• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan yang Kini Langka
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan yang Kini Langka

Ini Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan yang Kini Langka

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 Oktober 2022

“Di balik ukurannya yang kecil, buah kecapi memiliki beragam kandungan nutrisi yang baik, sehingga bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Manfaat kesehatan buah kecapi, termasuk membantu mencegah masalah kesehatan tertentu, meningkatkan imunitas tubuh dan baik untuk pengidap diabetes.”

Ini Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan yang Kini LangkaIni Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan yang Kini Langka

Halodoc, Jakarta – Buah kecapi atau sentul adalah buah kecil dengan daging berwarna putih mirip seperti buah manggis. Buah ini diduga berasal dari Indocina dan Semenanjung Malaya, tapi kini sudah menjadi populer di banyak negara, termasuk di Indonesia.

Punya rasa yang manis dan sedikit asam, buah kecapi sering diolah menjadi manisan, rujak atau marmalade. Tidak hanya lezat, buah eksotis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara ini juga mengandung banyak nutrisi. Itulah mengapa mengonsumsi buah kecapi bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Simak manfaat buah kecapi untuk kesehatan di sini.

Manfaat Buah Kecapi untuk Kesehatan

Buah kecapi dikenal memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari daun, kulit buahnya, hingga buahnya. Itulah mengapa buah yang punya nama latin Sandoricum koetjape ini sering digunakan sebagai obat tradisional.

Sayang, buah kecapi sudah semakin sulit ditemukan sekarang ini. Padahal ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diberikan oleh buah kecapi, antara lain:

1. Menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein atau LDL)

Buah kecapi mengandung serat larut yang bernama pektin. Nah, jenis serat ini bersama dengan kolesterol baik (high density lipoprotein atau HDL) mampu mengikat kolesterol jahat di usus dan mencegah lemak untuk diserap ke dalam sistem peredaran darah. Kadar LDL yang tinggi berkontribusi terhadap berbagai penyakit berbahaya, seperti stroke dan penyakit jantung.

2. Mencegah diabetes

Buah kecapi termasuk salah satu buah yang baik untuk pengidap diabetes. Makanan sehat ini kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik yang rendah. Serat bisa memperlambat pencernaan makanan, sehingga mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Efek ini akan mengontrol kadar gula darah. Hal ini juga baik untuk mengontrol berat badan.

3. Mengatasi diare dan sembelit

Serat dalam buah kecapi juga bisa membantu memperlancar proses buang air besar (BAB). Nutrisi tersebut bisa menarik air keluar dari usus besar atau menyerap kelebihan air dari feses, sehingga konsistensi feses tetap lembut. Hal itu membuat proses buang air besar menjadi lebih mudah.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah kecapi lainnya adalah membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal itu berkat kandungan antioksidan bernama quercetin. Quercetin adalah flavonoid yang bisa ditemukan di sebagian besar sayuran dan buah-buahan.

Antioksidan tersebut bisa mencegah kerusakan sel dan menjaga agar sel tumbuh dengan normal, sehingga memperkuat imun tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam buah kecapi juga bisa meningkatkan stamina.

5. Mencegah kanker

Berkat kandungan antioksidannya juga, manfaat buah kecapi bisa mencegah kanker. Dalam sebuah penelitian, tikus yang memiliki tumor payudara diberi ekstrak buah kecapi utuh setiap hari.

Setelah beberapa waktu, jumlah dan ukuran tumornya berkurang secara signifikan. Meski begitu, manfaat buah kecapi yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

6. Mencegah anemia

Anemia merupakan kondisi yang terjadi akibat tubuh kekurangan sel darah merah yang sehat. Nah, buah kecapi mengandung zat besi, mineral yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Buah yang dijuluki manggis liar ini juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

7. Mengatasi wasir

Wasir adalah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah di saluran anus bengkak, meradang dan berdarah. Hal itu tentu saja bisa menyebabkan rasa nyeri setiap kali BAB. Nah bila kamu sering mengalami masalah kesehatan tersebut, cobalah untuk banyak mengonsumsi buah kecapi. 

Vitamin C dalam buah tersebut bisa membantu mempromosikan endotel sehat di pembuluh darah. Selain itu, kandungan serat di dalamnya juga bisa menjaga tinja dalam konsistensi tinja tetap lunak. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengejan saat buang air besar dan wasir pun bisa dihindari.

Itulah beberapa manfaat buah kecapi untuk kesehatan. Bila kamu sakit atau punya keluhan kesehatan lain, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya. Kamu juga bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Health Benefits. Diakses pada 2022. Health benefits of Santol Fruit.
Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Barat. Diakses pada 2022. Pemanfaatan Sumber Daya Genetik Buah Kecapi Berdasarkan Kearifan Lokal Masyarakat di Jawa Barat