Ini Dosis Aman Albendazole untuk Anak yang Terinfeksi Cacing Pita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 Juni 2023

“Jika anak usia 2 hingga 4 tahun mengalami infeksi cacing pitang biasa, maka dosis yang direkomendasikan yaitu 400 mg atau sekitar 1 tablet. Apabila usianya di atas 4 tahun, berikan dosis sebanyak 600 mg atau 1,5 tablet.”

Ini Dosis Aman Albendazole untuk Anak yang Terinfeksi Cacing PitaIni Dosis Aman Albendazole untuk Anak yang Terinfeksi Cacing Pita

Halodoc, Jakarta – Cacing pita merupakan salah satu jenis parasit yang dapat menginfeksi saluran pencernaan, termasuk anak-anak. Untuk mengobati kondisi tersebut, termasuk jika terjadi pada anak-anak, orang tua dapat memberikan albendazole. Sebab, obat tersebut umum orang gunakan untuk mengobati infeksi cacing pita pada anak-anak.

Namun, penting bagi orang tua untuk mengetahui dosis yang aman dari albendazole untuk anak-anak yang terinfeksi cacing pita. Pastikan untuk memberikannya sesuai dengan arahan dokter atau petunjuk pada label kemasan. Simak lebih lanjut untuk mengetahui dosis aman albendazole untuk anak-anak yang terinfeksi cacing pita!

Dosis Albendazole untuk Anak-anak

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dosis yang tepat untuk mengobati infeksi cacing pita pada anak-anak yaitu:

  1. Infeksi cacing pita biasa (Taenia saginata)
  • Usia 2-4 tahun: 400 mg (1 tablet)
  • Usia di atas 4 tahun: 600 mg (1,5 tablet)
  1. Infeksi cacing pita babi (Taenia solium) atau cacing pita ikan (Diphyllobothrium spp):
  • Usia 2 hingga 4 tahun: 400 mg (1 tablet)
  • Usia di atas 4 tahun: 800 mg (2 tablet)

Ahli menyarankan, pemberian dosis albendazole pada anak sebaiknya kamu lakukan sekali saja, kecuali dokter memberikan instruksi medis lain. Dosis tersebut biasanya bisa kamu ulang setelah 2 minggu jika infeksi berulang atau infeksi bersifat berat. 

Sementara itu, dosis dan efektivitas obat ini dalam bentuk sirup atau suspensi untuk anak bisa kamu berikan berdasarkan pada berat badannya, yaitu 15 mg/kg. Misalnya, anak berusia 1-2 tahun memiliki berat badan antara 10 -12 kilogram. Untuk menghitung dosis obat ini, kamu membutuhkan (15 x 10 hingga 12 kg) 150-180 mg.

Namun umumnya dosis standar untuk anak yang usianya kurang dari 2 tahun yaitu sebanyak 200 mg (obat tablet). Sedangkan dosis sirup untuk anak usia 1-2 tahun adalah 5 mililiter (ml). Jika anak berusia lebih dari 2 tahun, dosis bentuk sirup untuk anak yaitu satu botol penuh yaitu sekitar 10 ml.

Mengalami Infeksi Cacing Pita? Segera Hubungi Dokter Ini untuk konsultasi dan perawatan lebih lanjut.

Haruskan Diminum atau Sesudah Makan?

Waktu terbaik untuk meminum albendazole untuk anak tergantung pada jenis infeksi cacing yang terjadi pada anak.

  • Minum cacing sebelum makan jika cacing menyerang usus. Misalnya Si Kecil mengalami cacing usus. Dalam kondisi ini sebaiknya minum obat dalam keadaan perut kosong, karena tubuh tidak memerlukan obat tersebut di dalam darah.
  • Minum setelah makan, jika terkena cacing sistemik. Apabila cacing berada dalam darah atau jaringan tubuh, seperti cacing pita anjing atau cacing pita babi, maka tubuh memerlukan albendazole dalam darah. 

Umumnya, obat ini akan cepat terserap ke dalam darah jika kamu minum dengan makanan. Sebaiknya minum albendazole dengan makanan berlemak, seperti susu atau keju. Sebab, penyerapan obat ini meningkat lima kali lipat jika albendazole diminum dengan makanan berlemak.

Albendazole merupakan obat yang efektif untuk mengobati cacing pita pada anak-anak. Dosis aman yang direkomendasikan oleh WHO tergantung pada jenis infeksi dan usia anak. Namun tetap penting untuk bertanya pada dokter sebelum memberikan obat pada anak, karena dosis bisa berbeda tergantung pada kasus setiap individu. 

Mengikuti arahan dari dokter akan membantu memastikan pengobatan yang efektif dan aman untuk anak yang terinfeksi cacing pita. Selain informasi di atas, baca juga lebih lanjut artikel berikut Inilah Obat Cacing yang Aman dan Cocok untuk Anak-Anak

Referensi:
World Health Organization. Diakses pada 2023. Guidelines for the treatment of helminth infections. Geneva: World Health Organization.
Pharmacist Opinions. Diakses pada 2023. Albendazole dose for kids in worm infestation – The Miracle Anthelmintic
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Albendazole (Oral Route)

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan