Ini Cara Melakukan Kayang dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Januari 2024

“Pose kayang bisa meningkatkan fleksibilitas otot, menguatkan punggung, dan meredakan stres. Dengan melakukannya secara teratur, kayang dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan pikiran.”

Ini Cara Melakukan Kayang dan Manfaatnya untuk Kesehatan TubuhIni Cara Melakukan Kayang dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

DAFTAR ISI

1. Cara Melakukan Kayang

2. Manfaatnya Melakukan Kayang


Halodoc, Jakarta – Pose kayang dikenal sebagai setu bandha, yaitu pose membungkuk ke belakang, dengan tangan dan kaki sebagai tumpuan. Dalam bahasa Sansekerta, setu berarti jembatan dan bandha berarti gembok.

Kayang adalah pose pemula bagi orang yang ingin melakukan yoga dan dilakukan di akhir sesi. Pose ini dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh dan membantu merilekskan pikiran seiring dengan pernapasan yang teratur.

Nah, mau tahu cara melakukan kayang dan manfaatnya untuk kesehatan? Berikut ulasannya!

Cara Melakukan Kayang

Pose kayang dalam yoga dapat memperkuat otot punggung, bokong, paha belakang, dada, leher, dan tulang belakang. Pose ini juga bisa meredakan ketegangan dan rasa lelah pada punggung.

Begini cara melakukan kayang yang benar:

  • Berbaring telentang dengan lutut ditekuk dekat pada pantat dan kaki di atas matras.
  • Posisikan lengan ke samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke bawah.
  • Angkat pinggul ke atas sehingga tubuh membentuk garis lurus dari bahu hingga lutut.
  • Tumpukan berat badan pada bahu dan telapak kaki.
  • Rasakan peregangan di dada, leher, dan paha.
  • Pastikan leher dan kepala tetap dalam posisi yang nyaman.
  • Tarik napas dan buang napas secara rileks dan dalam.
  • Lalu, turunkan tubuh secara perlahan ke posisi semua.

Kayang jadi salah satu gerakan pemula dalam yoga. Mau tahu manfaat salah satu jenis yoga? Baca di artikel ini: “Mengenal Hatha Yoga dan 7 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh”.

Manfaatnya Melakukan Kayang

Banyak sekali manfaat berlatih yoga dengan pose kayang, mulai dari memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan keseimbangan serta koordinasi. Ini beberapa manfaat lainnya:

1. Baik untuk kesehatan anak

Gerakan kayang pada yoga memiliki banyak manfaat bagi anak. Aktivitas ini membantu meningkatkan konsentrasi, pemahaman, dan daya ingat anak. Dengan melakukannya secara rutin, cara ini membantu anak mempersiapkan diri agar lebih fokus belajar di sekolah.

2. Osteoporosis

Kayang dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan efektif mengurangi rasa sakit akibat osteoporosis. Peningkatan kekuatan dan keseimbangan juga membantu mengurangi risiko terjatuh, yang merupakan penyebab utama dari patah tulang akibat osteoporosis.

Selain kayang, ketahui beberapa gerakan yoga bagi pemula dalam artikel ini: Gerakan Yoga yang Mudah untuk Pemula Lakukan Setiap Hari.

3. Meredakan sakit punggung

Kayang adalah pose yang sangat bagus untuk meredakan ketegangan pada punggung bagian bawah. Kamu juga dapat memodifikasi pose ini menjadi gerakan apa pun yang dapat membantu memperkuat kondisi tulang belakang.

Mau tahu rekomendasi obat sakit punggung di apotek? Baca di artikel ini: “5 Rekomendasi Obat Pereda Sakit Punggung yang Manjur

4. Meringankan nyeri sindrom polikistik ovarium (PCOS)

Pose kayang juga baik untuk membantu meringankan nyeri akibat PCOS. Pose tersebut mampu meredakan nyeri punggung bagian bawah, linu panggul, dan kekakuan pada punggung, paha, pinggul, serta pergelangan kaki. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menahan pose kayang selama beberapa detik. Kemudian, ulangi hingga 10 kali. Cara ini juga efektif membantu nyeri selama menstruasi dan kehamilan.

Mau rekomendasi olahraga lainnya yang lebih menantang? Baca di artikel ini: “Ini 7 Manfaat Olahraga High-Intensity Interval Training (HIIT) untuk Kesehatan

5. Fleksibilitas pinggul

Gerakan kayang terbukti meningkatkan fleksibilitas pada kelompok otot di sekitar pinggul. Otot-otot yang diperkuat dengan kayang, termasuk otot perut, punggung, dan paha depan. 

Kelompok otot tersebut berguna untuk membantu menjaga rentang gerak pinggul, sehingga memudahkan seseorang melakukan berbagai aktivitas. Contohnya seperti berjalan, berdiri, berlari, dan menaiki tangga.

Untuk gerakan yoga lainnya, kamu bisa mengetahui lebih lanjut dalam artikel ini: 6 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan di Rumah.

Itulah tahapan melakukan yoga dan manfaatnya bagi tubuh. Jangan ragu untuk menghubungi dokter spesialis di Halodoc apabila mengalami cidera saat melakukan yoga atau olahraga lainnya.

Referensi:
Yoga Journal. Diakses pada 2023. Bridge Pose.
Very Well Fit. Diakses pada 2023. How to Do Supported Bridge (Setu Bandha Sarvangasana) in Yoga.
WebMD. Diakses pada 2023. How to Do a Bridge Yoga Pose.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan