Ini Cara Mencegah Cedera saat Bermain Sepak Bola

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Oktober 2022

“Cedera adalah salah satu risiko yang dialami oleh seseorang yang gemar bermain sepak bola. Jika kamu rutin melakukan olahraga ini, ada baiknya tahu cara mencegah cedera sebelum terjadi.”

Ini Cara Mencegah Cedera saat Bermain Sepak BolaIni Cara Mencegah Cedera saat Bermain Sepak Bola

Halodoc, Jakarta – Sepak bola adalah salah satu olahraga yang banyak dimainkan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, sebentar lagi pagelaran paling besar di dunia, yaitu Piala Dunia 2022 akan digelar di Qatar pada November hingga Desember mendatang. Tentunya semakin banyak orang yang ingin ikut meramaikannya.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami cedera, termasuk pertambahan usia dan tingkat permainan yang lebih intens. Keseleo dan ketegangan pada kaki memang sangat umum terjadi saat bermain sepak bola.

Selain itu, benturan yang terjadi dengan pemain lain juga dapat menyebabkan seseorang dapat mengalami cedera. Berbagai cara ini ampuh untuk mencegah cedera saat bermain sepak bola. Sehingga, risiko untuk mengalami masalah ini dapat diturunkan dengan efektif.

Cara Mencegah Cedera yang Perlu Diketahui pada Pesepakbola

1. Melakukan Persiapan yang Tepat Sebelum Bermain

  • Menjaga kebugaran: 

Pastikan kondisi fisik dalam kondisi baik saat bermain sepak bola, terutama jika mengikuti suatu tim untuk bertanding dalam satu musim. Saat sedang sepi pertandingan, tetap jaga kebugaran tubuh dengan rutin berolahraga.

  • Melakukan pemanasan:

Sebelum latihan atau bertanding, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Otot yang dingin membuat seseorang lebih rentan mengalami cedera. Jika pemanasan yang dilakukan berupa peregangan, lakukan secara perlahan dan lembut.

  • Lakukan pendinginan:

Pendinginan yang dilakukan di akhir latihan perlu dilakukan agar tubuh tidak mudah cedera. Hal ini membantu untuk mengurangi nyeri otot dan menjaga otot tetap fleksibel.

  • Menjaga tubuh terhidrasi:

Sangat perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk menurunkan risiko terjadinya cedera. Seseorang yang mengalami dehidrasi, bahkan ringan, dapat merusak kinerja tubuhnya secara atletik. Saat tubuh kekurangan cairan, tubuh tidak dapat mendinginkan diri secara efektif melalui keringat dan penguapan.

Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsi air putih yang cukup sebelum, selama, dan setelah bermain sepak bola. Selain itu, tubuh juga perlu mendapatkan istirahat yang cukup agar dapat memulihkan diri.

2. Menggunakan Peralatan yang Tepat

  • Pastikan untuk menggunakan pelindung tulang kering agar memberikan perlindungan lebih pada kaki bagian bawah.
  • Kenakan sepatu dengan pull jika bermain di lapangan rumput.
  • Gunakan bola sintetis agar tidak menyerap air saat bermain di lapangan basah.

3. Memastikan Area Bermain Sepakbola Aman

  • Permukaan lapangan bermain harus dijaga dalam kondisi baik, seperti tidak ada lubang dan rumput yang tidak rata.
  • Pastikan gawang yang digunakan tidak keropos atau rentan rubuh.
  • Perhatikan cuaca saat bermain, jika sedang terjadi badai petir, tinggalkan lapangan dan langsung masuk ke dalam ruangan.

Setiap orang yang rutin bermain sepak bola perlu tahu beberapa cara pencegahan ini. Dengan begitu, risiko untuk mengalami cedera bisa dihindari, termasuk pada anak-anak, sebab mungkin saja memengaruhi masa depannya. Perhatikan semua alat yang berguna untuk memberikan perlindungan dalam keadaan baik.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait cara mencegah cedera saat bermain sepak bola, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban dari ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Ortho Info. Diakses pada 2022. Soccer Injury Prevention.
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Soccer – preventing injury.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan