Berbagai Pilihan Obat Kurap Paling Ampuh agar Cepat Sembuh

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 April 2024

"Penyakit Kurap disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit. Untungnya, ada beberapa obat kurap paling ampuh yang bisa membasmi jamur sekaligus meredakan gejala, seperti Daktarin, Canesten, Salep Kulit 88, Interbi Cream, hingga Zoloral Cream yang bisa kamu beli di Halodoc."

Berbagai Pilihan Obat Kurap Paling Ampuh agar Cepat SembuhBerbagai Pilihan Obat Kurap Paling Ampuh agar Cepat Sembuh

DAFTAR ISI:

Halodoc, Jakarta – Kurap adalah kondisi saat jamur menginfeksi kulit, seperti di kaki, selangkangan, badan, tangan, bahkan wajah. Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya area bersisik berwarna kemerahan pada kulit. Nah, biasanya ruam ini berbentuk cincin yang gatal dan kadang bisa terasa panas.

Tidak semua jamur membahayakan manusia, tetapi bila jamur berkembang dan bertumbuh dengan sangat cepat pada tubuh manusia, maka perlu diwaspadai.

Namun, kamu tak perlu khawatir lagi, sebab banyak pilihan obat kurap paling ampuh yang bisa kamu dapatkan. Mau tahu apa saja rekomendasinya?

Ini Obat Kurap yang Paling Ampuh

Berikut ini berbagai pilihan obat kurap paling ampuh yang bisa kamu oleskan pada bagian yang sakit:

1. Daktarin Cream 5 g

Pilihan obat kurap pertama adalah Daktarin yang sudah lama dikenal sebagai obat oles kulit yang mengandung zat aktif Miconazole Nitrate 2%. 

Senyawa miconazole akan bekerja dengan menghancurkan bakteri dan jamur penyebab infeksi.

Jika kamu menggunakannya sesuai petunjuk dokter, maka obat ini bisa mengatasi penyakit infeksi kulit yang diakibatkan oleh berbagai jenis jamur serta infeksi yang disebabkan karena bakteri gram positif.

Untuk menggunakan obat kadas kurap ini, kamu bisa mengoleskan salep ini dua kali sehari pada bagian kulit yang terinfeksi selama 2-6 minggu.

Pastikan kamu mengoleskan krim setelah bagian yang sakit dibersihkan dan dikeringkan.

Penggunaan krim pun harus kamu lanjutkan setidaknya tujuh hari setelah hilangnya semua tanda-tanda infeksi hilang. 

Ini perlu kamu lakukan untuk mencegah infeksi kembali kambuh.

Kisaran harga: Rp30.200 per tube. 

Dapatkan Daktarin Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Interbi 1% Cream 5 g

Pilihan obat kadas kurap paling ampuh selanjutnya adalah Interbi 1% Cream 5. Dengan kandungan terbinafine  di dalamnya, obat ini ampuh melawan infeksi jamur yang disebabkan oleh dermatofita seperti trikofiton, Microsporum canis, dan Epidermophyton floccosum.

Untuk penggunaannya, oleskan obat kurap ini sebanyak 1-2 kali sehari pada kulit yang terinfeksi dan daerah sekitarnya secara tipis dengan gosokan lembut. Bersih dan keringkan area yang terluka lalu keringkan sebelum penggunaan salep. 

Rentang harga: Rp48.000 – Rp50.800 per tube. 

Dapatkan Interbi 1% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Jamur tak hanya bisa menyerang orang dewasa, tapi juga bayi. Baca selengkapnya di sini: “Mengenal Jenis Infeksi Jamur pada Bayi dan Cara Mengatasinya”.

3. Salep Kulit 88 6 g

Kamu juga menggunakan Salep Kulit 88 untuk mengatasi kurap. Obat kurap ini adalah jenis obat luar yang mengandung Salicylic acid, Benzoic acid, dan Sulfur praecipitatum.

Tak hanya kurap, salep ini bisa mengatasi penyakit lain seperti mata ikan, panu, kudis, dan kutu air.

Untuk menggunakannya, oleskan 3 kali sehari secukupnya pada bagian yang sakit dan gatal.

Rentang harga: Rp15.900 – Rp17.700 per pot.

Dapatkan Salep Kulit 88 6 g Di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain dengan salep, kamu juga bisa Menghilangkan Kurap dengan Bahan Alami.

4. Fungiderm 1% Cream 5 g

Obat kadas kurap yang juga tak kalah ampuh adalah krim Fungiderm. Krim ini memiliki kandungan zat aktif Clotrimazole yang mampu mengatasi dermatomikosis atau infeksi kulit akibat jamur. 

Contohnya seperti gatal, kutu air, panu, infeksi jamur di kulit kepala, kurap, kandidiasis pada kulit dan kuku.

Kamu bisa mengoleskannya 2-3 kali pada bagian yang terinfeksi selama 10-14 hari secara teratur.

Kisaran harga: Rp16.900 per tube.

Dapatkan Fungiderm 1% Cream 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Canesten Pro Cream 5 g

Obat kurap lainnya yang juga ampuh dan bisa kamu coba adalah Canesten Pro Cream.

Krim ini mengandung bifonazol 1 persen yang mampu mengatasi kutu air dan infeksi jamur lainnya, seperti panu, kadas, kurap, dan eritasma di daerah lipatan.

Untuk menggunakannya, pertama-tama cuci tangan dulu sebelum mengoleskan obat. Kamu juga harus membersihkan area kulit yang terinfeksi, lalu keringkan.

Kamu juga harus membersihkan area kulit yang terinfeksi, lalu keringkan.

Setelah itu, oleskan krim Canesten Pro ke area kulit tersebut dan ratakan dengan lembut sebanyak 1 kali sehari.

Rentang harga: Rp36.600 – Rp43.800 per tube.

Dapatkan  Canesten Pro 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Resida SC Cair 10 ml

Resida SC Cair adalah obat cair yang dapat mengatasi gangguan kulit akibat jamur seperti kurap, kadas, dan panu. Obat ini juga efektif untuk meredakan rasa gatal-gatal yang ditimbulkan akibat infeksi jamur tersebut. 

Kandungan dari obat ini yaitu asam salisilat, asam benzoat, menthol, camphora, dan tea tree oil. Gunakan obat ini dengan cara dioleskan sebanyak tiga kali sehari pada bagian yang sakit. 

Kisaran harga: Rp9.500 per botol.

Dapatkan Resida SC Cair 10 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Zoloral 2% Cream 10 g

Krim kurap lainnya adalah Zoloral 2% Cream 10 g. Obat kurap ini mengandung zat aktif ketokonazol yang bersifat sebagai antijamur dengan spektrum luas, sehingga dapat membunuh jamur dengan efektif. 

Dokter juga meresepkan obat kurap ini untuk mengobati tinea cruris, tinea manus, tinea pedis (kutu air), kandidiasis kulit, dan tinea versicolor (panu). 

Untuk masalah kulit seperti kurap, kutu air, dan kandidiasis, obat ini dapat dioleskan 1 kali sehari pada kulit yang terinfeksi. Sementara panu, cukup dioleskan 1 kali sehari hingga 2 minggu. 

Rentang harga: Rp26.100 – Rp34.500 per tube.

Dapatkan Zoloral 2% Cream 10 g di Toko Kesehatan Halodoc.

8. New Astar Cream 15 g

New Cream Astar adalah obat topikal yang berguna untuk mengatasi rasa gatal akibat keringat, jamur (panu dan kudis), dan zat kimia tertentu. 

Obat ini juga dapat mengatasi eksim, gatal sekitar alat kelamin, athlete’s foot, dan barber’s itch. Di dalam sediaan ini terkandung difenhidramin HCl, sulfur, dan asam undesilenat yang dapat meredakan rasa gatal.

Cukup oleskan dua kali sehari pada bagian yang sehari. Jangan gunakan obat kurap ini pada area sekitar mulut, mata, atau bagian yang sedang meradang parah serta luka terbuka. 

Rentang harga: Rp10.700 – Rp25.000 per tube.

Dapatkan New Astar Cream 15 g di Toko Kesehatan Halodoc.

9. Erphamazol 1% Krim 5 g

Nah, pilihan obat kurap terakhir yang bisa kamu pertimbangkan adalah krim Erphamazol. Obat ini dapat mengobati infeksi jamur seperti kandidiasis, trikomoniasis, dan juga panu. 

Kamu bisa mengoleskannya pada bagian yang terinfeksi dua kali sehari, pagi dan malam hari. Efektif atau tidaknya obat ini bekerja dapat dilihat dengan berkurangnya rasa gatal pada minggu pertama pemakaian. 

Rentang harga: Rp7.600 – Rp9.300 per tube.

Dapatkan Erphamazol 1% Krim 5 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Ada beberapa pilihan bahan alami juga yang bisa dipertimbangkan untuk mengobati penyakit kurap. Ini daftarnya: “Bahan Alami untuk Menangani Penyakit Kurap”.

Itulah informasi mengenai rekomendasi obat kurap paling ampuh yang bisa kamu gunakan. Sekarang, pesan obat tidak perlu keluar rumah, karena ada Toko Kesehatan Halodoc yang bisa diakses kapan dan di mana saja. Pengiriman cepat, 1 jam sampai!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2024. Fungal Diseases. About Ringworms. 
National Institutes of Health. Diakses pada 2024. MedlinePlus. Ringworm. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Diseases & Conditions. Ringworm (Body). 
WebMD. Diakses pada 2024. What You Should Know About Ringworms.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan