Ini Tahapan Prosedur Operasi Sinusitis yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Juli 2023

“Prosedur operasi sinusitis juga memiliki risiko dan efek samping yang mungkin terjadi. Contohnya infeksi, perdarahan, atau kelainan pada hidung atau sinus.”

Ini Tahapan Prosedur Operasi Sinusitis yang Perlu DiketahuiIni Tahapan Prosedur Operasi Sinusitis yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Operasi sinusitis adalah prosedur bedah yang berguna untuk mengobati sinusitis yang kronis atau berulang. Tujuannya, yaitu membersihkan dan mengalirkan sinus yang terblokir.

Caranya dengan menggunakan alat endoskopi, yang memungkinkan dokter melihat dan merujuk ke dalam hidung dengan menggunakan kamera kecil melalui rongga hidung.

Tahapan Operasi Sinusitis

Sinusitis adalah kondisi di mana sinus, yaitu rongga-rongga berisi udara di sekitar tulang wajah, menjadi meradang dan terisi oleh lendir. Tahapan prosedur operasi sinusitis secara lengkap sebagai berikut:

1. Evaluasi medis

Sebelum menjalani operasi, pasien akan menjalani evaluasi medis oleh dokter spesialis THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan). Tujuannya untuk memastikan sinusitis dan menilai tingkat keparahan serta jenis sinusitis pada pasien.

Sebelum operasi sinusitis, kamu perlu mengetahui manfaat dan prosedurnya. Klik artikel ini untuk penjelasan lebih lanjut: Pengidap Sinusitis Harus Mendapatkan Operasi, Benarkah?

2. Persiapan pra operasi

Sebelum hari operasi, tim medis akan memberikan penjelasan kepada pasien mengenai tindakan pra operasi. Ini mungkin termasuk instruksi mengenai penghentian penggunaan obat-obatan tertentu, peraturan makan sebelum operasi, dan tindakan khusus lainnya.

3. Anestesi

Saat hari operasi tiba, tim medis akan memberikananestesi agar tidak merasakan sakit selama operasi. Anestesi dapat berupa anestesi umum atau anestesi lokal, tergantung pada jenis operasi dan keputusan tim medis.

4. Akses dan endoskopi

Dokter akan membuat akses ke saluran hidung melalui lubang kecil atau menggunakan teknik endoskopi hidung. Endoskopi hidung adalah prosedur dengan menggunakan alat endoskopi kecil ke dalam hidung, untuk melihat dan mengakses sinus.

5. Pembersihan dan drainase

Dokter akan membersihkan saluran sinus dari lendir, nanah, polip hidung, atau jaringan yang meradang berlebihan. Tujuan dari pembersihan ini adalah untuk memperbaiki aliran udara dan drainase di dalam sinus.

6. Pelebaran saluran sinus (FESS)

Dokter juga dapat melakukan prosedur pelebaran saluran sinus, yaitu FESS (Functional Endoscopic Sinus Surgery). FESS bertujuan untuk memperbaiki saluran sinus yang sempit atau terblokir sehingga aliran udara dapat kembali normal.

Operasi sinusitis memang dapat mengatasi gejala yang mengganggu. Ketahui jenis dan masing-masing gejalanya di sini: Ketahui 3 Jenis Sinusitis dan Gejalanya

7. Pengangkatan polip hidung

Jika ada polip hidung yang mengganggu aliran udara atau menyebabkan gejala, dokter dapat mengangkatnya selama operasi.

8. Pemulihan dan penutupan

Setelah selesai melakukan prosedur operasi, dokter akan menutup luka dengan jahitan, tampon hidung, atau material lain yang sesuai. Hal ini dilakukan untuk membantu mempercepat proses pemulihan.

9. Ruang pemulihan

Pasien akan dipindahkan ke ruang pemulihan setelah operasi, di mana tim medis akan memantau kondisi pasien dan memberikan perawatan pasca operasi yang sesuai.

10. Tindak lanjut pasca operasi

Tim medis akan menjadwalkan pasien untuk pemeriksaan tindak lanjut dengan dokter setelah operasi. Tujuannya untuk memastikan pemulihan berjalan dengan baik dan memantau hasil dari prosedur operasi.

Penting untuk diingat bahwa prosedur operasi sinusitis dapat berbeda-beda tergantung pada kondisi pasien dan keputusan medis. Semua tahapan di atas akan tim medis jelaskan secara rinci sebelum dan setelah operasi. 

Kamu tidak membutuhkan operasi sinusitis dalam kasus yang ringan. Kamu bisa mengatasi keluhan dengan beberapa langkah ini: Bingung Mengatasi Sinusitis di Rumah? Coba 8 Tips Ini

Periksakan gejalanya ke dokter umum terlebih dulu. Jika memiliki indikasi, dokter akan merujuk ke dokter spesialis untuk mendapatkan prosedur operasi sinusitis yang kamu butuhkan.

Kamu bisa awali dengan konsultasi dokter di Halodoc secara online dengan biaya yang lebih terjangkau, klik gambar di bawah ini.✔️

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2023. Do I Need Surgery for Sinusitis?
Everyday Health. Diakses pada 2023. When You Need Sinus Surgery.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Sinus Surgery
Social Sinus. Diakses pada 2023. What Are the Benefits of Sinus Surgery?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan