Ini Cara Sederhana Mengatasi Telinga Gatal Akibat Jamur

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Oktober 2022

“Telinga gatal yang disebabkan oleh jamur dapat menimbulkan rasa tidak nyaman atau bahkan sangat mengganggu. Maka dari itu, perlu tahu cara ampuh untuk atasi masalah tersebut segera.”

Ini Cara Sederhana Mengatasi Telinga Gatal Akibat JamurIni Cara Sederhana Mengatasi Telinga Gatal Akibat Jamur

Halodoc, Jakarta – Rasa gatal bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, termasuk juga telinga. Nah, ada banyak sekali gangguan yang membuat telinga terasa sangat gatal, dari sesuatu yang ringan hingga berat. Salah satunya adalah pertumbuhan jamur.

Seseorang yang mengalami masalah ini pada telinganya perlu ditangani segera. Sebab jamur dapat menimbulkan infeksi telinga yang dapat membahayakan. Bukan hanya itu, gangguan pada telinga ini juga dapat mengganggu aktivitas harian.

Cara Mengatasi Telinga Gatal Akibat Jamur atau Otomikosis

Telinga yang gatal akibat jamur dapat terjadi pada saluran yang membentang dari lubang telinga hingga ke gendang di dalamnya. Nah, istilah medis dari kondisi ini disebut juga dengan otomikosis.

Ada beberapa pilihan pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi telinga gatal akibat jamur, antara lain:

1. Pembersihan telinga

Untuk menghilangkan jamur pada telinga, dokter dapat melakukan pembersihan menyeluruh agar penumpukan dan kotoran menghilang. Cara pembersihannya bisa menggunakan cairan khusus atau metode lainnya. Sebaiknya tidak dilakukan sendiri karena bisa menimbulkan masalah lainnya yang mungkin lebih berbahaya, seperti gendang telinga pecah.

2. Penggunaan obat tetes telinga

Jamur yang tumbuh di telinga sehingga menimbulkan perasaan gatal bisa diatasi dengan penggunaan obat tetes antijamur. Obat ini ampuh untuk atasi otomikosis, contohnya adalah klotrimazol dan flukonazol.

Pilihan obat lainnya untuk atasi jamur di telinga adalah asam asetat. Larutan 2% asam asetat diteteskan ke telinga beberapa kali per hari selama kurang lebih satu minggu. Pilihan lainnya adalah dengan obat tetes aluminium asetat 5%.

3. Pengobatan rumahan

Ada beberapa obat rumahan yang bisa digunakan untuk mengatasi telinga gatal akibat jamur. Namun, alangkah lebih baiknya untuk berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu.

Salah satu yang bisa digunakan adalah hidrogen peroksida encer, mampu membantu dalam menghilangkan penumpukan kotoran di telinga. Pilihan lainnya adalah obat yang mengandung karbamid peroksida.

Saat berenang, ada baiknya untuk menggunakan penyumbat telinga agar air tidak masuk. Selain itu, kamu bisa jadi menggunakan pengering rambut untuk menghilangkan kelembapan di telinga. Namun, pastikan menggunakan pengaturan yang terendah dan hindari menggunakannya terlalu dekat dengan telinga.

Pada kebanyakan kasus, pengobatan dengan antijamur sudah mampu mengatasi otomikosis. Namun, beberapa orang mungkin mengalami infeksi jamur yang kronis, sehingga perlu mendapatkan penanganan langsung dari dokter spesialis telinga.

Penanganan oleh ahlinya juga perlu dilakukan jika gejala ini semakin parah dan terus berlanjut setelah pengobatan. Jika mengidap diabetes, sistem imun yang lemah, atau masalah kesehatan kronis, tindakan pengobatan ada baiknya ditentukan oleh dokter ahlinya.

Nah, itulah beberapa cara pengobatan telinga gatal akibat jamur yang bisa dilakukan. Namun jika sudah melakukan pengobatan yang telah disebutkan dan tidak kunjung sembuh, segera dapatkan penanganan dari dokter spesialis.

Kamu perlu tahu, lho, pemesanan untuk pemeriksaan kesehatan telinga bisa dilakukan lho melalui fitur janji medis dari aplikasi Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan kapan dan dimana saja melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Otomycosis: What You Need to Know.
Patient. Diakses pada 2022. Fungal Ear Infection.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan