Ini Perkembangan Janin saat Kehamilan di Trimester 2

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Januari 2022
Ini Perkembangan Janin saat Kehamilan di Trimester 2Ini Perkembangan Janin saat Kehamilan di Trimester 2

"Ada banyak perubahan yang akan terjadi pada bayi di dalam kandungan saat memasuki trimester 2. Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk mengetahui apa saja perubahan yang terjadi sehingga ibu akan merasa semakin dekat dengan bayi. Bahkan pada periode, ibu sudah bisa memperdengarkan lagu-lagu klasik untuk merangsang pertumbuhan bayi di dalam kandungan."

Halodoc, Jakarta - Trimester 2 terjadi saat kehamilan memasuki bulan keempat hingga bulan keenam. Di saat ini, ibu dapat merasakan janin semakin besar dari hari ke hari. Maka dari itu, setiap wanita hamil benar-benar harus memastikan konsumsi makanan sehat untuk memastikan perkembangan dan pertumbuhan janin. 

Nah, untuk mengetahui segala perkembangan janin pada kehamilan trimester 2, silahkan baca ulasan berikut ini!

Perkembangan Janin yang Terjadi saat Hamil Trimester 2

Saat kehamilan memasuki trimester 2, bayi akan tumbuh dengan cepat dan ibu bisa merasakannya. Bayi yang bertumbuh dapat memberi tekanan pada paru-paru, perut, kandung kemih, hingga ginjal. Setelah itu, ibu juga dapat merasakan pergerakan bayi di trimester ini dan bisa menjadi momen yang tepat untuk memperdengarkan lagu-lagu klasik. Rincian yang dapat ibu ketahui saat hamil trimester 2, antara lain:

  • Bulan ke-4 Kehamilan

Saat ini, jari tangan dan kaki bayi dapat terlihat jelas, disertai dengan kelopak mata, alis, bulu mata, kuku, hingga rambut. Gigi dan tulang juga dapat menjadi lebih padat. Bayi juga sudah mulai bisa menyedot ibu jari, menguap, bahkan meregangkan tubuh. Sistem saraf mulai berfungsi dengan baik di awal trimester ini. 

Organ reproduksi dan genitalia sudah berkembang seutuhnya. Detak jantung bayi juga sudah dapat didengar dan pemeriksaan untuk jenis kelamin bisa ditentukan. Di akhir bulan keempat, bayi yang normal memiliki panjang sekitar 15 sentimeter dengan berat 110 gram.

  • Bulan ke-5 Kehamilan

Pada bulan ini, rambut mulai tumbuh di kepala bayi serta lanugo, yaitu rambut halus yang menutupi bahu, punggung, dan pelipisnya. Bagian ini berguna untuk melindungi bayi dan akan rontok saat bayi akan dilahirkan. Di sisi lain, kulit bayi dilapisi dengan vernix caseosa yang disebut-sebut mampu melindungi kulit bayi dari paparan cairan ketuban yang terlalu lama dan akan lepas sebelum lahir.

Bayi juga mulai aktif untuk bergerak karena ototnya sudah berkembang dan ia melatihnya. Di akhir bulan kelima saat kehamilan, panjang bayi diperkirakan sekitar 25 sentimeter dan beratnya mencapai 200-400 gram. Cobalah untuk mulai aktif berinteraksi dengan cara memperdengarkan lagu atau mengajaknya berbicara.

  • Bulan ke-6 Kehamilan

Di akhir bulan keenam, bayi memiliki panjang sekitar 30 sentimeter dengan berat hampir mencapai 1 kilogram. Kulitnya berwarna kemerahan, memiliki keriput, dan uratnya terlihat melalui kulit bayi yang masih bening. Kelopak mata dan matanya juga mulai terbuka. Bayi mungkin mulai merespons usara dengan bergerak atau meningkatkan denyut nadi. Ibu juga mungkin melihat gerakan menyentak saat bayi cegukan. 

Itulah pertumbuhan bayi saat hamil di trimester 2. Pastikan untuk tetap melakukan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan yang sehat, berolahraga secara rutin, minum banyak air, hingga memastikan konsumsi vitamin untuk menyehatkan kehamilan. Ibu juga tidak boleh sembarangan untuk mengonsumsi obat saat hamil trimester 2, pastikan terlebih dahulu pada dokter.

Ibu juga dapat buat janji pemeriksaan di rumah sakit menggunakan Halodoc. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, ibu bisa menentukan sendiri jadwal yang diinginkan dan dokter sesuai preferensi sendiri. Praktis bukan? Yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!


Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Fetal Development: The 2nd Trimester.
Web MD. Diakses pada 2022. The Second Trimester: Your Baby's Growth and Development in Middle Pregnancy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan