Ini Cara Sederhana untuk Mengatasi Kolik pada Bayi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Januari 2023

“Kolik adalah kondisi yang sangat normal dialami oleh bayi saat berusia 3-4 bulan. Ibu bisa mengatasi kolik dengan menggendong dan memberikan belaian pada anak.”

Ini Cara Sederhana untuk Mengatasi Kolik pada BayiIni Cara Sederhana untuk Mengatasi Kolik pada Bayi

Halodoc, Jakarta – Kolik adalah salah satu kondisi yang umum terjadi pada bayi ketika bayi menangis dalam waktu yang cukup lama tanpa penyebab pasti. Biasanya, kondisi ini rentan terjadi pada bayi yang berusia 3 hingga 4 bulan. 

Bukan hanya bayi yang merasa kelelahan dan tidak nyaman akibat tangisan yang sulit dihentikan, kolik juga bisa memicu stres dan gangguan cemas pada ibu yang baru saja melahirkan. Agar kondisi ini dapat membaik, sebaiknya ketahui cara sederhana mengatasi kolik pada bayi.

Cara Sederhana Mengatasi Kolik pada Bayi

Kolik bukan suatu tanda bayi mengalami gangguan kesehatan. Kondisi ini sangat sering dialami oleh bayi di awal-awal kehidupannya. Saat kolik, bayi bisa menangis selama tiga jam. Biasanya, dalam seminggu bayi akan mengalami kondisi ini selama tiga hari.

Ada beberapa kondisi yang menandakan bayi mengalami kolik, seperti:

  • Tangisan yang sangat kuat bahkan seperti berteriak atau kesakitan.
  • Waktu yang dapat diprediksi, biasanya saat sore hingga malam hari.
  • Wajah yang menjadi memerah.
  • Tubuh yang kaku.
  • Tangan yang mengepal.
  • Kaki tertarik ke atas.

Tangisan bayi yang sulit dihentikan membuat ibu kerap merasa stres hingga cemas terhadap kondisi kesehatan anak. Namun, sebaiknya lakukan beberapa cara sederhana untuk mengatasi kolik agar kondisi bayi menjadi lebih tenang. 

Berikut cara yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Berikan pelukan pada bayi

Saat anak kolik, sebaiknya gendong dan berikan pelukan pada bayi. Buatlah bayi dalam posisi yang nyaman agar kolik yang dialami bisa segera membaik.

2. Berjalanlah saat menggendong bayi

Hal lain yang bisa ibu lakukan selain memeluk bayi dengan menggendong dan berjalan-jalan. Ibu bisa berjalan di dalam kamar untuk membuat bayi menjadi lebih tenang dan nyaman. 

3. Gunakan selimut yang nyaman

Cara lain yang bisa dilakukan dengan memberikan bayi selimut yang nyaman. Namun, pastikan ibu tidak menyelimuti anak terlalu rapat dan kencang. Jika ibu ingin membedong anak, pastikan anak masih bisa bergerak dengan leluasa.

4. Mandikan dengan air hangat

Saat sore hari, ibu bisa mencoba mandikan bayi dengan air hangat. Hal ini akan membuat bayi menjadi lebih nyaman dan bersih untuk beristirahat.

5. Berikan belaian pada anak

Ibu juga bisa memberi belaian pada anak, terutama pada bagian punggung. Kebiasaan ini akan membuat anak merasa lebih nyaman sehingga bisa beristirahat dengan baik.

6. Gunakan cahaya yang redup dalam kamar

Jangan lupa untuk memastikan kamar tidur dalam kondisi bersih dan nyaman. Gunakan cahaya yang tidak terlalu terang pada malam hari, agar bayi bisa lebih nyaman untuk beristirahat.

7. Gunakan white noise

Ibu juga bisa menyalakan white noise untuk menemani anak beristirahat, seperti suara hujan atau suara suasana hutan yang bisa mendistraksi anak. Selain white noise, memutarkan musik yang sangat lembut untuk bayi juga bisa dilakukan untuk membuat bayi menjadi lebih nyaman. 

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kolik pada bayi. Tangisan bayi juga bisa terjadi akibat adanya gangguan kesehatan. Segera kunjungi rumah sakit jika bayi mengalami demam tinggi, tidak mau mengonsumsi ASI seperti biasa, feses yang berbentuk cair, muntah, hingga menjadi kurang aktif.

Ibu bisa cari rumah sakit terdekat dan janji dokter menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga. Pemeriksaan kesehatan lebih dini tentunya membuat perawatan dan pengobatan untuk anak menjadi lebih mudah dilakukan.

Referensi:

NHS. Diakses pada 2023. Colic.

Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Colic.

Kids Health. Diakses pada 2023. Colic.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan