Ini Cara Mengatasi Begah saat Hamil

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Juli 2021
Ini Cara Mengatasi Begah saat HamilIni Cara Mengatasi Begah saat Hamil

“Ada beberapa keluhan yang kerap dirasakan oleh ibu hamil, salah satunya adalah perasaan begah dan kembung di perut. Masalah ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman jika tidak segera diatasi. Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa cara yang efektif untuk atasi begah saat hamil.”

Halodoc, Jakarta – Saat hamil, perubahan fisik yang terjadi pada tubuh dapat menimbulkan beberapa keluhan ringan. Salah satu yang kerap dirasakan adalah perasaan kembung dan begah di perut. Tentu saja masalah ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga perlu diatasi agar tidak mengganggu aktivitas. Nah, ibu bisa tahu beberapa cara atasi begah saat hamil pada ulasan berikut ini!

Cara Efektif Atasi Begah saat Hamil

Begah saat hamil adalah masalah yang terbilang umum untuk terjadi. Alasannya, tubuh wanita menghasilkan lebih banyak gas selama hamil akibat lebih banyak hormon progesteron yang dapat melemaskan otot-otot di tubuh, termasuk juga saluran pencernaan. Dengan begitu, pencernaan menjadi lebih lambat yang menimbulkan kembung dan bersendawa, terutama setelah makan besar.

Baca juga: Kenali 4 Penyebab Ibu Merasa Begah saat Hamil

Selain itu, makanan yang dikonsumsi juga sangat berpengaruh terhadap hal ini. Terutama zat karbohidrat yang dapat menjadi penyebab utama dari perut kembung. Di sisi lain, protein dan lemak hanya menghasilkan sedikit gas secara langsung, meskipun lemak dapat menyebabkan rasa kembung dan gas karena memperlambat sistem pencernaan.

Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa cara untuk atasi begah saat hamil. Berikut ini beberapa caranya:

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk atasi begah saat hamil adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, ibu dapat membantu sistem pencernaan untuk tetap bergerak guna menghindari sembelit. Masalah ini disebut-sebut yang menjadi penyebab utama timbulnya gas sehingga mengalami kembung.

2. Konsumsi Makanan Berserat

Ibu juga perlu mengonsumsi lebih banyak makanan berserat untuk menghindari sembelit agar begah saat hamil tidak terjadi. Cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi sayuran daun hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah-buahan. Semua makanan tersebut dipercaya dapat mengatasi pertumbuhan gas di dalam tubuh. Maka dari itu, cobalah rutin mengonsumsi lebih banyak serat setiap hari.

Jika ibu ingin tahu lebih jauh tentang pola makan sehat saat hamil, dokter kandungan dari Halodoc siap memberikan bantuan yang tepat. Dengan download aplikasi Halodoc, ibu dapat berinteraksi dengan ahli medis melalui fitur Chat atau Voice/Video Call pada smartphone yang dimiliki. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Perut Kembung saat Hamil

3. Porsi Lebih Kecil tapi Lebih Sering

Wanita hamil perlu membuat perencanaan makan setiap hari untuk menghindari begah atau perut kembung. Cobalah untuk mengakalinya dengan makan sebanyak enam kali porsi kecil dibandingkan tiga porsi besar. Hal ini mampu mencegah sistem pencernaan dari kelebihan muatan, sehingga tidak terjadi gas berlebih yang menimbulkan begah.

4. Makan dengan Perlahan

Semakin cepat ibu menghabiskan makanan yang dihidangkan, udara yang masuk juga semakin banyak. Udara tersebut akan berada di perut dan menimbulkan perasaan begah serta kembung. Maka dari itu, sebaiknya untuk makan dengan lebih santai guna mencegah terjadinya begah saat hamil.

Baca juga: 4 Gangguan Pencernaan Saat Hamil dan Cara Mengatasinya

5. Konsumsi Probiotik

Cara lainnya untuk cegah begah saat hamil adalah dengan mengonsumsi probiotik. Beberapa makanan yang kaya akan kandungan probiotik, seperti yoghurt dan kefir, dapat membantu untuk mendukung bakteri baik di usus. Dengan begitu, kemungkinan untuk mengalami gas berlebih dan sembelit lebih kecil.

Nah, sekarang ibu tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi begah saat hamil. Beberapa cara yang telah disebutkan juga dapat memberikan manfaat lainnya, bukan hanya mengatasi masalah pada pencernaan. Selain itu, ibu juga perlu berolahraga secara rutin setiap hari untuk menyehatkan tubuh secara keseluruhan.

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2021. Gas and bloating during pregnancy.
What to Expect. Diakses pada 2021. What to Do About Bloating During Pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan