Ini Dokter Spesialis Ini Bisa Bantu Perawatan Down Syndrome

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   18 Januari 2024

“Nyatanya, merawat anak dengan Down Syndrome bukanlah hal yang mudah. Ibu pun bisa berkonsultasi dengan dokter anak di Halodoc terkait perawatan yang paling tepat untuk dilakukan.”

Ini Dokter Spesialis Ini Bisa Bantu Perawatan Down SyndromeIni Dokter Spesialis Ini Bisa Bantu Perawatan Down Syndrome

DAFTAR ISI

  1. Rekomendasi Dokter Spesialis Anak yang Bisa Bantu Perawatan Down Syndrome
    1. dr. Erlin Sp.A
    2. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc
    3. dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A
    4. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed
    5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Halodoc, Jakarta – Sindrom Down atau trisomi 21, adalah kelainan genetik yang umumnya disebabkan oleh kelebihan kromosom 21. Seseorangd dengan sindrom Down memiliki tiga salinan kromosom 21, bukan dua seperti yang seharusnya. Kondisi ini dapat memengaruhi perkembangan fisik dan mental seseorang.

Beberapa orang dengan sindrom Down juga dapat mengalami masalah kesehatan seperti masalah jantung, gangguan pendengaran, dan masalah saluran pencernaan.

Secara intelektual, orang dengan sindrom Down mungkin mengalami keterbatasan dalam perkembangan kognitif dan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih rendah dibandingkan dengan populasi umum. 

Karena alasan ini orang tua dengan anak yang mengidap sindrom ini perlu memahami perawatan yang tepat untuk keberlangsungan hidup sang anak.

Rekomendasi Dokter Spesialis Anak yang Bisa Bantu Perawatan Down Syndrome

Jika kamu atau orang terdekat ada yang sedang merawat anak dengan kondisi sindrom Down atau Down syndrome, ada baiknya untuk menghubungi dokter spesialis anak di Halodoc.  

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis anak yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Mereka juga memiliki rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

1. dr. Erlin Sp.A

Rekomendasi dokter anak pertama yang bisa ibu hubungi adalah dr. Erlin Sp.A.

Ia mendapatkan gelar dokter umum dari Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Atmajaya Jakarta pada 2005.

Setelah itu, ia melanjutkan studi ke San Juan De Dios Educational Foundation, Filipina, pada 2013 dan Universitas Sam Ratulangi Manado hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter anak pada 2019.

Dokter Erlin kini berpraktik di Bogor dan tergabung sebagai anggota IDI (Ikatan Dokter Indonesia) dan IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Berekal pengalaman selama 19 tahun, dr. Erlin Sp.A. mampu memberikan layanan konsultasi kesehatan anak di Halodoc, termasuk sindrom Down. 

Selain itu, ia juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, bayi lahir kecil dan prematur, kesehatan remaja, hormon anak dan alergi serta imunitas anak. 

Chat dr. Erlin Sp.A mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc

Dokter Dandung Bawono Sp.A, M.Sc merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. 

Ia berhasil meraih gelar dokter umum pada 2004 dan kemudian melanjutkan studi di kampus yang sama hingga akhirnya mendapatkan gelar dokter spesialis anak pada 2009. 

Ia kini berpraktik di Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 20 tahun, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait Down syndrome pada anak.

Selain gangguan darah, dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc juga bisa memberikan konsultasi terkait DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak serta perkembangan anak.

Chat dr. Dandung Bawono Sp.A, M.Sc mulai dari Rp 89.000,- di Halodoc

3. dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A

Rekomendasi dokter lain yang bisa ibu hubungi, yaitu dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A. Ia adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran, Jakarta, pada 2001.

Kemudian ia melanjutkan studinya ke Universitas Sam Ratulangi, Manado hingga akhirnya mendapat gelar dokter spesialis anak pada 2019.

Kini dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A berpraktik di Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A. bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait sindrom Down.

Selain itu, Down Syndrome Ternyata Bisa Dicegah dengan Cara Ini.

Ibu juga bisa berkonsultasi dengan dokter Gracia terkait nafsu makan dan nutrisi anak, perkembangan anak, DBD dan penyakit tropis, pencernaan anak, alergi dan imunitas anak, serta bayi lahir kecil dan prematur.

Chat dr. Gracia Deswita Natalya Fau Sp.A mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc

4. dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed

Selanjutnya, ibu bisa menghubungi dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2006 dan 2018.

Kini ia berpraktik di Lamongan, Jawa Timur, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 17 tahun, dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait sindrom Down.

Chat dr. Bayu Kurniawan Sp.A, M.Biomed mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin

Ibu bisa mengubungi dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2008 dan Universitas Airlangga pada 2020.

Dokter Dwi Lestari Avianti kini berpraktik di Tanjungpinang, Kepulauan Riau, dan tergabung sebagai anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Dengan pengalaman selama 16 tahun, dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar sindrom Down.

Chat dr. Dwi Lestari Avianti Sp.A, M.Ked.Klin mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis anak yang bisa ibu hubungi terkait Down sindrom pada Si Kecil.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, ibu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Down syndrome.
Web MD. Diakses pada 2024. Down Syndrome.
Healthline. Diakses pada 2024. Down Syndrome.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan