• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Terkait Vaksin
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Terkait Vaksin

Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Terkait Vaksin

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 November 2022

“Ada banyak jenis vaksin yang telah menjadi langkah pencegahan utama terhadap berbagai penyakit menular. Vaksinasi memungkinkan tubuh mengendalikan penyakit yang berpotensi mengancam nyawa.”

Ini Hal Penting yang Wajib Diketahui Terkait VaksinIni Hal Penting yang Wajib Diketahui Terkait Vaksin

Halodoc, Jakarta – Vaksin merupakan cara yang aman dan sederhana untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh guna membangun daya tahan terhadap mikroorganisme penyebab penyakit. Setelah menjalani vaksinasi, seseorang akan memiliki tingkat perlindungan atau kekebalan terhadap penyakit berbahaya tersebut. Vaksin mengandung bagian dari virus atau bakteri dalam keadaan lemah, yang nantinya akan memicu respon dari sistem kekebalan tubuh. 

Vaksin sebenarnya tidak akan menyebabkan penyakit atau komplikasi kesehatan. Namun, masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa vaksin dapat membahayakan tubuh sehingga mereka enggan mendapatkannya. Oleh karena itu, kamu perlu tahu dulu fakta-fakta tentang vaksin berikut ini!

Fakta yang Penting tentang Vaksin

Vaksinasi memungkinkan tubuh mengendalikan penyakit yang berpotensi mengancam nyawa, seperti misalnya selama pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak percaya dan takut untuk mengambil vaksin karena menganggap memiliki efek samping yang berbahaya.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal penting yang wajib diketahui terkait vaksin:

1. Vaksinasi Aman jika Sesuai Prosedur

Vaksin adalah prosedur yang pasti aman. Semua jenis vaksin yang kini beredar telah melalui beberapa pengujian secara ketat dan melalui banyak putaran studi, pemeriksaan, dan penelitian sebelum digunakan kepada masyarakat umum.

Sebagian besar penelitian dan bukti menunjukkan bahwa vaksin aman dan efek sampingnya jarang terjadi. Efek samping vaksin juga umumnya ringan. Kasus vaksin yang tidak mampu mencegah penyakit biasanya berasal dari kesalahan dalam melakukan prosedurnya. 

Risiko terbesar adalah saat memilih untuk tidak mendapatkan vaksin. Oleh karena itu, penyakit pun bisa menyerang dan menyebabkan komplikasi. Ingat, gejala penyakit mungkin jauh lebih buruk daripada potensi efek samping dari vaksin.

2. Membantu Mencegah Penyakit Berbahaya

Sistem kekebalan tubuh bertugas melindungi tubuh dari patogen yang menyebabkan infeksi. Mereka bekerja dengan membuat mikroorganisme keluar atau melacaknya dan menyingkirkannya.

Namun, beberapa patogen dapat bertahan dan tidak hilang oleh sistem kekebalan tubuh. Ketika ini terjadi, itu dapat menyebabkan penyakit serius.

Ketika tubuh tidak mengenali patogen tersebut, hal ini yang paling mungkin menyebabkan penyakit. Pada tahap ini, vaksinasi adalah cara untuk melatih sistem kekebalan untuk mengenali dan menghilangkan suatu organisme yang belum dikenali sebelumnya. Dengan begini, tubuh akan siap jika nantinya terpapar. 

3. Vaksin Melindungi Banyak Orang

Vaksin tidak hanya melindungi kamu. Ini dapat melindungi orang-orang di sekitar kamu, terutama orang-orang yang tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan dosis vaksin. Jadi, jika kamu ingin menjaga orang-orang terdekatmu dari paparan penyakit menular, salah satu upayanya adalah vaksinasi.

4. Komponen Setiap Jenis Vaksin Berbeda

Terdapat banyak jenis vaksin yang telah melalui berbagai macam pengujian untuk setiap virus dan penyakit. Setiap jenis vaksin dibuat dengan komponen yang berbeda. Hal ini dapat  memberikan efek samping yang berbeda di setiap jenis vaksin.

Namun, efek samping vaksin biasanya ringan dan tidak berbahaya. Ingat, yang terpenting adalah memerhatikan anjuran dokter sebelum dan sesudah vaksin.

Itulah pembahasan seputar fakta vaksin yang perlu kamu ketahui. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung pada dokter. Pakai aplikasi Halodoc untuk cek kesehatan rutin yang lebih mudah dengan memanfaatkan layanan janji medis. Yuk, download Halodoc secara gratis di App Store atau Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know about Vaccinations.
NICD. Diakses pada 2022. What You Need to Know about Vaccines in General.