Ini Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memasang Diamond Gigi

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   30 Juni 2023

“Berlian gigi merupakan jenis implan yang bisa seseorang pilih untuk mengganti gigi asli mereka. Meski umumnya dilakukan jika gigi mengalami kerusakan, implan ini juga bisa digunakan untuk tujuan estetik.”

Ini Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memasang Diamond GigiIni Hal yang Perlu Diketahui sebelum Memasang Diamond Gigi

Halodoc, Jakarta – Sejak beberapa tahun silam, minat kelompok masyarakat tertentu terhadap aksesoris untuk gigi semakin meningkat. Mungkin fenomena ini terdengar janggal, tapi ini bukanlah hal yang asing bagi para dokter gigi. Kini, sudah ada banyak pasien di seluruh penjuru dunia yang datang ke dokter gigi untuk memasang implan yang eksentrik. Salah satunya adalah pemasangan berlian gigi.

Berlian gigi merupakan jenis implan gigi yang tersedia di pasaran. Meski namanya berlian. sebenarnya ia terbuat dari titanium atau porselen agar bisa terpasang dengan aman pada pasien. Jenis implan ini tergolong kuat, tidak berpori, dan juga tahan lama. Jika kamu adalah salah satu orang yang penasaran untuk mencoba berlian ini, simak terlebih dahulu berikut ini seputar manfaat, prosedur pemasangan, dan komplikasinya!

Manfaat Berlian Gigi

Implan gigi merupakan gigi buatan yang dokter tanamkan pada tulang rahang pasien. Pengganti gigi biasa ini cukup kuat untuk mendukung aktivitas gigi dan mulut sehari-hari. Prosedur ini telah menjadi populer karena bisa membuat penggunanya seakan-akan memiliki gigi yang sempurna.

Dalam konteks ini, sempurna berarti gigi tidak akan rusak, busuk, atau copot. Selain itu, pemasangan implan juga bisa menghilangkan rasa sakit ketika mengunyah. Umumnya seseorang akan melakukan prosedur ini jika gigi mereka mengalami kerusakan. Tapi, ada juga situasi di mana seseorang akan meminta dokter mengganti gigi yang sehat dengan implan untuk tujuan estetik.

Prosedur Pemasangan Berlian Gigi

Dalam memasang berlian gigi, prosedurnya tidak akan jauh berbeda dengan operasi implan gigi pada umumnya. Berikut tahap-tahapnya yang perlu kamu perhatikan:

1. Konsultasi dengan dokter gigi

Pertama-tama, sebelum melakukan prosedur kamu perlu mengunjungi dokter gigi yang bisa memasang perhiasan gigi. Konsultasi ini sangat penting untuk mendiskusikan bentuk, jenis, dan juga opsi implan yang tersedia.

Untuk berlian gigi sendiri, terdapat banyak pilihan variasi warna dan bentuk. Pada tahap ini, kamu akan memilih berlian yang sesuai untuk pemasangan nanti.

2. Persiapan gigi

Sebelum pemasangan mulai, gigi yang akan diganti atau dipasangi berlian perlu dokter bersihkan dengan hati-hati. Proses ini melibatkan pengecekan menyeluruh terhadap kondisi gigi agar tidak ada masalah seperti gigi yang patah, busuk, atau berlubang yang bisa memicu infeksi. Ini adalah tahap yang sangat penting sebab ada Komplikasi yang Dapat Terjadi karena Infeksi Gigi.

3. Pemasangan berlian

Kemudian, berlian yang sudah pasien pilih akan melalui pemotongan dan penyesuaian agar ukurannya sesuai. Lalu, tahap selanjutnya adalah pemasangan ke gigi.

Biasanya, seorang ahli gigi akan menggunakan bahan perekat khusus yang aman untuk menempelkan berlian pada gigi. Bahan perekat ini biasanya tidak merusak gigi dan jenis tertentu juga bisa dilepas.

4. Pengecekan

Setelah pemasangan, ahli gigi akan memeriksa kembali untuk memastikan berlian terpasang dengan baik dan aman. Mereka juga akan memastikan bahwa kamu akan merasa nyaman ketika menggigit, berbicara, dan makan dengan adanya berlian tersebut.

Risiko Komplikasi

Nah, setelah kamu mengetahui bagaimana prosedur pemasangannya, jangan langsung gegabah untuk mencari dokter gigi yang bisa memasang berlian gigi. Kamu juga perlu mengetahui beberapa risiko komplikasi dan kekurangan prosedur ini.

Penting untuk kamu ingat bahwa tidak semua prosedur implan berlian gigi sukses untuk dokter lakukan. Bahkan, sekitar 50 persen prosedurnya tidak berhasil terpasang sempurna. Karena itu, besaran uang yang harus kamu keluarkan untuk prosedur ini bisa terasa terlalu mahal mengingat kemungkinan gagalnya. Terlebih lagi, berlian gigi perlu perawatan rutin setiap beberapa tahun. 

Operasi implan itu sendiri juga memiliki risiko tersendiri. Meski jarang dan minor, beberapa komplikasi yang bisa terjadi adalah infeksi pada area implan, kerusakan pada gigi lain atau pembuluh darah sekitarnya, kerusakan saraf, dan juga masalah sinus. 

Terakhir, bagi sebagian orang gigi baru mereka bisa terasa lebih sensitif. Mengingat bahwa seluruh komplikasi dan risiko ini bisa terjadi setelah proses pemasangan yang panjang, kamu mungkin bisa mempertimbangkan dahulu jenis implan gigi yang lain. 

Itulah hal-hal yang kamu perlu ketahui tentang proses implan berlian gigi. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan tentang prosedur ini, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Dents Implant. Diakses pada 2023. Diamond Tooth Implants: The Latest Fashion Trend to Keep Your Smile Shining Bright.
Royal Implant. Diakses pada 2023. Implanting Diamonds on Teeth.
MayoClinic. Diakses pada 2023. Dental implant surgery.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan