Ini Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Oktober 2023

“Dokter spesialis kulit dan kelamin bisa menangani beberapa penyakit, seperti jerawat, psoriasis, sifilis, hingga gangguan pada rambut. Segera temui dokter jika kamu mengalami keluhan pada kulit, agar kondisi tersebut dapat segera ditangani dengan tepat.”

Ini Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Kulit dan KelaminIni Penyakit yang Ditangani oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Halodoc, Jakarta – Mengalami gangguan kesehatan pada kulit dapat memicu gejala yang tidak nyaman. Mulai dari kulit kering, gatal, hingga iritasi. Nah, selain menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh, kamu perlu mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin bila mengalami keluhan kesehatan.

Pertanyaannya, apa saja sih penyakit yang ditangani oleh dokter spesialis kulit dan kelamin?

Penyakit yang Bisa Diatasi Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Kulit adalah organ terbesar yang memiliki banyak fungsi penting untuk tubuh. Untuk itu, kamu perlu merawat kulit dengan baik agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. 

Jangan ragu untuk bertanya pada dokter spesialis kulit dan kelamin jika kamu mengalami beberapa gangguan pada kulit.

Berikut beberapa penyakit yang bisa ditangani oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, yaitu:

1. Jerawat

Jerawat adalah gangguan kesehatan pada kulit yang rentan terjadi pada siapa saja. Jika tidak segera diatasi, jerawat dapat meradang dan menyebabkan rasa nyeri pada kulit.

Nah, jika jerawat tidak membaik dengan pengobatan alami maupun obat yang dijual di apotek, sebaiknya segera kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Dokter spesialis kulit dan kelamin akan mendiagnosa penyebab jerawat. Kemudian, pengobatan juga akan disesuaikan dengan kondisi kulit dan tingkat keparahan jerawat.

Dokter bisa meresepkan obat topikal, seperti antibiotik, retinoid, maupun asam salisilat. Dokter juga bisa memberikan suntikan steroid untuk jerawat nodular atau kistik. Tindakan medis ini dapat meredakan peradangan dan mengatasi rasa nyeri.

Cari tahu alasan muncul secara berulang melalui artikel ini “Alasan Jerawat di Wajah Sering Muncul secara Berulang”.

2. Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, dan mudah terkelupas. Kondisi ini juga menyebabkan kulit terasa sangat gatal. 

Kamu bisa cari tahu berbagai bahan alami untuk mengatasi gatal melalui artikel ini “11 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Gatal pada Kulit”.

Biasanya, psoriasis umum terjadi pada bagian lutut, siku, kulit kepala, hingga punggung bagian bawah. Segera kunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin jika kondisi tersebut semakin memburuk, menimbulkan masalah sendi, hingga menyebabkan gangguan aktivitas sehari-hari.

3. Sifilis

Dokter spesialis kulit dan kelamin juga dapat mengatasi penyakit sifilis. Sifilis atau raja singa adalah penyakit menular seksual yang terjadi akibat infeksi bakteri Treponema pallidum.

Dokter dapat memberikan obat berupa antibiotik bagi pengidap sifilis untuk meredakan gejala dan mengatasi gangguan kesehatan ini. Namun bukan hanya sifilis, dokter spesialis kulit dan kelamin juga bisa melakukan pemeriksaan pada penyakit menular seksual lainnya.

4. Jamur kuku

Dokter spesialis kulit dan kelamin juga bisa melakukan perawatan dan pengobatan terhadap kuku. Salah satu penyakit yang bisa ditangani adalah jamur kuku.

Jamur kuku disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit. Biasanya, kondisi ini sangat rentan terjadi pada kelompok lanjut usia, kebiasaan tidak menggunakan alas kaki pada tempat yang lembap, memiliki daya tahan tubuh yang rendah, dan memiliki sirkulasi darah yang buruk.

Waspada jika kuku terlihat menebal, muncul bintik putih pada kuku, kuku menjadi rapuh, hingga menimbulkan bau yang tidak sedap dari kuku.

5. Folikulitis

Kondisi ini terjadi ketika folikel rambut mengalami peradangan. Folikulitis biasanya ditandai dengan benjolan kecil seperti jerawat, kulit gatal, peradangan dan kemerahan pada area benjolan.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dapat menangani penyakit ini dengan memberikan obat-obatan yang sesuai. Obat bisa berbentuk krim, pil, atau shampo yang berfungsi melawan infeksi jamur.

6. Penyakit kulit lainnya

Selain lima keluhan di atas, masih banyak penyakit lainnya yang bisa ditangani oleh doker kulit, antara lain:

  • Alergi kulit.
  • Eksim.
  • Dermatitis atopik atau seboroik.
  • Herpes.
  • Infeksi jamur.
  • Gonore.
  • Kanker kulit.
  • Chlamydia.
  • Cacar air.
  • Kudis.
  • Kurap.
  • Bisul

Tidak ada salahnya kamu mencari tahu berbagai cara untuk merawat kesehatan kulit melalui artikel Ini 9 Cara Merawat Kulit agar Tampak Sehat dan Cerah.

Jika kamu butuh produk kesehatan yang bagus untuk merawat kulit, kamu bisa mengeceknya di Toko Kesehatan Halodoc. Klik gambar berikut untuk mendapatkan produk kesehatan yang kamu butuhkan kapan dan di mana saja:

toko kesehatan halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Dermatologist.
Web MD. Diakses pada 2023. Dermatologist.
Metro Dermatology. Diakses pada 2023. When Should You See a Dermatologist About Acne?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan