Ini Pilihan Obat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   16 Juni 2023

“Masalah hidung tersumbat rawan menyebabkan aktivitas sehari-hari anak terganggu karena ia kesulitan bernapas dengan lega. Oleh karena itu, ibu perlu memilih obat hidung tersumbat yang efektif pada anak.”

Ini Pilihan Obat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada AnakIni Pilihan Obat untuk Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak

Halodoc, Jakarta –  Ada berbagai pilihan obat untuk hidung tersumbat. Kondisi ini adalah masalah umum yang terjadi pada anak. Masalah ini bisa terjadi sebagai dampak penyakit lain, seperti pilek atau flu. Ketika hidung anak tersumbat, ia cenderung mengalami kesulitan untuk bernapas lega sehingga aktivitas sehari-hari dan suasana hatinya akan terganggu. 

Anak rewel karena masalah kesehatan juga bisa membuat ibu jadi khawatir.  Untungnya, ada beberapa obat untuk hidung tersumbat yang dapat membantu menyelesaikan masalah ini pada Si Buah Hati. Simak beberapa pilihan obat yang dapat ibu gunakan ketika anak mengalami hidung tersumbat berikut ini!

Apa Saja Obat untuk Hidung Tersumbat?

Obat yang bertujuan khusus untuk melegakan hidung tersumbat bisa kamu kenal juga dengan sebutan obat dekongestan. Cara kerja obat ini adalah mengurangi pembengkakan di pembuluh darah hidung sehingga saluran pernapasan terbuka lebih lebar.

Berikut ini beberapa obat dekongestan yang bisa ibu berikan pada anak:

1. Iliadin Dewasa 0.05% Nasal Spray 10 ml

obat untuk hidung tersumbat: Iladin Dewasa

Dapatkan Iliadin Dewasa 0.05% Nasal Spray 10 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Obat dekongestan bisa muncul dalam bentuk obat semprot atau nasal spray. Obat semprot Iliadin ini mengandung zat aktif bernama ozymetazoline. Zat ini bisa meringankan hidung yang tersumbat karena penyakit flu, sinus, atau alergi. Karena bentuknya adalah obat semprot, pastikan ibu mengetahui cara memakaikannya pada anak. 

Pertama-tama, keluarkan dulu sebanyak mungkin lendir yang berada di hidung anak. Lalu, masukkan ujung botol ke lubang hidung dan tekan untuk menyemprotkan obat satu kali ke tiap lubang hidung. Jika sudah, keluarkan botol sebelum berhenti menekan botol. 

Sebaiknya obat ini ibu berikan dua sampai tiga kali sehari dan dalam rentang waktu tidak lebih dari lima hari. Obat ini bisa ibu dapatkan seharga Rp78.000 sampai Rp 86.000 per botolnya.

2. Avamys Nasal Spray

obat untuk hidung tersumbat: avamys nasal spray

Dapatkan Avamys Nasal Spray di Toko Kesehatan Halodoc

Obat untuk hidung tersumbat berikutnya adalah Avamys Nasal Spray. Seperti Iliadin, obat ini juga bisa kamu gunakan dengan cara penyemprotan ke lubang hidung.

Obat ini mengandung flutikason furoat yang termasuk dalam golongan kortikosteroid. Kandungan V bisa membantu mengurangi gejala rinitis alergi seperti hidung tersumbat, bersin, dan hidung gatal.

Dosis pemberian obat ini pada anak di bawah 11 tahun adalah satu semprot sehari. Untuk anak berumur 12 tahun ke atas, dosis awalnya adalah dua semprot sehari sampai membaik lalu menurun ke satu semprot. 

Namun, perlu ibu perhatikan bahwa penggunaan obat ini hanya bisa dengan petunjuk dokter. Jika dokter sudah meresepkan obat ini, ibu bisa membelinya dengan harga Rp186.600 sampai Rp297.300.

3. Sterimar Nose Hygiene and Comfort 50 ml

obat untuk hidung tersumbat: sterimar nose hygiene

Dapatkan Sterimar Nose Hygiene and Comfort 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Kalau kamu ingin menggunakan obat untuk hidung tersumbat yang bisa menjadi obat perawatan hidung, kamu bisa menggunakan Sterimar Nose Hygiene and Comfort. Obat ini bersifat alami karena mengandung air laut, sehingga sangat aman untuk penggunaan pada anak di atas tiga tahun. 

Cara kerjanya adalah mempertahankan kelembapan alami mukosa serta membersihkan kotoran dari hidung sehingga pernapasan lebih lega tanpa hidung tersumbat. Untuk penggunaan pada anak, dosis yang aman adalah satu sampai dua semprot sebanyak tiga sampai empat kali sehari. Obat ini tersedia dengan harga Rp142.000 hingga Rp212.300 per botol.

4. Iliadin Anak Nasal Drops

obat untuk hidung tersumbat: Iladin anak

Dapatkan Iliadin Anak 0.025% Nasal Drops 10 ml di Toko Kesehatan Halodoc

Jika ibu tidak ingin menggunakan obat semprot, cobalah obat Iliadin anak dalam bentuk nasal drops atau obat tetes. Kandungannya sama dengan Iliadin jenis nasal spray, yaitu oxymetazoline yang meredakan hidung tersumbat karena flu, demam, infeksi sinus, atau alergi. Selain itu, harga produknya juga kurang lebih sama yaitu Rp74.000 hingga Rp89.000.

Namun, Iliadin Anak Nasal Drops adalah produk khusus anak dan cara penggunaannya adalah diteteskan ke dalam lubang hidung ketika anak menenggak. Untuk dosis, ibu bisa meneteskan obat ini sebanyak dua kali sehari pagi dan malam, dua sampai tiga tetes dalam tiap lubang hidung. 

Perlu ibu perhatikan, maksimal waktu terapi adalah lima sampai tujuh hari dan penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter karena terdapat Bahaya Jika Mengonsumsi Obat Tidak Sesuai Dosis

5. Modexa Nasal Spray

modexa

Dapatkan Modexa 0.05% Nasal Spray 60 Dosis di Toko Kesehatan Halodoc

Terakhir, ibu juga bisa mencoba Modexa Nasal Spray sebagai obat untuk hidung tersumbat. Obat ini mengandung mometasone furorate yang juga termasuk dalam golongan kortikosteroid.

Jika anak mengalami rinitis alergi seasonal, khususnya dengan intensitas sedang sampai berat, obat ini bisa menekan pembentukan, pelepasan, dan aktivitas dari mediator inflamasi (kinin, histamine, enzim liposomal, dan prostadglandin).

Untuk penggunaannya perlu dengan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika dokter sudah menyatakan aman, dosis untuk anak 2-11 tahun adalah satu semprot di setiap lubang hidung sekali sehari dan untuk remaja dua semprot di setiap lubang hidung sekali sehari. Obat ini bisa ibu dapatkan dengan harga Rp201.100 hingga Rp250.100 per botol.

Itulah berbagai jenis pilihan obat untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak. Masih ada banyak jenis obat untuk mengatasi hidung tersumbat pada anak di Toko Kesehatan Halodoc

Pesan kebutuhan kesehatan di Halodoc pun sangat praktis dan bisa tiba di tempat kamu kurang dari satu jam. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
NHS. Diakses pada 2023. Decongestants.
Iliadin. Diakses pada 2023. ILIADIN® Nose Spray.
Medsafe: The Government of New Zealand. Diakses pada 2023. AVAMYS® Nasal Spray.
VIta4You. Diakses pada 2023. Sterimar Nose Hygiene and Comfort 100 ml.
K24. Diakses pada 2023. Modexa 0.05% Nasal Spray 60 Dosis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan