Ini 10 Keunggulan Pressed Juice Dibandingkan Jus Biasa

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 September 2023

“Salah satu perbedaan mendasar dari pressed juice dan jus biasa terletak pada alat yang dipakai. Kandungan nutrisi dalam pressed juice juga lebih tinggi, karena terdiri dari sari buah dan sayuran.”

Ini 10 Keunggulan Pressed Juice Dibandingkan Jus BiasaIni 10 Keunggulan Pressed Juice Dibandingkan Jus Biasa

Halodoc, Jakarta – Pressed juice adalah minuman yang terbuat dari sari buah dan sayur. Minuman ini tidak mengandung bahan tambahan, seperti air, gula, susu, dan bahan pengawet lain yang berpotensi membahayakan.

Pressed juice diolah dengan mesin khusus yang bekerja dengan menekan buah dan sayuran untuk mengambil sarinya. Minuman ini menjadi pilihan peserta diet atau pelaku pola hidup sehat untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. 

Perbedaan Jus Biasa dan Pressed Juice

Jus biasa dan pressed juice merupakan minuman sehat yang berbahan dasar buah atau sayuran. Namun, ada beberapa perbedaan mendasar antara jus biasa dan pressed juice, antara lain:

1. Mesin jus biasa mengandung panas 

Jus biasa menggunakan blender atau juicer dengan pisau tangan yang memutar dengan kecepatan tinggi. Proses ini menghasilkan panas yang berisiko mengoksidasi buah dan sayuran di dalamnya. Dampaknya, menurunkan kandungan nutrisi dan gizi, serta enzim baik.

2. Penurunan jumlah nutrisi

Penurunan jumlah nutrisi tak hanya dipicu oleh pemanis atau perasa buatan. Penyebab lainnya, yakni logam pisau yang tajam dan panas dari putaran blender. Proses itu menyebabkan oksidasi dan merusak dinding sel buah dan sayuran.

3. Rasanya tidak autentik

Tak hanya hambar, rasa autentik dari buah dan sayuran juga akan terpengaruh oleh pemanis buatan. Karena kandungan itu, nutrisi dan gizi yang seharusnya baik untuk tubuh, manfaatnya jadi tidak akan optimal.

4. Tinggi gula

Jus biasa terbuat dari tambahan air dan perasa, seperti, sirup, gula, atau susu agar lebih nikmat. Jika tidak, air dalam jus akan membuat rasa asli buah dan sayuran menjadi hambar. Penggunaan pemanis buatan ini berisiko menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berdampak pada hiperglikemia.

Gula dalam jus buah juga berisiko membahayakan bagi pengidap diabetes. Klik artikel ini untuk lebih jelasnya Benarkah Jus Buah Jadi Pantangan Makanan untuk Pengidap Diabetes?

5. Ekstraksi tidak maksimal

Blender atau juicer tidak mampu mengeluarkan sari buah dan sayur. Alat ini masih menyisakan ampas yang mengandung nutrisi. Ampas yang sebenarnya mengandung tinggi vitamin justru terbuang sia-sia.

Keunggulan Pressed Juice Dibandingkan Jus Biasa

Perbedaan mendasar dari pressed juice dan jus biasa adalah mesin untuk mengolahnya. Pada jus biasa, blender atau juicer menghasilkan panas, sehingga nutrisi buah dan sayurnya menghilang akibat proses oksidasi.

Agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik, kamu membutuhkan 400 gram buah dan sayur setiap hari. Agar lebih praktis, kisaran angka itu dapat terpenuhi dengan mengonsumsi 250 mililiter pressed juice.

Tergantung dari buah dan sayurannya, pressed juice mengandung banyak vitamin, antioksidan, mineran, enzim, dan nutrisi. Kandungan dari minuman sehat ini  mampu menjaga kesehatan pencernaan dan tubuh secara menyeluruh.

Sementara pressed juice, minuman ini menggunakan slow juicer, sehingga tidak menimbulkan panas. Manfaatnya, mampu mengoptimalkan kandungan baik di dalam buah dan sayuran.

Untuk lebih jelasnya, ini keunggulan pressed juice ketimbang jus biasa:

1. Mengandung 100 persen buah dan sayur asli

Karena tidak mengandung tambahan air dan perasa, seperti, sirup, gula, atau susu, nutrisi di dalam buah dan sayur tetap terjaga dengan baik. Rasanya juga alami dan tidak merubah kualitas kandungan.

2. Tidak memakai pemanis buatan

Jika jus biasa menggunakan pemanis buatan untuk menambah rasa, mengonsumsi pressed juice tetap terasa seperti menikmati buah dan sayuran dalam bentuk cair. Rasa autentik tidak berubah, pun bau dari kandungannya.

3. Kandungan gizi tetap utuh

Mesin khusus tidak memicu oksidasi buah dan sayuran akibat proses pemanasan. Tekanannya juga lebih minim, sehingga kandungan dalam buah dan sayuran tetap utuh. Cara kerjanya dengan menekan sampai keluar sari dari buah dan sayuran untuk mendapatkan vitamin, serat, serta protein. Bila ingin mengetahui gizi dalam Jus, maka kamu bisa Ketahui Fakta Minum Jus untuk Diet di artikel ini.

4. Penuh dengan nutrisi

Karena tidak menghasilkan panas, kandungan vitamin dan mineral dalam sayur dan buah bisa terjamin kualitasnya. Selain itu, antioksidan di dalamnya juga lebih lengkap, sehingga mampu bekerja melindungi tubuh dengan lebih baik.

Agar lebih sehat, kamu bisa klik artikel ini untuk mengetahui Cara Membuat Jus Sayuran yang Sehat, Cocok untuk Diet.

5. Mudah diserap oleh tubuh 

Jika jus biasa masih mengandung serat-serat halus sisa proses buah dan sayuran, pressed juice hanya mengandung sari dalam bentuk air. Karena itu, tubuh jadi lebih mudah menyerap dan mencernanya. 

6. Lebih mengenyangkan

Bagi kamu yang tengah menjalani program diet, cobalah untuk mengonsumsi pressed juice. Karena terbuat langsung dari sari buah, minuman ini lebih mengenyangkan dan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari makan berlebihan.

7. Rasa yang otentik

Rasa otentik dari bahan-bahan yang dipakai tidak hilang begitu saja akibat proses pembuatan. Selama proses berlangsung, tidak ada tambahan air, pemanis apalagi pewarna makanan. Semuanya pure dari buah dan sayuran.

8. Bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan

Dengan mengonsumsi sari buah murni dari pressed juice, vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya mampu meningkatkan kesehatan pencernaan. Cara ini bisa melancarkan sekaligus mencegah gangguan, seperti radang usus.

9. Memenuhi asupan vitamin dan mineral

Pressed juice yang terdiri dari sayur dan buah-buahan dapat membantu memenuhi asupan vitamin dan mineral yang tubuh perlukan. Kandungan itu berfungsi menjaga metabolisme dan memerangi senyawa dari proses oksidasi, seperti radikal bebas. 

Berbicara soal asupan mineral dan vitamin, kamu bisa ketahui 10 Jenis Mineral dan Manfaatnya Bagi Tubuh di sini.

10. Menjaga tubuh tetap bugar

Tubuh membutuhkan 25 sampai 29 gram serat setiap harinya. Memenuhi asupan tersebut dapat membantu tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Untuk mencukupi nutrisi itu, kamu bisa mengonsumsi kombinasi sayur dan buah-buahan. 

Untuk lebih jelasnya terkait dampak pemanis buatan, silakan klik artikel ini “Hati-Hati, Pemanis Buatan Dapat Memicu Diabetes”.

Cara Membuat Pressed Juice yang Sehat dan Enak

Pertama-tama, kamu perlu menyiapkan mesin khusus. Selanjutnya, siapkan buah, sayuran, dan rempah, seperti:

  • 1 buah mentimun kupas.
  • 2 genggam daun bayam.
  • 1 buah nanas madu.
  • 1 jahe dengan ukuran 3 sentimeter.

Selanjutnya, cuci buah, sayuran, dan rempah sampai bersih dan masukkan semua bahan itu ke dalam mesin. Siapkan juga wadah untuk menampung jus dan ampasnya. Setelah selesai, masukkan ke kulkas.

Sebelum memutuskan untuk memilih mesin khusus, kamu perlu memperhatikan watt atau daya listriknya. Jangan sampai memutus aliran listrik karena daya yang terlalu tinggi. Selain itu, lihat juga daya tampungnya.

Tips selanjutnya, yakni pilih produk yang mudah untuk kamu bersihkan. Pilih alat yang mengeluarkan ampas ke dalam wadah terpisah. Alat jenis ini memiliki fitur pembersihan sendiri dan mudah perawatannya.

Itulah perbedaan signifikan antara pressed juice dan jus biasa. Salah satu risikonya adalah lonjakan gula darah akibat tambahan gula dan pemanis buatan.

Namun, bila kamu ingin menciptakan jus sendiri yang sehat dan mudah, berikut Cara Membuat Jus Sayuran yang Sehat, Cocok untuk Diet yang bisa kamu baca di sini

Untuk mengetahui takaran yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, kamu bisa berdiskusi dokter Spesialis Gizi Klinik di aplikasi Halodoc. Tanpa perlu repot, komunikasi dengan dokter bisa kamu lakukan kapan dan di mana saja. Klik gambar berikut untuk berbicara dengan dokter sekarang:

Referensi:
Food Inside. Diakses pada 2023. Cold-Pressed Juice: Hipster Hype or Health Hero?
U.S.A Today. Diakses pada 2023. What is ‘cold-pressed’ juice, and is it really better?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan