Ini Berbagai Teknik Memasak yang Terbukti Lebih Sehat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   13 Oktober 2022

“Setiap teknik memasak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Inilah mengapa, kamu perlu tahu apa saja teknik memasak untuk tetap menjaga nilai gizi makanan.”

Ini Berbagai Teknik Memasak yang Terbukti Lebih SehatIni Berbagai Teknik Memasak yang Terbukti Lebih Sehat

Halodoc, Jakarta – Teknik memasak ternyata juga memberikan pengaruh terhadap kandungan nutrisi pada makanan. Menggunakan teknik memasak yang kurang pas bisa membuat makanan mengalami penurunan bahkan kehilangan nilai gizinya. Padahal, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang seimbang untuk tetap sehat.

Bahkan, ada pula makanan yang justru bisa memicu munculnya zat yang berbahaya apabila kamu memasaknya dengan cara yang keliru. Inilah mengapa, kamu perlu tahu bagaimana teknik memasak yang tepat sehingga nutrisi yang terkandung dalam makanan tetap terjaga dan tubuh bisa mendapatkan manfaatnya.

Teknik Memasak yang Menyehatkan

Lalu, apa saja teknik memasak yang membuat makanan tetap terjaga kesehatannya? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Merebus

Teknik yang pertama adalah merebus. Cara memasak ini punya kelebihan yaitu makanan yang menjadi bebas lemak. Sebab, merebus tidak membutuhkan minyak seperti menggoreng. 

Akan tetapi, saat makanan diolah dengan direbus, beberapa kandungan nutrisinya, seperti vitamin C dan vitamin B kompleks bisa berkurang. Bahkan, nutrisi tersebut bukan tidak mungkin hilang ketika kamu terlalu lama merebus makanan pada kondisi mendidih.

Beberapa jenis sayuran seperti selada, brokoli, dan bayam mengalami penurunan kandungan nutrisi sampai 50 persen apabila terlalu lama direbus. Hal ini juga sama pada beberapa cara merebus, seperti merebus dengan sedikit air, merebus dengan poaching, dan merebus dengan air yang suhunya tidak terlalu tinggi. 

  1. Mengukus

Teknik memasak selanjutnya adalah mengukus. Cara ini disebut lebih sehat, dilakukan dengan menggunakan uap yang berasal dari air yang dipanaskan. Rasa makanan mungkin saja hambar ketika diolah dengan cara ini. Meski begitu, kamu tetap bisa menambahkan bumbu setelah atau sebelum dikukus untuk menambah cita rasanya.

  1. Menumis

Metode memasak lain adalah menumis. Cara memasak ini sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama, dan minyak yang tidak terlalu banyak seperti mengolah makanan dengan menggoreng. 

World Cancer Research Fund UK menyebutkan, cara memasak dengan menumis disebut menyehatkan dan aman dilakukan. Sebab, teknik memasak ini tidak membuat kandungan nutrisi makanan hilang dan mengubah tekstur makanan yang dimasak. 

  1. Memanggang

Ada pula memanggang yang bisa dijadikan teknik memasak alternatif selain menggoreng. Makanan yang diolah dengan dipanggang akan memiliki aroma dan cita rasa yang unik dan khas.

Tak hanya itu, memasak makanan dengan dipanggang bisa membantu mengurangi kandungan lemak yang berlebih pada makanan. Kamu pun tidak membutuhkan minyak untuk mengolah makanan dengan dipanggang.

Meski begitu, mengolah makanan dengan dipanggang masih tidak lebih sehat daripada mengukusnya. Sebab, cara ini juga memiliki potensi untuk mengurangi bahkan menghilangkan beberapa kandungan nutrisi pada makanan, seperti vitamin C dan B kompleks.

  1. Membakar

Terakhir adalah teknik memasak makanan dengan cara dibakar. Berdasarkan studi pada Journal of Preventive Nutrition and Food Science, mengolah makanan dengan cara dibakar terbilang aman dan cukup menyehatkan. 

Cara ini terbukti bisa mempertahankan kandungan antioksidan yang ada pada makanan, misalnya pada cabai merah. Meski begitu, sebaiknya kamu tidak membakar makanan pada suhu yang sangat tinggi, bahkan hingga makanan tersebut gosong.

Sebab, ini akan membuat makanan menjadi lebih cepat hangus dan meningkatkan risiko terbentuknya senyawa karsinogen. Lebih baik kamu mengolah makanan dengan membakarnya menggunakan api kecil meski membutuhkan waktu yang lebih lama.

Demikian tadi beberapa teknik memasak yang bisa dikatakan aman dan menyehatkan. Perhatikan teknik memasak dengan tepat sehingga kamu tetap bisa mendapatkan asupan nutrisi dan manfaat dari semua makanan sehat yang kamu konsumsi. 

Jangan lupa, lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk membantu deteksi dini jika terdapat potensi gangguan kesehatan yang serius dan berbahaya. Kamu bisa memanfaatkan Layanan Janji Medis di aplikasi Halodoc, cek dan langsung download Halodoc di ponselmu lewat App Store atau Play Store.

Referensi:
World Cancer Research Fund. Diakses pada 2022. What is the healthiest cooking method?
Journal of Preventive Nutrition and Food Science. Diakses pada 2022. Effects of Different Cooking Methods on the Antioxidant Properties of Red Pepper (Capsicum annuum L.).
Verywell Fit. Diakses pada 2022. The Healthiest Cooking Method.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan