pundak, atau tulang belakang. 

Umumnya, mereka akan menangani cedera, trauma, penyakit tulang, atau tumor di tulang. Spesialis ortopedi bisa menangani pasien segala umur, mulai dari bayi hingga lansia. Nah, untuk lebih jelasnya kamu juga bisa mencari tahu Perbedaan Antara Dokter Spesialis Olahraga dan Dokter Ortopedi.

Itulah berbagai bidang spesialis yang dibutuhkan saat ini. Kalau kamu mengalami gejala penyakit apapun, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis apa saja dengan praktis. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Health eCareers. The 10 Physician Specialties Most in Demand
St. George’s University School of Medicine. Diakses pada 2023. 10 Types of Physicians in High Demand
Badan Pusat Statistik. Diakses pada 2023. Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin, 2022
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2023. Percepat Pemenuhan Tenaga Kesehatan, Kemenkes Buka Program Bantuan Pendidikan Untuk Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan