Ini Pentingnya Berimajinasi untuk Perkembangan Otak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   22 Mei 2023

“Berimajinasi sangat penting untuk anak-anak tidak hanya karena bisa menyenangkan, tetapi juga baik untuk perkembangan otak. Anak bisa meningkatkan kemampuan komunikasi, kognitif, kreativitas, dan sosial mereka.”

Ini Pentingnya Berimajinasi untuk Perkembangan OtakIni Pentingnya Berimajinasi untuk Perkembangan Otak

Halodoc, Jakarta – Imajinasi adalah salah satu aspek penting selama masa kanak-kanak. Baik itu berangan-angan menjadi karakter superhero atau bermain rumah-rumahan dari sofa dan selimut, berimajinasi adalah hal yang menyenangkan bagi anak untuk membuat dunia mereka  menjadi lebih seru.

Jangan salah pula, sebab imajinasi tidak hanya bagus untuk meningkatkan suasana hati anak ketika bermain. Hal ini juga krusial bagi perkembangan anak yang sehat. Memberikan ruang untuk anak berimajinasi bisa mendorong perkembangan otak dalam berbagai cara. Simak berikut ini apa saja manfaat imajinasi pada anak!

Manfaat Penting dari Membiarkan Anak Berimajinasi

Mendorong anak untuk menggunakan imajinasi mereka dalam kehidupan sehari-hari bisa mendorong Si Kecil untuk membentuk kemampuan-kemampuan penting untuk pertumbuhannya. Perkembangan otak yang bisa muncul dari berimajinasi antara lain dalam aspek: 

1. Kreativitas

Komponen dasar dari permainan imajinasi adalah kreativitas. Karena objek yang anak bayangkan tidak benar-benar ada, satu-satunya batasan yang ia miliki adalah kreativitasnya sendiri. Karena hal ini, anak bisa melatih kreativitasnya ketika berimajinasi. 

Untuk mengasah kreativitas, orang tua bisa mendorong anak untuk membuat cerita, karakter, dan ide baru saat ia sedang bermain dengan imajinasi. Ketika anak tumbuh dewasa, kreativitas akan sangat bermanfaat untuk membuat ide-ide baru.

2. Penyelesaian masalah

Anak juga bisa melatih kemampuan menyelesaikan masalah saat berimajinasi. Ketika anak sedang bermain, ia akan terdorong untuk memikirkan solusi atau hambatan yang mereka temui. Permainan yang membutuhkan imajinasi adalah cara anak bisa mengasah kemampuan ini dengan cara yang terkontrol dan aman.

Kemampuan menyelesaikan masalah adalah keterampilan yang penting untuk anak miliki. Seiring dengan pertumbuhannya, akan semakin banyak masalah yang mereka temui. Jika mereka sudah terbiasa memikirkan solusi, mereka akan merasa percaya diri di masa depan untuk melakukan hal yang sama.

3. Sosial

Berimajinasi tidak harus anak lakukan sendirian, tetapi bisa juga bersama teman-teman sebayanya. Ini paling sering kamu lihat jika anak sedang berpura-pura bermain peran. Metode bermain ini bisa mendorong anak untuk memerhatikan caranya berinteraksi dengan orang lain, sehingga bisa meningkatkan pemahaman terhadap cara berinteraksi sosial. Berimajinasi juga bisa meningkatkan kesehatan mental anak dari interaksi sosial.

4. Kognitif

Kemampuan kognitif adalah kemampuan utama yang otak gunakan untuk melakukan kegiatan sehari-hari seperti berpikir, belajar, mengingat, dan juga berpikir kritis. Kemampuan ini bisa meningkat saat berimajinasi karena bisa mendorong anak untuk mengasah segala kemampuan ini dalam satu aktivitas.

Maka dari itu, membentuk kemampuan kognitif yang baik sejak dini bermanfaat untuk memastikan fase pembelajaran anak di rumah dan sekolah berjalan lancar. Selain dengan berimajinasi, ibu juga bisa mengetahui Cara-Cara Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak.

5. Komunikasi dan bahasa

Berimajinasi juga penting untuk perkembangan komunikasi dan bahasa anak. Ketika anak bermain dengan karakter tertentu, baik itu dari dunia nyata atau media tertentu, ia akan bereksperimen dengan cara-cara komunikasi yang berbeda. 

Contohnya adalah penggunaan intonasi suara dan kata-kata yang berbeda ketika berakting sebagai orang tertentu. Selain itu, bermain dengan imajinasi bersama anak lain bisa mendorong Si Kecil untuk mendengar teman bermainnya. Aktivitas ini akan mengajarkan anak bagaimana komunikasi dan bahasa bisa muncul dalam beragam bentuk dan.

Itulah pentingnya berimajinasi untuk perkembangan otak anak. Kalau ibu masih memiliki pertanyaan tentang kesehatan dan pertumbuhan anak, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. 

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Miracle. Diakses pada 2023. The Importance of Imagination in Child Development
Teetot. Diakses pada 2023. The Importance of Imagination To a Child’s Development
Mind Matters. Diakses pada 2023. What are Cognitive Skills?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan