Ini Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Cedera Engkel

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Desember 2022

"Cedera engkel ringan umumnya bisa diobati dengan perawatan rumahan. Caranya dengan mengistirahatkan kaki, kompres es dan membalut pergelangan kaki dengan perban elastis."

Ini Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Cedera EngkelIni Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Cedera Engkel

Halodoc, Jakarta – Cedera engkel umumnya terjadi saat seseorang melakukan gerakan ekstrim sehingga pergelangan kaki bergeser dari posisi normalnya. Alhasil, engkel meregang atau bahkan robek. Kondisi ini biasanya terjadi ketika kaki terpelintir, jatuh, berjalan di permukaan yang tidak rata atau terinjak orang lain. 

Pengobatan jenis cedera ini bisa berbeda-beda, tergantung tingkat keparahannya. Namun, cedera engkel biasanya mudah diobati lewat pengobatan rumahan saja. Perawatan berfokus untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan. 

Pengobatan Rumahan untuk Cedera Engkel

Kamu bisa menerapkan metode R.I.C.E selama perawatan cedera engkel. Penanganannya meliputi:

  • Istirahat (Rest) dengan membatasi aktivitas yang memicu ketidaknyamanan dan memperparah rasa sakit. Terlalu banyak beraktivitas bisa membuat engkel semakin membengkak. 
  • Kompres es (Ice) atau rendam kaki ke dalam air es selama 15 sampai 20 menit. Ulangi terapi ini setiap dua sampai tiga jam sekali. Kompres es bertujuan untuk mengurangi pembengkakan.
  • Kompresi (Compression) pergelangan kaki dengan perban elastis untuk membatasi gerakan di bagian engkel. Perawatan ini juga membantu mengurangi pembengkakan.
  • Posisikan kaki lebih tinggi (Elevation) dari jantung, terutama di malam hari. Hal ini membantu dalam mengurangi pembengkakan.

Perawatan Tambahan Lainnya

Selain melakukan perawatan rumahan, kamu juga perlu mengonsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit. Kamu bisa membeli pereda nyeri yang dijual bebas, seperti ibuprofen atau acetaminophen.

Setelah nyeri mereda dan pembengkakan mulai berkurang, dokter meminta kamu untuk melakukan sejumlah gerakan. Tujuannya untuk memulihkan rentang gerak, kekuatan, serta fleksibilitas pada pergelangan kaki. Jika cedera tak kunjung membaik, dokter biasanya akan menyarankan operasi. Tindakan ini dilakukan untuk memperbaiki ligamen yang rusak. 

Siapa yang Paling Berisiko Mengalami Cedera Engkel?

Cedera engkel bisa dialami siapa pun. Akan tetapi, kondisi ini lebih rentan dialami oleh atlet atau orang yang sering berolahraga. Terutama jenis olahraga yang sering melibatkan gerakan melompat, berputar, atau memutar kaki. Misalnya seperti sepak bola, tenis, dan voli.

Seseorang yang pernah mengalami cedera sebelumnya juga berisiko mengalaminya lagi. Bukan itu saja, menggunakan ukuran sepatu yang tidak pas juga bisa menyebabkan cedera engkel. 

Waspadai Tanda-Tanda Cedera Engkel

Ketika mengalami cedera engkel, kamu akan merasakan:

  • Nyeri hebat, terutama di bagian pergelangan kaki.
  • Pergelangan kaki terasa sakit ketika berusaha menahan beban. 
  • Pembengkakan pada kaki atau engkel.
  • Muncuk memar yakni perubahan kulit menjadi kebiru-biruan.
  • Sulit bergerak akibat engkel menjadi kaku dan sakit. 
  • Pergelangan kaki terasa tidak seimbang.
  • Mendengar suara “krek” di bagian yang cedera. 

Tips Mencegah Cedera Engkel

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya terhindar dari cedera engkel, yaitu:

  • Rutin berolahraga supaya otot tidak mudah kaku.
  • Selalu melakukan pemanasan dan peregangan sebelum berolahraga maupun melakukan aktivitas fisik.
  • Perhatikan permukaan yang tidak rata saat berjalan atau berlari.
  • Jangan paksakan tubuh untuk beraktivitas jika sudah merasa lelah. 
  • Kenakan ukuran sepatu yang pas.

Punya keluhan kesehatan? Segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat diagnosis yang tepat. Kalau kamu berencana mengunjungi rumah sakit, buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Sprained ankle.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Sprained ankle.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan