• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Jalan Kaki ke Sekolah untuk Anak dengan Obesitas
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Manfaat Jalan Kaki ke Sekolah untuk Anak dengan Obesitas

Ini Manfaat Jalan Kaki ke Sekolah untuk Anak dengan Obesitas

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Oktober 2022

“Berjalan ke sekolah adalah bentuk olahraga yang bagus untuk anak-anak. Jalan kaki dapat mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung, serta meningkatkan suasana hati.”

Ini Manfaat Jalan Kaki ke Sekolah untuk Anak dengan ObesitasIni Manfaat Jalan Kaki ke Sekolah untuk Anak dengan Obesitas

Halodoc, Jakarta – Obesitas pada anak adalah kondisi medis serius yang dapat memengaruhi anak-anak dan remaja. Anak-anak dengan obesitas dapat juga mengalami masalah kesehatan yang dialami orang dewasa seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. 

Obesitas pada anak juga dapat menyebabkan rendahnya harga diri dan depresi. Salah satu strategi terbaik untuk mengurangi obesitas pada anak-anak adalah dengan membiasakan olahraga dan pola makan sehat. Jalan kaki ke sekolah bisa menjadi cara untuk anak mengurangi obesitas. 

Yuk simak selengkapnya manfaat jalan kaki ke sekolah untuk anak obesitas di sini!

Manfaat Jalan Kaki Ke Sekolah

Anak-anak yang secara teratur berjalan kaki atau bersepeda ke sekolah cenderung tidak mengalami kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan mereka yang bepergian dengan mobil atau transportasi umum. 

Penelitian ini dilakukan oleh para peneliti dari University of Cambridge. Tim peneliti menemukan ada dampak yang signifikan dari aktivitas fisik dan penurunan obesitas pada anak-anak. 

Dari penelitian tersebut ditemukan kalau tidak hanya lemak tubuh yang menurun, melainkan juga terjadi peningkatan massa otot sebagai efek dari peningkatan aktivitas fisik.  Jadi, kalau anak punya kesempatan untuk jalan kaki ke sekolah, ada baiknya orang tua membiarkannya.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat jalan kaki ke sekolah untuk anak obesitas:

1. Menjaga Kesehatan 

Berjalan ke sekolah adalah bentuk olahraga yang bagus untuk anak-anak. Jalan kaki dapat mengurangi risiko obesitas dan penyakit jantung, serta meningkatkan suasana hati.

Jalan kaki juga dapat membantu menciptakan kebiasaan baik untuk gaya hidup aktif. Aktivitas jalan kaki juga membuat anak merasa lebih lelah di malam hari, yang mengarah ke tidur malam yang lebih baik.

2. Petualangan Seru Buat Anak

Jalan kaki ke sekolah adalah aktivitas menyenangkan. Anak-anak dapat melihat banyak hal menarik dalam perjalanannya ke sekolah dan akan lebih mengenal lingkungan sekitar. Jalan kaki juga sangat baik untuk kesehatan mental anak. 

Sebagai bagian dari aktivitas fisik, jalan kaki dapat melepaskan hormon perasaan yang baik, membantu meningkatkan suasana hati dan dapat memberikan petualangan seru pada anak. Ini kemudian juga membantu anak-anak belajar dan meningkatkan kinerja mereka di kelas. 

3. Ramah Lingkungan

Beralih dari naik kendaraan dengan berjalan adalah cara yang bagus untuk mengurangi emisi karbon dioksida (CO2). Ini adalah cara yang baik juga untuk memperkenalkan anak-anak kecil tentang pentingnya melindungi Bumi. 

4. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Berjalan kaki ke sekolah dapat membuat anak merasa lebih mandiri dan percaya diri. Jalan kaki mengajarkan anak mengenai pentingnya keselamatan saat jalan serta keterampilan navigasi dasar. 

Nah, ada baiknya, sebelum mengizinkan anak-anak berjalan ke sekolah sendiri, pastikan mereka siap dan memiliki semua keterampilan keselamatan jalan yang diperlukan.

Perangi Obesitas dengan Jalan Kaki dan Pola Makan Sehat

Sudah terbukti bahwa jalan kaki bisa membantu mengurangi obesitas. Akan tetapi, tentu saja jalan kaki saja tidak cukup. Kombinasi aktivitas fisik dan pengurangan kalori akan membantu penurunan berat badan daripada hanya olahraga.

Aktivitas fisik, seperti berjalan, penting untuk mengontrol berat badan karena membantu membakar kalori. Jalan kaku selama 30 menit pun bisa membakar sekitar 150 kalori. Tentu saja, semakin banyak berjalan dan semakin cepat langkah, maka semakin banyak kalori yang akan dibakar. 

Bagaimanapun, keseimbangan antara pola makan dan aktivitas fisik sangat penting. Melakukannya secara berlebihan dapat meningkatkan risiko rasa sakit, cedera, dan kelelahan. 

Jika kamu baru mengenal olahraga jalan kepada anak, penting untuk memulai dengan jalan-jalan pendek atau berjalan dengan intensitas ringan, dan secara bertahap meningkatkannya dengan jalan-jalan yang lebih lama atau intensitas yang lebih sedang atau kuat.

Itulah informasi mengenai manfaat jalan kaki ke sekolah buat anak. Kalau punya masalah kesehatan pada anak ayah dan ibu bisa memeriksakan kesehatan anak dengan buat janji medis di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play!

Referensi:
Science Daily. Diakses pada 2022. Children who walk to school less likely to be overweight or obese.
Muddy Puddles.com. Diakses pada 2022. 8 Benefits of Walking to School.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Can I lose weight if my only exercise is walking?
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Childhood Obesity.