Ini Penyebab Hewan Peliharaan Bisa Jadi Sangat Penyayang

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   28 April 2021
Ini Penyebab Hewan Peliharaan Bisa Jadi Sangat PenyayangIni Penyebab Hewan Peliharaan Bisa Jadi Sangat Penyayang

Halodoc, Jakarta - Banyak hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memelihara hewan peliharaan. Bukan hanya menyiapkan lingkungan yang nyaman dan makanan yang sehat, tetapi kamu juga perlu memberikan waktu dan kasih sayang agar hewan peliharaan tidak mengalami stres yang bisa memicu gangguan kesehatan. Perhatian dan kasih sayang menjadi hal yang tidak kalah penting bagi para hewan kesayangan. 

Baca juga: Apa Penyebab Separation Anxiety pada Anjing?

Bahkan, bagi beberapa orang bermain, bercanda, hingga memeluk hewan peliharaan juga bisa membantu mereka mengatasi tingkat stres yang sedang dialami. Nah, kalau perhatian dan kasih sayang sudah diberikan, maka bisa saja hewan peliharaan menjadi sangat manja dan penyayang. Nah, tidak ada salahnya simak beberapa alasan yang memicu hewan kesayangan kamu menjadi sangat penyayang dalam artikel ini!

Inilah Alasan Hewan Peliharaan Menjadi Sangat Penyayang

Banyak jenis hewan yang bisa menjadi hewan kesayangan. Mulai dari anjing, kucing, hingga kelinci. Lalu, apa yang perlu dipersiapkan saat akan memelihara hewan? Selain lingkungan yang cukup aman dan nyaman serta makanan yang tepat, kamu juga perlu memberikan hewan kesayangan perhatian dan kasih sayang yang cukup.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan perhatian dan kasih sayang pada hewan peliharaan. Mulai dari mengajaknya bermain, melibatkan hewan dalam kegiatan sehari-hari, mengelus, hingga memeluk hewan kesayangan. Tindakan ini nyatanya bisa dilakukan untuk memperkuat ikatan emosional atau bonding antara pemilik dan hewan kesayangan.

Selain itu, ada faktor lainnya yang bisa membuat hewan menjadi sangat penyayang. Perubahan lingkungan menjadi penyebab lain mengapa hewan menjadi sangat penyayang. Beberapa hewan memiliki kondisi yang sangat sensitif, terhadap lingkungan baru, suara petir, hingga bunyi-bunyian tertentu. Rasa takut dan tidak nyaman ini membuat hewan menjadi lebih penyayang dengan tujuan mengatasi rasa tidak nyaman yang dialami.

Perubahan pada keluarga pun bisa menjadi alasan lain mengapa hewan menjadi sangat penyayang. Saat bertambah anggota keluarga, biasanya hewan kesayangan akan berlomba untuk mendapatkan perhatian dari pemiliknya, dengan begitu mereka akan menjadi lebih penyayang dibandingkan biasanya. 

Anjing yang berubah menjadi lebih penyayang juga bisa menjadi tanda bahwa anjing sedang merasa bosan. Perasaan ini membuat hewan peliharaan berusaha mencuri perhatian kamu dengan bersandar atau sekedar duduk disamping kamu.

Baca juga: Tips Atasi Cemas Hewan Peliharaan saat Ditinggal Kembali Bekerja

Perhatian dan Gangguan Cemas

Memiliki hewan yang sangat menyayangi pemiliknya tentunya akan menyenangkan. Namun, perhatikan tanda jika hewan peliharaan sudah mengalami gangguan perilaku. Terutama saat pemilik hewan harus meninggalkan hewan kesayangan untuk kepentingan aktivitas yang lain. 

Gangguan perilaku berkaitan dengan gangguan kecemasan. Terlalu banyak mendapatkan perhatian dan kasih sayang membuat hewan peliharaan menjadi merasa sangat nyaman dan aman berada di sekitar pemilik. Namun, saat pemilik hewan akan meninggalkan hewan peliharaan di rumah, hewan akan menunjukkan rasa cemas pada perpisahan.

Pada anjing, biasanya kecemasan akan terlihat dengan perubahan perilaku menjadi lebih mudah menggonggong, menangis, menggaruk pintu, bahkan buang air bukan pada tempatnya. Sedangkan pada kucing, umumnya gangguan perilaku akan terlihat dari tingkah laku kucing yang sering menggaruk-garuk di tempat yang tidak lazim.

Jika kamu menemukan tanda-tanda gangguan perilaku pada hewan peliharaan saat pemilik tidak berada di sekitar hewan, sebaiknya segera tanyakan langsung perubahan perilaku ini pada dokter hewan. Tidak perlu repot, kini kamu bisa gunakan Halodoc untuk berkonsultasi mengenai perubahan perilaku yang dialami hewan kesayangan dengan dokter hewan yang tepat.

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Bikin Anjing Mengalami Stres

Dengan begitu, kamu bisa menghindari gangguan kesehatan maupun mental yang lebih buruk lagi pada hewan kesayangan. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play. Kamu bisa menghubungi dokter hewan kapan dan di mana saja!

Referensi:
Pet MD. Diakses pada 2021. What Causes a Pet to Become Overly Affectionate?
Romper. Diakses pada 2021. The Reasons Why Your Dog Might Be Acting Extra Cuddly Honestly So Cute.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan