• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Jenis dan Cara Mengobati Kanker Rahim
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Jenis dan Cara Mengobati Kanker Rahim

Ini Jenis dan Cara Mengobati Kanker Rahim

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 15 Desember 2022

“Kanker rahim adalah jenis kanker yang mematikan dan sangat umum terjadi. Oleh karena itu, penting untuk para wanita mengetahui jenis dan cara mengobati kanker ini.”

Ini Jenis dan Cara Mengobati Kanker RahimIni Jenis dan Cara Mengobati Kanker Rahim

Halodoc, Jakarta – Kanker rahim adalah jenis kanker yang terjadi pada area rahim. Kanker ini terjadi ketika sel-sel abnormal berkembang di dalam rahim dan mulai tumbuh di luar kendali. Kanker stadium awal seringkali tidak menunjukkan gejala tertentu. 

Kanker rahim dapat menyebar ke daerah rahim lainnya, termasuk organ rahim, lapisan rahim, dan sekitarnya. Mayoritas wanita yang didiagnosis risiko kanker ini biasanya berusia 20-30 tahun.

Jenis Kanker Rahim yang Perlu Diketahui

Ada dua jenis utama kanker rahim dan mereka dibedakan berdasarkan letak pada bagian rahimnya:

  • Kanker endometrium berkembang di endometrium atau lapisan dalam rahim. Ini salah satu jenis kanker ginekologi yang paling umum. Kanker ginekologi adalah kanker yang memengaruhi sistem reproduksi.
  • Kanker uterine sarkoma yang berkembang di miometrium atau di dinding otot rahim. Namun, jenis kanker ini sangat jarang.

Namun, jika berdasarkan jenis sel tumor, kanker ini terbagi menjadi tiga jenis, antara lain:

1. Sel Tumor Epitel

Lapisan tipis jaringan luar ovarium adalah tempat sel-sel jenis kanker ini pertama kali muncul. Sebagian besar kanker rahim yaitu sekitar 90 persen adalah jenis tumor epitel.

2. Sel Tumor Stroma

Bentuk kanker khusus ini berkembang di jaringan rahim yang mengandung sel-sel penghasil hormon.

Dibandingkan dengan kanker lainnya, tumor ini sering terdeteksi lebih awal dalam perkembangannya. Tumor stroma adalah 7 persen dari total kasus kanker rahim.

3. Tumor Sel Germinal

Jenis kanker ini awalnya berkembang pada sel penghasil sel telur. Wanita yang lebih muda lebih mungkin terkena kanker jenis rahim ini.

Cara Menangani Kanker Rahim

Pembedahan histerektomi total untuk mengangkat rahim, leher rahim, saluran tuba, dan ovarium adalah terapi yang biasa dokter lakukan untuk kanker jenis ini. Pencucian panggul juga dapat dilakukan oleh ahli bedah. Dalam proses ini, dokter akan mencuci perut dengan larutan air garam. 

Pembedahan saja mungkin cukup untuk beberapa wanita. Namun, kamu memerlukan lebih banyak terapi jika kamu memiliki tumor yang lebih besar.

Ada kemungkinan sel kanker telah menyebar ke luar rahim. Kamu mungkin memerlukan terapi pemindaian seperti terapi radiasi, kemoterapi, atau brakiterapi vagina yang mendistribusikan bahan radioaktif ke sel kanker untuk mencegah kekambuhan kanker.

Dokter juga dapat merekomendasikan pengobatan progestin jika kamu dalam stadium 1A dan masih ingin memiliki anak. Hormon-hormon progestin tersebut dapat membantu mengecilkan kanker atau menghilangkan sementara sehingga kamu tetap bisa hamil. 

Namun, opsi ini bisa berbahaya jika tidak diawasi secara ketat. Ada risiko hormon tidak bekerja dan kanker akan menyebar.

Itulah penjelasan tentang jenis dan cara mengobati kanker pada rahim. Apabila kamu perlu konsultasi terkait masalah kesehatan, cobalah berkonsultasi ke dokter

Kamu pun bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cancer. Diakses pada 2022. Uterine Cancer.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Uterine Cancer.