Ini Cara Efektif untuk Mengatasi Gejala Tremor

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 September 2021
Ini Cara Efektif untuk Mengatasi Gejala TremorIni Cara Efektif untuk Mengatasi Gejala Tremor

“Tremor merupakan gerakan yang mirip dengan gemetar yang terjadi pada salah satu atau beberapa anggota tubuh. Meski sekilas terlihat ringan, sebenarnya tremor menjadi kondisi yang tidak boleh dianggap remeh. Pasalnya, hal ini bisa jadi gejala masalah kesehatan yang serius. Jadi, sebaiknya kamu mengetahui bagaimana cara efektif untuk mengatasi gejala ini.”

Halodoc, Jakarta – Biasanya, terjadinya tremor disebabkan karena adanya masalah pada otak yang bertugas untuk mengontrol gerakan otot. Tremor bisa terjadi pada siapa saja dan sifatnya bisa berulang. Meski begitu, tremor yang terjadi berulang dengan intensitas yang bisa dibilang sering perlu kamu waspadai. Pasalnya, tremor bisa saja menjadi tanda bahwa tubuh kamu sedang terserang penyakit tertentu. 

Tremor paling sering terjadi pada tangan. Namun, bagian lengan, kepala, kaki, tubuh, bahkan hingga suara bisa saja mengalami getaran tanpa bisa dikendalikan. Bagi sebagian orang, tentu tremor bisa menjadi kondisi yang sangat tidak nyaman, bahkan bisa sangat mengganggu aktivitas, misalnya berjalan, menulis, mengetik di komputer, makan, dan minum.

Bagaimana Cara Mengatasi Tremor?

Tentunya, untuk bisa mendapatkan penanganan yang tepat, kamu perlu melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Jadi, segera ke rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan, pastikan kamu sudah membuat janji terlebih dahulu untuk memudahkan prosesnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc, segera download melalui App Store maupun Play Store. 

Baca juga: Kenali 8 Penyebab Tremor yang Perlu Dipahami

Sebenarnya, pengidap tremor bisa saja tidak memerlukan obat atau metode penanganan khusus, terlebih jika gejala yang muncul sifatnya ringan. Meski begitu, dalam kondisi yang lebih buruk, kaki, tangan, kepala, atau tubuh yang mengalami getaran bisa jadi memerlukan perawatan, bergantung pada apa yang menjadi penyebabnya. 

Gemetar yang terjadi karena masalah kesehatan tertentu bisa membaik atau sembuh apabila kondisi tersebut ditangani. Misalnya, pada pengidap penyakit Parkinson, obat untuk mengatasi penyakit ini bisa membantu mengurangi atau menyembuhkan getaran yang terjadi. Sementara itu, apabila gemetar terjadi karena konsumsi jenis obat tertentu, menghentikan konsumsinya adalah cara paling tepat mengatasi tremor yang muncul. 

Lalu, untuk tremor yang tidak pasti penyebabnya, dokter bisa memberikan beberapa opsi pengobatan guna membantu meringankan gejala yang muncul. Berikut ini beberapa pilihan yang direkomendasikan: 

  • Obat Beta Blocker

Obat jenis ini biasanya dipakai untuk membantu mengatasi hipertensi. Beberapa jenisnya juga bisa membantu meringankan masalah tremor esensial pada sebagian orang. 

Baca juga: Sering Alami Tremor, Apakah Bisa Disembuhkan?

  • Obat Antikejang

Jika pengobatan beta blocker tidak mampu mengatasi tremor, rekomendasi selanjutnya yang mungkin diberikan dokter adalah obat jenis antikejang. Meski begitu, beberapa jenis obat ini justru bisa memicu terjadinya tremor sehingga pastinya penggunaannya harus berdasarkan anjuran dari dokter. 

  • Obat Penenang

Jenis obat penenang tertentu turut membantu mengatasi orang dengan kondisi tremor yang semakin memburuk karena kecemasan atau ketegangan yang dirasakan. Meski begitu, penggunaan obat tersebut hanya boleh dipakai secara terbatas dan tidak untuk jangka panjang. Pasalnya, efek samping yang bisa terjadi cenderung serius dan membahayakan, misalnya masalah konsentrasi, ketergantungan, buruknya koordinasi, dan mengantuk. 

  • Suntik Botox

Memberikan suntikan botox mungkin bermanfaat untuk mengatasi jenis tremor tertentu, salah satunya adalah tremor distonik. Lalu, adanya suara dan kepala yang terasa bergetar yang tidak memberikan respons positif terhadap obat pun bisa menggunakan alternatif ini. Suntik botox bisa membantu mengatasi tremor dalam jangka waktu sekitar tiga bulan. Namun, ketahui pula efek samping metode ini, yaitu lemah otot, sulit menelan, dan suara yang berubah menjadi serak. 

Baca juga: Apakah Tremor Menandakan Penyakit Berbahaya?

  • Operasi

Sementara itu, untuk kasus tremor parah dan tidak bisa membaik meski telah dilakukan pengobatan, pembedahan bisa jadi pilihan berikutnya. Jenis operasi yang biasanya digunakan untuk masalah ini yaitu deep brain simulation atau DBS, sementara pilihan yang terbilang jarang adalah thalamotomy. 

Prosedur DBS dilakukan dengan menanamkan elektroda untuk membantu mengirimkan sinyal listrik dengan frekuensi tinggi ke bagian talamus, struktur di dalam otak yang bertugas sebagai kendali dan koordinasi untuk gerakan yang tidak disadari. Prosedur ini sering digunakan sebagai pilihan pengobatan penyakit Parkinson, tremor esensial, dan distonik. 

Sementara itu, thalamotomy merupakan prosedur pembedahan yang dilakukan dengan mengangkat bagian kecil yang berada dalam talamus. Cara lainnya yang bisa kamu coba adalah terapi, baik itu terapi okupasi maupun terapi fisik dan wicara untuk membantu mengontrol kondisi yang terjadi. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 

National Institute of Neurological Disorders and Stroke. Diakses pada 2021. Tremor Fact Sheet.

NHS. Diakses pada 2021. Tremor or shaking hands.

Parkinson’s UK. Diakses pada 2021. Tremor.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan