Ini Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 April 2022

“Ada beberapa manfaat dari menjaga lingkungan untuk kesehatan. Salah satunya adalah menghindari risiko berbagai penyakit seperti demam berdarah.”

Ini Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan TubuhIni Pentingnya Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Pola hidup sehat tentunya harus dibudayakan dan diterapkan sejak dini. Hal ini dapat dimulai dari diri sendiri, seperti rutin berolahraga, memenuhi asupan harian cairan pada tubuh, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan kebersihan di dalam rumah kamu. Jangan sampai kamu membiarkan genangan air atau sampah yang menumpuk, karena ini bisa menjadi sumber penyakit. 

Selanjutnya, mulailah melihat lingkungan sekitar kamu, karena kebersihan lingkungan sangatlah penting untuk dijaga. Lingkungan yang bersih memiliki banyal sekali manfaat, terutama bagi kesehatan. Namun, kira-kira apa saja manfaat dari menjaga lingkungan untuk kesehatan? Yuk, ketahui penjelasannya di sini! 

Manfaat Menjaga Lingkungan untuk Kesehatan

Meski terkesan sepele, nyatanya menjaga kebersihan lingkungan tidak semudah yang dibayangkan. Masih ada saja tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab yang membuang sampah sembarangan. 

Padahal, dibutuhkan kesadaran semua pihak dan lapisan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Nah, berikut adalah beberapa manfaat dari menjaga lingkungan tetap bersih bagi kesehatan, yaitu: 

1. Lingkungan Sehat akan Terhindari dari Berbagai Penyakit

Kebersihan selalu identik dengan kesehatan. Artinya, manfaat menjaga lingkungan yang pertama adalah membuat kesehatan kamu tetap terjaga. Kamu perlu tahu, bahwa lingkungan bersih saja tak lantas membuat tubuh tidak mudah sakit. Apalagi kalau kamu tidak berusaha menjaga kebersihannya.

Ingat, lingkungan yang tidak bersih menjadi tempat terbaik untuk sarang nyamuk. Belum lagi dengan berbagai bakteri yang turut hidup di dalamnya. Coba bayangkan jika lingkungan sekitar tempat tinggal kamu tidak terjaga kebersihannya. Kondisi tersebut tentunya dapat meningkatkan risiko kamu terserang penyakit seperti tifus atau DBD.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan bahwa dengan menjaga kebersihan lingkungan, seperti tempat tinggal, sekolah, dan rumah ibadah, masyarakat dapat menghindari penyakit. Penyakit tersebut misalnya demam berdarah, hepatitis A, tetanus, kolera, dan demam tifoid. 

2. Lingkungan Sehat Berkaitan dengan Kesehatan Mental

Tidak hanya kesehatan fisik saja yang terjaga ketika kamu memiliki lingkungan yang bersih. Lingkungan yang sehat juga memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan mental seseorang. 

Udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Meningkatnya kualitas hidup seseorang tentunya akan menurunkan risiko gangguan kesehatan mental pada dirinya. Menariknya lagi, hal ini tentunya dapat meningkatkan produktivitas seseorang. 

Bahkan, dari hasil penelitian yang dilakukan, banyak menghabiskan waktu pada lingkungan dengan banyak ruang terbuka hijau membantu untuk menurunkan tingkat kecemasan dan juga depresi. 

3. Lingkungan Sehat Lebih Nyaman untuk Ditinggali

Lingkungan yang bersih dapat membuat kamu lebih nyaman untuk tinggal dan menetap dalam waktu lama. Tidak hanya itu, orang lain pun tidak akan enggan untuk berkunjung. Mereka menilai lingkungan kamu begitu asri dan rapi, serta nyaman untuk ditinggali.

4. Lingkungan Sehat Dapat Menjaga Makanan Tetap Sehat

Sebagian besar makanan yang kamu makan ditanam di ladang atau lahan lainnya. Jika penanaman dilakukan dengan menggunakan zat berbahaya, hal ini tentunya dapat memengaruhi nutrisi dari makanan yang ditanam.

Selain itu lingkungan atau ladang yang kotor tentunya dapat memancing hama atau manifestasi bakteri penyebab penyakit. Oleh karena itu, jagalah lingkungan agar persediaan makanan tetap stabil dan semua makanan yang dikonsumsi tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Itulah manfaat menjaga lingkungan bagi kesehatan tubuh. Usahakan untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih dan asri. Ingat, lingkungan yang bersih turut mendukung kesehatan tubuh dengan baik. 

Di samping itu, pastikan juga untuk selalu memenuhi asupan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh sebagai bagian dari penerapan pola hidup sehat. Agar dapat memenuhinya, pastikan untuk senantiasa mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan suplemen kesehatan.  

Nah, jika saat ini kamu sedang membutuhkannya, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre lama di apotek. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi:
The United Nations Environment Programme. Diakses pada 2022. Healthy Environment, Healthy People.
American Heart Association. Diakses pada 2022. Spend Time in Nature to Reduce Stress and Anxiety.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Diakses pada 2022. Pencemaran Air Bersih Diduga Penyebab Hepatitis A di Pacitan. 
Glogov.org. Diakses pada 2022. Health benefits of a clean environment. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan