• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi yang Ibu Wajib Tahu
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi yang Ibu Wajib Tahu

Ini Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi yang Ibu Wajib Tahu

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 14 Desember 2022

“Penyebab umum lidah putih pada bayi adalah sisa susu yang menumpuk pada lidah. Untuk membersihkannya, ibu harus melakukannya dengan perlahan-lahan dan lembut agar tidak melukai lidah bayi.”

Ini Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi yang Ibu Wajib TahuIni Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi yang Ibu Wajib Tahu

Halodoc, Jakarta – Saat bayi baru berusia mingguan atau beberapa bulan, ibu mungkin melihat lidah bayi terlihat putih setelah menyusu. Penyebab umum lidah putih pada bayi adalah sisa penumpukan susu. Bayi tidak memiliki air liur sebanyak anak yang lebih besar dan orang dewasa.

Hal ini menyebabkan bayi memiliki lebih sedikit cairan di mulut untuk membersihkan susu dari lidah. Membersihkan lidah bayi pun tidak boleh sembarangan. Ibu harus melakukannya dengan perlahan-lahan dan lembut agar tidak melukai lidah bayi yang masih lunak. Ibu juga harus mengenali penyebab lidah putih pada bayi untuk memahami cara mencegahnya. 

Penyebab Lidah Putih pada Bayi

Selain sisa ASI atau susu, infeksi jamur juga bisa menjadi penyebab lidah bayi putih. Candida albicans adalah jamur yang sering menyebabkan lidah putih pada bayi.

Daya tahan tubuh bayi masih berkembang, sehingga tubuhnya tidak cukup kuat melawan infeksi. Pada akhirnya, bayi mudah mengalami penyakit jamur ini.

Selain itu, penggunaan antibiotik dalam waktu lama juga dapat meningkatkan kemungkinan bayi terkena infeksi jamur. Hal ini karena antibiotik dapat melemahkan bakteri baik yang ada di lidah, serta mempermudah pertumbuhan jamur di mulut dan lidah bayi.

Cara Membersihkan Lidah Putih pada Bayi

Membersihkan lidah dan gusi bayi adalah proses yang relatif sederhana, dan ibu tidak memerlukan banyak persediaan. Satu-satunya hal yang ibu perlukan adalah air hangat dan kain lap atau kain kasa.

Setelah itu, ibu bisa melakukan beberapa langkah ini di rumah.

  1. Cuci tangan terlebih dahulu.
  2. Ambil sepotong kecil kain atau kain kasa dan lilitkan di sekitar jari.
  3. Basahi kain dengan air hangat.
  4. Pegang bayi dengan satu tangan
  5. Gunakan tangan lainnya untuk membuka mulut bayi dengan lembut.
  6. Letakkan jari di lidah bayi dan gosok perlahan permukaan lidah secara melingkar.
  7. Setelah lidah bersih, gosok gusi dan bagian dalam pipi bayi.

Ibu sebaiknya membawa anak ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan jika sudah mencoba cara-cara di atas namun lidah putih tidak kunjung hilang. Dokter akan meresepkan obat antijamur jika lidah bayi yang putih diakibatkan oleh infeksi jamur.

Dokter mungkin akan meresepkan salah satu dari dua obat antijamur, yaitu:

  • Mikonazol. Saat merawat lidah putih, obat antijamur ini sering dipilih, dan biasanya diberikan dalam bentuk gel. Obat ini mudah digunakan yakni cukup dengan memberikan obat pada ujung jari yang bersih ke lidah putih bayi.
  • Nistatin. Obat ini tersedia dalam bentuk tetes, sehingga lebih mudah diberikan pada bayi. Ibu dapat menggunakan obat ini, jika obat mikonazal tidak cocok untuk bayi.

Selain itu, ibu dapat mengobati lidah putih bayi yang baru lahir akibat infeksi jamur dengan memberikan yogurt yang mengandung bakteri sehat.

Itulah penjelasan tentang cara membersihkan lidah putih pada bayi. Apabila ibu perlu konsultasi terkait masalah kesehatan Si Kecil, cobalah berkonsultasi ke dokter. Kamu pun bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Cleaning Your Baby’s Tongue at Any Age.
Insider. Diakses pada 2022. How to Clean Your Baby’s Tongue.