Ini Manfaat Jus Jambu Kristal untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Oktober 2021
Ini Manfaat Jus Jambu Kristal untuk Kesehatan TubuhIni Manfaat Jus Jambu Kristal untuk Kesehatan Tubuh

“Jus jambu kristal yang dikonsumsi secara rutin disebut bisa memberi banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena beragam kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini, salah satunya vitamin C. Rutin mengonsumsi buah jambu disebut bisa melindungi dari radikal bebas, menjaga kesehatan pencernaan, serta mengontrol tekanan darah.

Halodoc, Jakarta – Jus jambu kristal dikenal memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Bukan tanpa alasan, hal itu disebut bisa terjadi karena kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini. Dalam setiap buah jambu kristal, terdapat sangat banyak kandungan vitamin C. Tidak hanya itu, jambu biji juga disebut memiliki kandungan vitamin A, kalium, serta antioksidan. 

Nutrisi lain juga banyak ditemukan dalam buah jambu, seperti protein, serat, zat besi, dan magnesium. Karena itu, mengonsumsi jus jambu dipercaya bisa membantu memelihara kesehatan tubuh serta menurunkan risiko penyakit. Lantas, apa saja manfaat dari mengonsumsi jus jambu kristal? Temukan jawabannya di artikel berikut! 

Baca juga: Ini Manfaat Tersembunyi Daun Jambu Biji

Beragam Manfaat Mengonsumsi Jus Jambu Kristal

Oleh karena mengandung banyak nutrisi, mengonsumsi jambu kristal, baik secara langsung maupun dijadikan jus bisa memberi banyak manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa di antaranya: 

  1. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas 

Kandungan nutrisi dalam jambu biji berperan sebagai antioksidan. Dengan begitu, rutin mengonsumsi buah ini bisa membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Selain pada buahnya, kandungan antioksidan juga terdapat dalam daun jambu kristal.

Baca juga: Daun Jambu Biji Bantu Redakan Diare, Ini Penjelasannya

  1. Saluran Pencernaan Sehat 

Manfaat lain dari mengonsumsi jus jambu kristal adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Sebab, ada kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah ini, sehingga bisa membantu menurunkan risiko sembelit atau konstipasi. 

  1.  Meningkatkan Imunitas 

Meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, salah satunya jus jambu kristal. Hal ini berkat kandungan vitamin C yang banyak dalam buah ini.

  1. Mengontrol Tekanan Darah 

Rutin mengonsumsi jambu kristal ternyata bisa membantu mengontrol tekanan darah. Tidak hanya itu, jenis buah ini juga bisa menjaga dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi buah jambu kristal. Namun, pastikan untuk mengonsumsinya dengan cara yang tepat, agar manfaat yang didapat bisa maksimal. Jika ingin dijadikan jus, sebaiknya hindari menambahkan pemanis secara berlebihan, atau kental manis. Hal ini bisa menyebabkan peningkatan kalori dari jus dan menurunkan khasiatnya. 

Baca juga: Berbagai Makanan yang Tinggi Kadar Asam Oksalat

Selain dengan mengonsumsi buah jambu kristal, lengkapi juga dengan konsumsi suplemen tambahan untuk menjaga kebugaran tubuh. Temukan kebutuhan vitamin dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. 8 Health Benefits of Eating Guavas.
WebMD. Diakses pada 2021. Super Foods for Optimal Health.
Jsciences. Diakses pada 2021. The Storage Effect against Vitamin C Content in crystal guava (Psidium guajava L.) Juice. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan